Doa Agar Diberi Kemudahan Saat Melahirkan

 24 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Hamil merupakan nikmat Allah yang tak terhingga nilainya, setiap ibu pasti mengharapkan calon anak yang akan lahir di dunia menjadi anak yang sholeh sholehah.

Namun sayangnya tidak jarang, persalinan menimbulkan perasaan khawatir, harap-harap cemas, dan lainnya bercampur aduk menjadi satu, hal ini dapat diatasi dengan doa melahirkan ataupun doa mudah bersalin normal yang akan kita bahas kali ini.

Hal yang pastinya paling diharapkan ialah bayi yang dilahirkan dalam kondisi sehat dan utuh tanpa cacat. Di samping itu juga ibu yang melahirkan selamat dan cepat pulih. Harapan ini Insya Allah dapat diperoleh dengan persiapan yang matang, dan juga memanjatkan doa agar melahirkan lancar dan tidak sakit.

Doa Agar Diberi Kemudahan Saat Melahirkan

doa agar melahirkan lancar - Image from kumparan.com

Agar persalinan lancar dan terhindar dari segala bahaya, seyogyanya baik suami sebagai calon ayah maupun istri sebagai calon ibu sama-sama membaca doa agar melahirkan berjalan lancar dan cepat, serta dengan cara yang normal. Berikut ini doa untuk orang melahirkan :

Doa yang Dibaca Suami Ketika Istri Melahirkan

Seorang suami juga memegang peran penting ketika istri akan menjalani persalinan, oleh karena itu suami diwajibkan untuk membaca doa melancarkan persalinan sebagai berikut 

1. Ayat kursi sebanyak satu kali

2. Membaca Surat al-A’raf ayat 54 yang dipercaya sebagai doa agar diberi kemudahan saat melahirkan 

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ ۗ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ 

Inna rabbakumullāhullażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa fī sittati ayyāmin ṡummastawā 'alal-'arsy, yugsyil-lailan-nahāra yaṭlubuhụ ḥaṡīṡaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharātim bi`amrihī alā lahul-khalqu wal-amr, tabārakallāhu rabbul-'ālamīn

Artinya: Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

3. Membaca surat al-Falaq sebanyak satu kali

4. Membaca surat an-Nâs sebanyak satu kali

5. Membaca doa supaya mudah melahirkan dibawah ini:

لَآ إِلَهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لَآإِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ لَآإِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Lâ ilâha illaLlâhul ‘adzîmul halîm. Lâ ilâha illaLlâhu Rabbul ‘arsyil ‘adzîm. Lâ ilâha illaLlâhu Rabbus samâwâti wal ardli wa Robbul ‘arsyil ‘adzîm

Artinya :
“Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi Bijaksana. Tiada tuhan selain Allah Pemilik ‘Arsy yang Agung. Tiada tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan ‘Arsy yang Agung”.

Doa yang Dibaca Istri Menjelang Persalinan

Tidak dipungkiri, seorang istri adalah orang yang paling cemas saat proses menjelang persalinan, karena ia harus kuat secara mental dan fisik. Berikut ini adalah bacaan yang dibaca istri sebagai doa agar mudah melahirkan :

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Wallâhu ahrajakum mim buthûni ummahâtikum târatan ukhra.

“Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).”

Selain doa mudah melahirkan diatas, seorang istri juga bisa membaca doa dilancarkan melahirkan lainnya seperti doa akan melahirkan yang pernah dipanjatkan Siti Maryam, maupun doa lancar melahirkan yang pernah dipanjatkan Nabi Isa ketika mendoakan seekor sapi betina yang sedang kesulitan melahirkan anaknya.

Doa Maryam saat Melahirkan Nabi Isa

Berikut ini adalah bacaan doa siti maryam saat melahirkan.

حَنَا وَلَدَتْ مَرْيَم وَمَرْيَمْ وَلَادَتْ عِيْسَى اُخْرُجْ اَيُهَا الْمَوْلُوْدْ بِقُدْرَةِ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْدْ

Hannaa Waladat Maryama Wa Maryama Waladat ‘Iisaa Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma’buudi

Artinya:
“Hana melahirkan Maryam, sedangkan Maryam telah melahirkan ‘Isa. Keluarlah (lahirlah) hai anak dengan sebab kekuasaan Raja (Allaah) yang disembah “.

Bacaan ini mempunyai keutamaan yang sangat besar dalam doa saat persalinan.

Doa Nabi Isa yang Bisa Diamalkan Istri saat Persalinan

Berikut adalah doa saat melahirkan yang diucapkan oleh Nabi Isa ketika melihat seekor sapi kesulitan mengeluarkan anaknya.

يَاخَالِقَ النَّفْسِ مِنَ النَّفْسِ وَيَامُخَلِّصَ النَّفْسِ مِنَ النَّفْسِ وَيَامُخْرِجَ النَّفْسِ مِنَ النَّفْسِ خَلِّصْهَا

Ya khaliqan nafsi minannafsi. Wa ya wukhallishan nafsi minannafsi, wa ya mukharrijan nafsi minannafsi khallishha.

Artinya:
‘Wahai Pencipta Jiwa yang berasal dari jiwa, wahai Zat yang Melepaskan jiwa dari jiwa, wahai Zat yang Mengeluarkan jiwa dari jiwa, selamatkanlah dia.’

Setelah Nabi Isa mengucapkan doa dilancarkan melahirkan diatas, dengan rahmat Allah sapi tersebut dapat melahirkan dengan baik.

Selain doa mudah melahirkan diatas, istri maupun suami beserta keluarganya juga dianjurkan selalu membaca dzikir, dan memanjatkan doa supaya lancar melahirkan setiap selesai sholat. Semoga berkat doa lancar persalinan tersebut, anak yang dilahirkan kelak menjadi anak yang sholeh sholeha, aamiin.