Pengertian dan Teknik Renang Gaya Punggung

 27 Aug 2019  Bima P

Pengertian dan Teknik Renang Gaya Punggung

Image from https://www.arenawaterinstinct.com/en_uk/community/training-technique/10-drills-all-budding-backstroke-swimmers-should-try/

Renang adalah salah satu olah raga air yang sangat menyehatkan bagi tubuh, hal ini dikarenakan dalam berenang semua anggota tubuh ikut bergerak jadi tanpa kita sadari berenang dapat mealtih semua otot tubuh kita, mulai dari otot lengan, otot pungggung, otot perut, hingga otot kaki.

Renang juga tergolong olah raga murah, yaitu di kisaran harga tiket masuk pemandian sekitar 10-30 ribu rupiah.

Sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk memulai kebiasaan bagi sang anak untuk berenang, karena selain menyehatkan, berenang juga baik untuk pertumbuhan.

Dalam olah raga renang, banyak teknik yang tersedia, mulai dari teknik gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dsb.

Disini kami akan berfokus mengenai renang gaya punggung, mulai dari pengertian renang gaya punggung hingga teknik renang gaya punggung.

Manfaat Renang

Sebelum memasuki pengertian dan teknik, anda bisa menyimak banyaknya manfaat dari olah raga renang.

1. Meningkatkan otot dan tulang.

2. Menyehatkan jantung dan paru-paru.

3. Bisa untuk latihan kardio.

4. Menurunkan berat badan.

5. Menambah tinggi badan.

6. Menghilangkan stres dan depresi.

7. Meningkatkan keseimbangan.

8. Menurunkan resiko diabetes.

9. Menjadikan awet muda.

10. Mencerdaskan otak.

Pengertian Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung disebut juga backstroke dalam bahasa inggris adalah berenang dengan posisi wajah menghadap permukaan air. Gerakan tangan dan kaki masih sama dengan gaya bebas tetapi posisi tubuh menghadap ke permukaan air. Kedua tangan melakukan gerakan seperti mengayuh secara bergantian digerakkan menuju pinggang. Berbeda dengan gaya lain, hidung dan mulut dalam gaya ini berada di luar air, sehingga memudahkan untuk mengambil atau membuang napas.

Renang gaya punggung merupakan gaya tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas. Pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade Paris 1900, renang gaya punggung termasuk gaya berenang yang telah dikenal sejak zaman kuno.

Latihan gaya punggung untuk pemula

Pengertian dan Teknik Renang Gaya Punggung

Image from https://www.enjoy-swimming.com/backstroke.html

1. Pertama-tama anda harus belajar gerakan mengayuhkan kaki dengan berpegangan di sisi kolam.

2. Kemudian anda belajar menjaga keseimbangan di air dengan posisi tubuh menghadap permkuaan air. Lakukan gerakan mengayuh yang sudah anda pelajari untuk tetap menjaga keseimbangan anda.

3. Setelah itu anda mempelajari gerakan tangan untuk di atas air dan gerakan tangan menyapu di bawah air, lakukan latihan ini satu persatu.

4. Terakhir latihlah gerakan tangan tadi secara bersamaan.

Teknik Renang Gaya Punggung

Posisi tubuh

Pengertian dan Teknik Renang Gaya Punggung

Gambar Ist. - Image from enjoy-swimming.com

Posisi badan harus mengambang menghadap ke permukaan air. Badan anda dalam posisi hampir sepenuhnya horizontal dengan posisi kaki masih berada di dalam air.

Kepala anda dalam posisi netral, sejajar dengan punggung.  Wajah anda berada di atas permukaan air dan menghadap lurus ke atas.

Gerakan tangan

Pengertian dan Teknik Renang Gaya Punggung

Image from enjoy-swimming.com

Satu tangan bergerak di atas permukaan air dari pinggang menuju ke atas kepala. Tangan harus tetap lurus digerakan ini.

Sementara tangan lainnya bergerak berlawanan dari bawah air mulai dari atas kepala menuju ke pinggang. Dalam gerakan ini tangan harus menyapu dengan pola S.

Gerakan kaki

Pengertian dan Teknik Renang Gaya Punggung

Image from enjoy-swimming.com

Kaki melakukan gerakan seperti mengayuh, telapak kaki dalam posisi lurus dan kaki anda bergantian mengayuh ke atas dan ke bawah.

Mengambil napas

Pengertian dan Teknik Renang Gaya Punggung

Image from enjoy-swimming.com

Yang terakhir dan paling penting adalah mengambil napas di gaya punggung. Hal pertama adalah selalu menjaga wajah anda berada di permukaan air. Untuk melakukan itu anda membutuhkan keseimbangan yang baik. Untuk permulaan, latihlah keseimbangan anda dengan posisi tubuh menghadap ke permukaan air. Setelah anda bisa menguasai keseimbangan yang baik, bernapas menjadi jauh lebih mudah karena wajah anda selalu berada di atas permukaan air serta mengurangi resiko air masuk melalui hidung atau mulut anda.

KOMENTAR