Bacaan Lirik Sholawat Nabi yang Paling Utama

 14 Sep 2019  Fajar R

Bersholawat adalah satu amalan atau perintah yang sangat baik bahkan sangat gencar dilakukan orang Islam.

Menurut definisi dari bahasa, sholawat artinya adalah doa. Sedangkan menurut istilah sholawat ini artinya yakni sebuah bentuk pujian kepada junjungan nabi kita Muhammad SAW.

Bersholawat tidak hanya dilakukan kepada nabi Muhammad SAW saja, tetapi bersholawat kepada keluarga nabi Muhammad SAW juga penting dari keutamaan seseorang, dalam hal ini maksudnya apabila ingin diakui sebagai umat nabi Muhammad SAW kelak di akhirat, maka memperbanyak sholawat kepada nabi Muhammad SAW dan keluarganya adalah salah satu syaratnya.

Membaca sholawat merupakan suatu amalan yang umum dilakukan oleh umat Islam.

Umumnya bacaan ini dikarenakan sholawat merupakan salah satu lafadz bacaan dari ibadah sholat yang biasa dikerjakan setiap hari.

Pengenalan sholawat biasanya dilakukan mulai dari masih anak-anak dan untuk belajar sholawat pun biasanya mulai diajarkan ketika sekolah tingkat awal.

Terdapat berbagai macam mengenai sholawat mulai dari yang bacaannya singkat hingga yang panjang.

Perintah bersholawat bukan bukanlah perintah tanpa sumber yang jelas, tetapi perintah bersholawat ini benar-benar diperintahkan dalam suatu sumber yang jelas.

Perintah bersholawat terdapat pada salah satu surat Al-Ahzab 33: 56 yang mana artinya sebagai berikut :

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya."

Silahkan buka al-qur’an surat tersebut untuk melihat bahasa arab lengkapnya.

Beberapa sholawat juga terkadang dilagukan dengan lirik shalawat nabi atau lyric sholawat nabi, hal ini dilakukan agar bacaan sholawat ini lebih enak dan mudah atau merdu didengar.

Keutamaan dari membaca lirik sholawat nabi, bahwa akan dihapuskan kesalahannya dan derajatnya, juga terdapat pada salah satu hadist riwayat.

Berikut adalah hadist riwayatnya.

Dari Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطَيَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Mungkin beberapa sobat wajibbaca.com ada yang penasaran dan bertanya-tanya, bacaan sholawat mana sih yang paling utama untuk dibaca dari beberapa sholawat yang ada.

Untuk menjawab rasa penasaran diatas, maka kali ini akan mengulas mengenai bacaan sholawat yang paling utama untuk dibaca diantara bacaan sholawat-sholawat lainnya.

Bacaan sholawat yang paling utama diantara beberapa sholawat yang ada, yang menurut para ulama paling baik dan paling utama adalah bacaan shalawat ibrohimiyah.

Dimana bacaannya sebenarnya sering kita baca di dalam sholat fardhu atau sholat wajib 5 waktu.

Pastinya semua umat Islam mengetahuinya karena pada setiap hari bacaan ini selalu di bacakan minimal lima kali sehari, dan berikut adalah bacaannya.

Bacaan Lirik Sholawat Nabi yang Paling Utama

Bacaan Sholawat Nabi yang Paling Utama - Image from hidayatullah.com

Sholawat Ibrohimiyah

Setiap hari ketika sholat, bacaan sholawat ini selalu dibaca dan berikut adalah bacaannya.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَوَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى \آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَفِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

Allahuma shalli ‘alaa Muhammadin wa a’laa aali Muhammadin. Kamaa shallaaita a’alaa Ibraahiima wa’alaa aali Ibraahiim. Wa bariik ‘alaa Muhammadin wa a’laa aali Muhammadin. Kamaa baraakta ‘alaa Ibraahiima wa’alaa aali Ibraahiim. Fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid.

Artinya : Ya Allah , berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

Nah bagaimana? Bacaan sholawat ini sudah tidak asing ditelinga bukan? Karena seperti yang disebutkan pada ulasan diatas, bacaan sholawat ini terdapat pada bacaan sholat yang biasa kita kerjakan sehari-hari.

Sekian ulasan mengenai bacaan sholawat nabi yang paling utama. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan mengenai bacaan sholawat nabi.