Bacaan Doa Sholat Nisfu Sya'ban

 04 Sep 2019  Taufiq F

Bacaan Doa Sholat Nisfu Sya'ban

Doa nisfu sya'ban - Image from bincangsyariah.com

Malam nisfu sya'ban merupakan malam yang istimewa. Menurut para ulama malam tersebut adalah malam yang diberkati Allah disebut juga dengan malam pembebasan, yang didalamnya turun rahmat, keberkahan, kebaikan, dan pengampunan.

Maka dari itu penting kiranya mengamalkan amalan yang telah dianjurkan yaitu dengan sholat sunnah nisfu sya'ban dan membaca bacaan doa malam nisfu sya ban.

Ketika bulan sya'ban datang Rasulullah SAW selalu mengisinya dengan berbagai amalan-amalan dan diantaranya dengan solat sunat nisfu sya ban dan mengamalkan doa nisfu sya'ban dan artinya.

Maka dari itu wajibbaca.com pada kesempatan kali ini akan menjelaskan mengenai shalat sunat nisfu sya'ban dan doa setelah sholat nisfu sya'ban berikut ini.

Peringatan Sholat Sunnah Nisfu Sya ban

Dengan datangnya bulan sya'ban bagi sebagian umat islam, selalu dijadikan sebagai sebuah waktu untuk diisi dengan memperbanyak amalan-amalan kebaikan mulai dari puasa, shalat nisfu syaban dan membaca bacaan nisfu sya'ban.

Tentunya hal ini dilakukan bukan tanpa sebab tetapi bulan sya'ban diyakini sebagai bulan mulia yang menyimpan berbagai rahasia besar, sebagaimana dijelaskan dalam beberapa keterangan hadist dan pendapat para ulama dalam kitabnya.

Sudah menjadi budaya dari sejak dulu bahwa malam tersebut selalu dijadikan sebagai malam untuk melakukan banyak amalan salah satunya adalah sholat nisfu syaban dan membaca doa di malam nisfu sya ban.

Tak bisa dipungkiri, bahwa mengenai amalan sholat di malam nisfu sya'ban ini pastinya ada perbedaan pendapat bahkan ada yang mengatakan jika diperingati termasuk pada amalan bid'ah dhalalah. Padahal jika dicermati dengan baik, tidak mungkin ulama salah terdahulu mencontohkannya apabila tidak didasari dengan keilmuannya.

Sedangkan mengenai hukum peringatan malam nisfu sya'ban atau yang dimaksud menghidupkan malam tersebut dengan amalan-amalan baik ditunjang oleh beberapa hadist yang menyatakan bahwa malam nisfu sya'ban merupakan saat pengampunan dosa sehingga wajar saja jika waktu tersebut di isi oleh sebagian banyak umat islam untuk menghidupkan dengan amal kebaikan yaitu shalat sunat nisfu sya ban dan doa shalat nisfu sya ban.

Selain berpuasa di bulan sya'ban, pada bulan ini merupakan waktu yang baik untuk membacakan doa nisfu sya ban dan makna memohon kepada Allah SWT agar dosa diampuni. Sebab ada beberapa keterangan yang menjelaskan bahwa malam nisfu sya'ban merupakan malam ampunan dimana Allah SWT akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa orang musyrik serta orang-orang yang didalam dirinya masih menyimpan kebencian.

Diantara amalan-amalan baik yang hingga saat ini masih membudaya di kalangan umat islam di antaranya pada malam nisfu sya'ban orang-orang akan berkumpul untuk membacakan beberapa bacaan sholat nisfu sya ban dan doa sholat nisfu sya'ban. Mengenai bacaan doa sholat nisfu sya ban berikut ini.

Bacaan Malam Nisfu Sya ban

Bacaan sholat nisfu sya'ban Arab

اَللّٰهُمَّ يَاذَا الْمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْكَ يَاذَا اْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَاذَا الطَّوْلِ وَاْلاِنْعَامِ لاَاِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهَرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَاَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اَللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَاِقْتَارَ رِزْقِي وَاَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُوْ اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ اِلٰهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَمَا لاَ اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan nisfu sya ban latin

Allaahumma yaa dzal manni walaa yumannu alaika ya dzal jalaali wal ikraam, Yaa dzath thauli wal in aam laa ilaaha illaa anta, dhahrul laajiin, Wa jaarul Mustajiiriin, Wa amaanul khaa ifiin,

Allahumma in kunta katabta nii indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan aw mahruuman aw mathruudan aw muqtarran alayya fir rizqi Famhu

Allaahumma bi fadllika syaqaawatii wa hirmaanii wa thardii waq titaari rizqii wa ats-bitnii indaka fii ummil kitaabi sa 'iidan marzuuqan muwaf faqal lil khairaat. Fa innaka qulta wa qaulta wa qaulukal haqqu fii kitaabikal munazzali 'alaa nabiyyikal mursali, yamhul laahumaa yasyaa u wa yutsbitu wa indahuu ummul kitaabi.

Ilaahii bittajallil Aadhami fii lailatin nishfi min syahri syabaanil mukarramil latii yufraqu fiihaa kullu amrin hakiim wa yubram ishrif annii minal balaa i maa alamu wa maa laa alam wa anta allaamul ghuyuubi birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadiw wa 'alaa aalihii wa sahbihi wa sallama.


Arti bacaan niat sholat nisfu sya ban

Artinya: "Ya Allah Tuhanku, wahai Yang memiliki anugerah dan tiada yang memberi anugerah kepada-Mu, wahai Yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, wahai yang mempunyai kekuasaan dan yang memberi nikmat, tiada Tuhan yang berhak di sembah kecuali Engkau, tempat bernaung bagi orang-orang yang mengungsi, tempat berlindung bagi orang-orang yang memohon perlindungan dan tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan."

"Ya Allah Tuhanku, jika Engkau telah menetapkan diriku di dalam Ummul Kitab (Lauh Mahfuz) yang berada di sisi-Mu sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir atau disempitkan rezekinya sudilah kiranya Engkau menghapuskan."

"Ya Allah Tuhanku, berkat karunia-Mu apa yang ada dalam Ummul Kitab yaitu perihal diriku sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir dan sempit rezeki. Dan sudilah kiranya Engkau menetapkan di dalam Ummul Kitab yang ada di sisi-Mu agar aku menjadi orang yang berbahagia, mendapat rezeki yang banyak lagi beroleh kesuksesan dalam segala kebaikan. karena sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam kitab-Mu dan firman-Mu adalah benar yang diturunkan melalui lisan Nabi yang Engkau utus, "Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisi-Nya ada Ummul Kitab."

"Ya Tuhanku, Berkat penampilan yang maha besar (dari rahmat-Mu) pada malam pertengahan bulan sya'ban yang mulia ini diperincikanlah segala urusan yang ditetapkan dengan penuh kebijaksanaan. Sudilah kiranya Engkau menghindarkan diriku dari segala bencana yang aku ketahui dan yang tidak ku ketahui serta yang lebih Kau ketahui (dari diriku), dan Engkau Maha Mengetahui segala yang gaib, berkat rahmat-Mu wahai yang maha penyayang diantara para penyayang."

"Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, semoga Dia melimpahkan salam sejahtera (kepada mereka)."

3 Amalan Penting Pada Waktu Sholat Nisfu Sya ban

1. Perbanyak doa dan shalat nisfu sya ban

Sholat nisfu saban merupakan anjuran yang didasar hadist riwayat Abu Bakar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

"(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)," (HR Al-Baihaqi).

2. Membaca kalimat syahadat solat nisfu sya ban

Dua kalimat syahadat ini termasuk kalimat yang mulia dan sangat pas dibacakan saat shalat nisfu sya'ban.

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة "لا إله إلا الله محمد رسول الله".

"Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya."

3. Membaca istigfar setelah solat nisfu syaban

Tak ada satupun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Maka dari itu lebih baiknya kita sebagai manusia meminta ampunan dengan membaca istighfar pada waktu sholat nisfu sya'ban.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan:

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم

"Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya.

Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits.

Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan."

4. Membaca surat Yasin 

Aktivitas selanjutnya pada malam nisfu sya'ban yaitu membaca surat yasin sebanyak 3 kali yang kemudian juga diiringi dengan permintaan berupa keberkahan pada umur, harta dan hajat-hajat lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai sholat nisfu, sholat sya ban, shalat nisfu yang bisa wajibbaca.com uraikan dalam artikel ini. Bila masih kurang memahami anda bisa mengecek pada artikel wajibbaca.com lainnya yang berhubungan dengan tata cara shalat nisfu sya ban, niat sholat nisfu,
waktu shalat nisfu sya ban.

Selain itu anda juga bisa memahami dengan lebih dalam mengenai cara sholat nisfu sya ban, shalat nisfu sya ban berapa rakaat, solat nisfu pada artikel wajibbaca.com lainnya. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR