Bacaan Zikir Setelah Shalat

Penulis Taufiq F | Ditayangkan 02 Sep 2019

Bacaan Zikir Setelah Shalat

Wirid dan dzikir setelah sholat - Image from pintardoa.com

Bacaan zikir setelah solat dan bacaan doa sesudah sholat fardhu adalah cara untuk menguatkan seorang muslim dalam ibadah. Hati akan terasa tenang dan mudah mendapatkan pertolongan Allah.

Bacaan wirid setelah sholat adalah diantara zikir setelah solat yang mesti kita amalkan. Setelah sholat jangan langsung bubar, hendaknya sebagai umat muslim kita biasakan beristighfar dan membaca bacaan dzikir harian.

Setelah melaksanakan sholat fardhu, disunnahkan untuk membaca dzikir dan doa. Doa setelah shalat fardu dapat menambah kekurangan dalam sholat, sedangkan bacaan zikir harian adalah langkah untuk mendapatkan tambahan pahala setelah mendekat dengan Allah.

Doa ringkas setelah sholat merupakan kumpulan doa pendek untuk sholat. Pada kesempatan ini wajib baca akan memberikan penjelasan mengenai doa setelah sholat wajib dan artinya berikut ini.

Berikut Doa Dzikir dan Wirid Sehari Hari Sesudah Sholat

Bacaan doa selesai sholat fardhu mengandung faedah dan keutamaan yang dapat menghapus dosa kita, memudahkan urusan dunia serta persoalan hidup dan tabungan pahala untuk kepentingan akhirat.

Sebagaimana yang kita ketahui, bacaan doa setelah shalat fardhu merupakan kumpulan beberapa kalimat thayyibah. Yang mana mengandung komposisi yang tepat untuk berdzikir atau mengingat kepada Allah.

Dzikir setelah sholat dan artinya berupa kumpulan dari bacaan istighfar, tahlil, kalimat tauhid, doa selamat, surat al fatihah, ayat kursi, bacaan tasbih, tahmid, takbir, dan lain-lain.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah bacaan untuk dzikir sesudah sholat.

  1. Membaca istighfar 3 kali
  2. Membaca kalimat tauhid 3 kali
  3. Membaca doa selamat 3 kali
  4. Membaca surat al fatihah 1 kali
  5. Membaca ayat kursi 1 kali
  6. Membaca tasbih 33 kali
  7. Membaca tahmid 33 kali
  8. Membaca takbir 33 kali
  9. Membaca kalimat tauhid yang disambung dengan bacaan hauqolah
  10. Membaca doa sudah sholat

Doa Sesudah Sholat Fardhu dan Artinya Serta Zikir dan Doa

1. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

Bacaan istighfar latin dan Artinya:

Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih.

“Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah , dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2. Membaca wirid dan dzikir kalimat tauhid

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Bacaan kalimat tauhid latin:

Laaailaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syain qodiir.

Arti kalimat tauhid:

Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu.

3. Membaca wirid sholat doa selamat

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

Doa selamat latin:

“Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya’uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarokta robbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikroom.

Arti doa selamat:

Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamua lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

4. Membaca surat Al Fatihah

Bismillaahir rohmaanir rohiim [1] Alhamdulillaahirobbi ‘aalamiin [2] Arrohmaanir rohiim [3] Maaliki yaumiddiin [4] Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin [5] Ihdinas shirootol mustaqiim [6] Shirootolladziina an’amta ‘alaihim ghoiril maghdluubi ‘alaihim waladlaaalliin [7] Aaamiin

Arti surat al fatihah:

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih (maha pengasih di dunia & akhirat) lagi maha penyayang (maha penyayang hanya di akhirat) [1] Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam [2] Dzat yang maha pengasih (di dunia & akhirat) lagi maha penyayang (di akhirat) [3] Dzat yang merajai hari akhir (hari kiamat) [4] Hanya kepada-Mu lah kami menyembah dan hanya kepada-Mu lah kami meminta pertolongan [5] Tunjukkanlah kami jalan yang lurus (shirotol mustaqim) [6] Yaitu jalannya orang-orang yang Engkau beri ni’mat bukan jalannya orang-orang yang Engkau benci (ghadab) dan bukan pula jalannya orang-orang yang tersesat [7]

5. Membaca do a sesudah solat ayat kursi

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

Bacaan ayat kursi latin:

Allaahu laaailaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta’ khudzuhu sinatuw walaa naum, lahu maa fis samaawaati wa maa fil ardl, mandzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum, walaa yuhiithuuna bisyaim min ‘ilmihii illa bimaa syaaa’, wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardl, walaa yauduhuu hifdzuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adziim.

Arti ayat kursi:

Allah, tiada Tuhan yang haq disembah melainkan IA (Allah) Dzat yang hidup kekal abadi serta terus menerus dalam mengurus makhluknya. Tidak pula mengantuk ataupun tidur, milik-Nya lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada orang yang mampu memberi syafaat di sisi-Nya kecuali atas izin-Nya. Allah mengetahui apa yang ada di hadapan mereka (yang nampak) dan apa yang ada di belakang (yang tersembunyi) mereka. Dan mereka tidak diliputi sesuatu (tidak tau apa-apa) dari Ilmu Allah melainkan dengan sesuatu yang dikehendaki-Nya. Luas kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat menjaga keduanya, dan Dia lah Dzat yang maha luhur dan maha agung.

6. Membaca doa dikir tasbih, tahmid, dan takbir 33x

إِلَهَنَا رَبَّنَا أَنْتَ مَوْلاَنَا سُبْحَانَ اللهِ(33x) سُبْحَانَ اللهِسُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ دَائِمًا أَبَدًا اَلْحَمْدُ ِللهِ(33x) اَلْحَمْدُ ِللهِاْلحَمْدُ ِللهِ عَلىَ كُلِّ حَالٍ وَفِي كُلِّ حَالٍ وَنِعْمَةِ(33x) اللهُ أَكْبَرُاللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَاْلحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Latin:
Ilahanaa robbanaa anta maulanaa Subhanallah

Subhanallah 33 x
Subhanallah wa bihamdih daiman abadan Alhamdulillah

Alhamdulillah 33 x
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin ‘ala kulli haalin wani’mah

Allahu akbar 33 x

Allaahu akbaru kabiirow wal hamdulillaahi katsiirow wasubhanallaahi bukrotaw wa ashiilaa, Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wa yumiitu wahuwa ‘alaa kulli syain qodiir. Walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim.

Kemudian setelah dzikir, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa doa sehabis sholat dan doa bahasa indonesia setelah sholat.

Setelah selesai dengan bacaan doa doa sesudah solat dan doa setelah zikir, dianjurkan untuk berdoa sesuai dengan kepentingan masing-masing, atau bacaan sesudah sholat fardu secara keperluan dan permohonan sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai doa setelah salat fardhu, gambar doa harian, doa setelah sholat sendiri, silahkan hafal kan semua bacaan doa sesudah shalat fardhu diatas agar nanti bisa langsung diamalkan.

Mudah-mudahan tulisan yang berisikan doa setelah sholat fardhu dan do a setelah shalat, doa sesudah shlat, doa setelah sholat pardu, doa selesai sholat fardu, do a setelah sholat fardu, doa fardhu, doa doa habis sholat bisa bermanfaat bagi kita semua.

SHARE ARTIKEL