8 Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan

 02 Sep 2019  Fajar R

Jintan hitam sering kali disebut sebagai obat herbal ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Jintan hitam yang biasa dikenal dan disebut bersaudara, black seed, atau nigella sativa memang memiliki banyak manfaat.

Beberapa penelitian mengenai bahan yang satu ini pun mengungkap fakta menarik mengenai khasiat dari habbatussauda atau jintan hitam ini.

Jintan hitam sejak dulu dipercaya dapat melawan berbagai penyakit.

Manfaat jintan hitam untuk kesehatan pertama kali diteliti oleh seorang ilmuwan Persia, yaitu Ibnu Sina.

Pemikir dan penulis paling terkenal dari Zaman Keemasan Islam, dalam jurnal medis yang berjudul Canon of Medicine

Dalam tulisannya Ibnu Sina menjelaskan manfaat dari jintan hitam ternyata dapat mengobati sesak nafas, baik dari gejala asma atau penyebab masalah pernafasan lainnya.

Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat jintan hitam juga bermanfaat untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernafasan.

Banyak yang percaya selain bijinya yang bermanfaat, ketika jintan hitam diolah menjadi minyak akan tetap berkhasiat untuk kesehatan.

Selain itu masih banyak beberapa penelitian yang membuktikan manfaat minyak jintan hitam untuk kesehatan dan kosmetik. Sehingga Manfaat jintan hitam untuk kulit memang benar adanya.

Tidak hanya berfungsi untuk menyembuhkan penyakit dan berkhasiat untuk kesehatan kulit saja, sedikit yang mengetahui manfaat jintan hitam untuk pria juga dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas pria.

Dengan banyaknya manfaat ini, jintan hitam memberikan kesan sebagai obat herbal yang dapat mengobati berbagai penyakit.

8 Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan - Image from bibitbunga.com

8 Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan

Yuk kita kupas bersama satu per satu apa saja manfaat yang bisa didapat dari si obat herbal ajaib ini. Supaya kita tidak penasaran lagi.

​1. Sebagai anti-bakteri​

Manfaat yang pertama dari jintan hitam yaitu dapat melawan beberapa jenis bakteri patogen manusia. 

Beberapa jenis bakteri yang bereaksi terhadap jintan hitam adalah seperti staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan masalah seperti jerawat, bisul, pneumonia, arthritis, hingga meningitis.
Bakteri lainnya yang dapat dilawan adalah Heliobacter pylori penyebab radang lambung dan maag, kondisi terburuk bakteri ini menyebabkan kanker lambung.

2. Menurunkan kolesterol

Banyak yang percaya jintan hitam sebagai obat herbal yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL dalam darah.

Kabar dari Health Line, terdapat satu review dari 17 penelitian yang menyimpulkan bahwa jintan hitam secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dan trigliserida dalam darah.

3. Mengandung antioksidan

Beberapa senyawa antioksidan dapat ditemukan dalam jintan hitam .

Hal ini yang menjadikan jintan hitam dipercaya mampu untuk menjadi sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Senyawa tersebut yaitu alkaloid, saponin, karvakrol, dan timokuinon.

Antioksidan diperlukan agar tubuh kebal terhadap paparan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab kerusakan sel. 

Antioksidan biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang kita konsumsi sehari-hari,

4. Asma

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengobatan asma yang dibarengi dengan konsumsi jintan hitam dapat mengurangi frekuensi batuk dan mangi. Selain itu dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

5. Membantu mengontrol gula darah

Penderita diabetes dapat terbantu oleh adanya jintan hitam, karena si obat herbal ajaib tersebut dapat mengontrol gula darah penderita penyakit tersebut.

Hasil dari beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak jintan hitam dapat menurunkan gula darah rata-rata dan resistensi insulin.

6. Mencegah kanker

Jintan hitam mengandung antioksidan tinggi, sungguh tidak heran jika jintan hitam juga dipercaya mampu untuk mencegah kanker.

Hasil dari penelitian menunjukkan adanya efek penggunaan jintan hitam terhadap sel tumor dan kanker.

Penelitian tersebut dilakukan oleh in vitro dan in vivoBeberapa jenis kanker yang telah diteliti adalah seperti kanker darah, kanker payudara, kanker pankreas, paru-paru, sekviks, prostat, kulit, dan usus besar.

Namun penelitian ini masih sebatas penelitian pada hewan dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kecocokan pada manusia.

7. Sebagai anti-peradangan

Hasil dari beberapa penelitian melaporkan kandungan bahan aktif dalam jintan hitam memiliki aktivitas anti-peradangan.

Kabar dari Health Line, terdapat satu penelitian yang dilakukan pada 42 orang dengan rheumatoid arthritis atau rematik.

Penelitian tersebut menunjukkan adanya penurunan radang setelah penggunaan 1.000 mg minyak jintan hitam selama delapan minggu.

8. Menjaga fungsi hati

Manfaat jinten hitam yang terakhir adalah menjaga salah satu organ penting dalam tubuh, yaitu hati.

Organ penting tersebut apabila tidak dilindungi dapat mengalami kerusakan sehingga menyebabkan komplikasi dan kerusakan pada organ lainnya.

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan ekstrak jintan hitam ampuh dalam mengurangi toksisitas bahan kimia pada hati yang telah disuntik bahan beracun.

Nah, sekarang pengetahuan kita tentang jintan hitam bertambah. Memang banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa didapat dari si obat herbal ajaib tersebut, tetapi ada baiknya konsultasi dengan dokter atau ahli obat-obatan herbal terlebih dahulu agar manfaat yang didapat bisa maksimal dan menghindari efek samping yang ditimbulkan.

KOMENTAR