Doa Selamat Dunia Akhirat Dalam Tulisan Bahasa Arab

 25 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya kehidupan di dunia hanya sementara, pada akhirnya nanti kita akan menjumpai kehidupan yang bersifat kekal abadi, yaitu kehidupan di akhirat.

Oleh karena itu, selama kita masih diberi waktu oleh Allah SWT, marilah kita tingkatkan amal sebanyak-banyaknya dan juga rutin berdoa.

Doa Selamat Dunia Akhirat Dalam Tulisan Bahasa Arab

doa selamat dunia akhirat - Image from www.wajibbaca.com

Doa Selamat Dunia Akhirat Bahasa Arab

Doa merupakan bentuk permohonan kita kepada Allah SWT yang disertai rasa berserah diri, serta tulus berharap mendapat ridho dari-Nya. Biasanya orang memanjatkan doa setelah melaksanakan sholat fardhu maupun sunnah, doa setelah sholat merupakan kumpulan dari beberapa doa seperti halnya doa memohon rezeki, doa memohon perlindungan, doa mohon ampunan dunia akhirat.

Berikut adalah doa selamat dunia akhirat dalam tulisan arab :

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِاَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِرَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatan Qoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba’dal mauut,
Allaahumma hawin alaina fi sakarootil mauti wanajata minannaar wal afwa ingdal hisaab.
Robbana laatuzigh Qulubana ba’da idz hadaitanaa wahablanaa mil ladungka rohmatan innaka antal wahhaab.

Artinya:
"Ya Tuhanku, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada jasad hamba,dan bertambahnya ilmu, dan keberkahan di dalam rizki hamba, dan terimalah taubat hamba sebelum mati, dan rahmatilah hamba dalam kematian dan berikan pengampunan sesudah mati.

Ya Tuhanku, mudahkanlah hamba dalam menghadapi kematian, dan selamatkan hamba dari siksa api neraka, dan ampunilah hamba di hari perhitungan."

Baca Juga: Doa-doa Pendek yang Wajib Diajarkan Kepada Anak Sejak Umur 1,5 Tahun

Doa selamat dunia akhirat dalam tulisan arab

Selain doa mohon ampunan dunia akhirat diatas, kita juga bisa memanjatkan doa selamat dunia akhirat dalam tulisan arab yang lebih pendek seperti dibawah ini :

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى الدّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKAL 'AFWA WAL 'AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YA WAL AAKHIROTI.

Artinya: Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat.

Baca Juga: Kumpulan Doa-Doa Pendek Sehari-Hari yang Mudah Dihafal

Doa selamat (doa selepas berdoa)

Setiap selepas berdoa, baik doa mohon ampunan dunia ataupun doa-doa lainnya, dianjurkan untuk menutupnya dengan tahmid dan takbir kepada Allah serta shalawat atas rasul-Nya. Berikut ini adalah penutup doa yang bisa kita baca :

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ  وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yasifuna wa salamun ‘alal mursalina wal hamdulillahi rabbil ‘alamina.

Artinya:
“Maha suci Tuhan-mu, Tuhan yang Mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan kepada Rasul-rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.”

Semoga artikel ini dapat membantu kita untuk selalu mengucapkan doa selamat dunia akhirat bahasa arab, karena ini sangat penting sekali untuk mengingatkan kita pada hari akhir yang kita pun tidak tahu kapan datangnya.