Susunan Doa Dzikir Harian dan Wirid Pendek Selepas Sholat

 27 Aug 2019  Taufiq F

Susunan Doa Dzikir Harian dan Wirid Pendek Selepas Sholat

Doa sesudah sholat - Image from rumaysho.com

Membaca bacaan doa setelah sholat wajib merupakan anjuran penting yang senantiasa dapat dilakukan umat islam setelah sholat. 

Dzikir setelah solat merupakan kumpulan dari beberapa doa yang diambil dari Al Quran sesuai dengan perintah dan anjuran keterangan hadist.

Doa sesudah solat fardu jika istiqomah dibacakan, maka selain mendapat pahala ada hikmah dan keutamaan tertentu yang bisa dirasakan bagi setiap orang yang mengamalkannya.

Selain bisa memberikan ketenangan dalam susana batin, membaca doa doa sesudah sholat fardhu dan membaca bacaan wirid dan dzikir itu menunjukkan akan kebutuhan seorang hamba pada rahmat dari Tuhan-Nya.

Untuk itu wajib baca kali ini akan membahas tentang kumpulan doa sesudah sholat fardhu dan dzikir dan doa setelah sholat fardhu nahdlatul ulama, langsung saja simak dibawah ini.

Keutamaan dan Faedah Membaca Doa Sesudah Solat Fardhu

Faedah membaca doa setelah salat fardu yang menjamin ketenangan batin dari siapa yang selalu mengamalkannya ini memang sangatlah didambakan oleh semua orang.

Karena pada hakikatnya untuk bisa meraih kebahagiaan itu tidak lepas dari adanya keseimbangan jiwa dalam meraih semua keistimewaan dalam melaksanakan semua amalan dan aktivitas dalam seharian. Maka dari itu doa setelah sholat nu dan wiridan sesudah sholat sesungguhnya tauhid yang kuat pada diri kita masing-masing.

Maka ketika sholat membaca doa dzikir sehari hari dan doa sholat wajib 5 waktu lengkap menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan di setiap umat islam, sehingga apabila sengaja ditinggalkan oleh umat yang mengaku islam dia termasuk orang murtad yang di wajibkan untuk segara bertaubat.

Dengan begitu bagi orang tua yang memiliki anak kecil segeralah ajarkan anak-anak dengan sholat dan membaca doa sesudah sholat fardlu dan doa dzikir harian. Bagaimana itu bacaan doa zikir harian atau doa sesudah sholat nu serta beritahu mereka bahwa sholat lima waktu merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan.

Sedangkan mengenai kumpulan doa setelah sholat wajib dan bacaan wiritan merupakan aktivitas yang dianjurkan bahkan dari kalangan para ulama yang memiliki dasar yang kuat dari sunah Rasulullah yang tidak pernah meninggalkan bacaan wirid pendek selepas solat.

Sholawat setelah sholat, sama saja dengan bacaan doa setelah sholat dzuhur, doa setelah shalat magrib dan doa sholat berjamaah yang merupakan suatu cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebagaimana di jelaskan dalam satu hadist yang berbunyi sebagai berikut:"Tidaklah suatu kaum berkumpul untuk berdzikir dan tidak mengharap kecuali ridha Allah kecuali malaikat akan menyeru dari langit, berdirilah kalian dalam keadaan terampuni dosa-dosa kalian". (HR Ath-Thabrani). Lalu apa saja bacaan doa zhikir dan doa wirid serta doa setelah sholat fardhu nahdlatul ulama, berikut wajib baca jelaskan secara lengkap.

Doa Berzikir Serta Bacaan Dzikir dan Artinya

Zikir pendek dan wirid pendek tentu bisa dilakukan kapan saja, baik dalam hati maupun lisan, salah satunya adalah dzikir setelah sholat nu. Selepas menunaikan sholat, seseorang dianjurkan meluangkan waktu sebentar untuk zikir setelah salat dan membaca doa sesudah sholat dzuhur maupun doa sesudah sholat magrib.

Amalan ini menjadi rutinitas wirid dzikir as salafus shalih yang memiliki dasar yang kuat dari sunah Nabi Muhammad.

Berikut ini adalah diantara doa sholat fardu, doa setelah sholat berjamaah di masjid dan doa wiritan.

1. Membaca lafal dzikir dan do a dzikir istighfar di bawah ini sebanyak tiga kali:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

2. Memuji Allah dengan kalimat doa wirit:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام

Ini berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim. Dalam riwayat lain sebagaimana dikutip Bidâyatul Hidâyah:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام. 

3. Lalu membaca dzikir sesudah sholat nu:

اَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَاالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ .

Bacaan ini bisa kita temukan dalam riwayat Imam Muslim dan Imam Muslim (muttafaqun ‘alaih). Dalam Bidâyatul Hidâyah disebutkan:

اَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا رَآدَّ لِمَا قَضَيْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَاالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ .

4. Berdoa agar diberi kemampuan untuk mengingat (dzikir), bersyukur, dan beribadah secara baik kepada Allah dengan membaca doa imam setelah sholat:

اَللَّـهُمَّ اَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ.

5. Dilanjutkan dengan membaca bacaan dzikir sehari hari:

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.

(dibaca tiga kali tiap selesai shalat fardhu, khusus setelah maghrib dan shubuh sepuluh kali)

6. Memohon perlindungan dari ganas nya neraka dengan membaca wiridan setelah sholat:

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

(tujuh kali bakda maghrib dan subuh)

7. Membaca doa sesudah sholat pardu Ayat Kursi:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ. 

8. Membaca doa solat fardu Surat al-Baqarah ayat 285-286

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ، كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ، وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ. لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا، لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ. رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا، رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا، رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ، وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا، أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. 

9. Disambung dengan membaca doa shalat fardhu penggalan dari Surat Ali Imran:

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ، لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ، إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ، قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ، بِيَدِكَ الْخَيْرُ،  إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ، وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ، وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

10. Membaca doa2 pendek Surat al-Ikhlas, Surat al-Falaq, Surat an-Nas, lalu Surat al-Fatihah

11. Membaca tasbih, hamdala, dan takbir masing-masing sebanyak 33 kali:

سُبْحَانَ اللهِ ×٣٣ اَلْحَمْدُلِلهِ ×٣٣اَللهُ اَكْبَرْ ×٣٣

12. Kemudian dilanjutkan dengan bacaan sholat wirid:

اَللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا، لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُيُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ، وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِا للهِ الْعَلِـىِّ الْعَظِيْمِ. أَفْضَلُ ذِكْرِ فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ 

(Dibaca 300 kali bakda subuh, 100 kali bakda isya, 50 kali bakda duhur, 50 kali bakda ashar, dan 100 kali bakda maghrib)

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

(dibaca bakda subuh 300 atau 100 kali)

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

13. Wirid kemudian ditutup dengan doa habis sholat magrib sesuai dengan harapan masing-masing.

Itulah beberapa kumpulan doa setelah sholat magrib atau sholat lima waktu lainnya yang bisa wajib baca sampaikan pada kali ini. Jika untuk diajarkan pada anak-anak bisa melalui bacaan doa setelah sholat fardhu mp3 download, dan bacaan dzikir setelah sholat fardhu mp3 sehingga lebih mudah dipahami oleh anak.

Jika masih belum memahami mengenai doa selesai sholat magrib dan doa sesudah sholat fardhu mp3 bisa dicek pada artikel wajib baca yang masih berhubungan. Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua.