Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya 

 26 Aug 2019  Taufiq F

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya 

Doa sesudah adzan - Image from https://sebentarsaja.com/doa-sesudah-adzan/

Adzan merupakan sebuah tanda masuknya waktu sholat wajib 5 waktu. Sebagai panggilan umat muslim agar mengerjakan sholat dengan tepat waktu.

Adzan dilantunkan selama lima kali dalam sehari sebagaimana perintah sholat wajib sebanyak lima kali dalam sehari. Adzan memiliki berbagai keutamaan, misalnya saja dengan membaca doa setelah adzan akan mendapatkan kebaikan.

Ada riwayat yang mengatakan bahwa membaca doa setelah adzan dan iqomah makan akan dikabulkan doanya oleh Allah SWT. Untuk pengetahuan yang lebih mengenai doa setelah adzan dan iqamah.

Pada kesempatan kali ini wajib baca akan membahas mengenai bacaan doa sesudah adzan dan arti doa sesudah adzan, langsung saja simak pada penjelasan berikut ini.

Makna Adzan Bukan Hanya Sekedar Suara

Seruan dari suara adzan bukanlah semata hanya sebagai tanda dari masuknya sholat 5 waktu saja. Akan tetapi memiliki hakikat yang cukup mendalam diantaranya adalah panggilan dari Allah yang bukan hanya difungsikan untuk mengingat-Nya namun juga untuk bisa bertemu dengan-Nya.

Sehingga suara adzan tersebut memiliki makna mendalam, maka dari itu harus bisa dipahami bahwa adzan bukan lah suara yang hanya sekedar sebagai pengingat waktu saja, tetapi merupakan seruan kepada seluruh umat islam yang mendengarnya untuk segera menghadap pada Allah dengan cara melaksanakan sholat wajib 5 waktu tepat pada waktunya secara berjamaah.

Mungkin hal ini sering tidak disadari oleh kebanyakan umat muslim entah karena mereka tidak tahu fungsi adzan atau mungkin karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, memang disisi lain mengumandangkan adzan tidak hanya di lakukan pada saat memasuki waktu jadwal sholat saja tetapi juga ada diantara untuk kebutuhan lain.

Contohnya adzan yang dikumandangkan pada telinga bayi yang baru lahir atau pada telinga orang mati. Tetapi perlu dipahami antara adzan untuk bayi dan adzan ketika masuk waktu sholat perannya berbeda apabila ketika akan sholat di serukan lewat pengeras suara sehingga terdengar oleh semua orang. Dan haruslah membaca doa setelah azan dan mengerjakan sholat.

Sama halnya ketika melakukan ibadah pada umumnya. Maka dianjurkan untuk membaca doa sebelum dan sesudah adzan baik itu muadzin atau orang yang mendengar adzan maka harus membacakan
bacaan setelah azan, baik itu doa sesudah adzan maghrib atau doa sesudah azdan pada sholat 5 waktu lainnya dan doa selesai adzan seperti berikut ini.

Doa Sesudah Adzan dan Artinya

Doa setelah adzan dan artinya sama saja dengan doa sesudah adzan sholat 5 waktu lainnya. Rasulullah menganjurkan kita untuk membaca doa sesudah adan.

Selain membaca doa sebelum adzan juga disunnahkan untuk mengerjakan beberapa amalan, sebagaimana tercantum dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Dan salah satu amalan yang dimaksud adalah membaca doa habis adzan. Berikut ini lafal doa sesudah azan.

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma robba haadzihid da’watittammah wassholatil qooimahj, aati sayyidanaa muhammadi wasiilata wal fadhillah wassyarofa wal darajatal ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanilladzi wa’addah, innakalaa tukhliful mii’aad. Yaa arhamarraahimiin.

Artinya: Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan yang amat sempurna, dan sholat yang senantiasa didirikan, berilah karunia kepada Nabi Muhammad berupa tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, serta derajat yang tinggi, tempatkanlah ia pada kedudukan yang paling terpuji sebagaimana yang telah Engkau janjikan. Wahai dzat yang Maha Penyayang.

Baca Juga:
1. Syarat Wajib, Syarat Sah, dan Rukun Sholat 5 Waktu yang Wajib Diperhatikan
2. Niat Sholat 5 Waktu Lengkap
3. Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Gambarnya


Bacaan setelah adzan tersebut sebaiknya selalu diamalkan supaya bisa mendapatkan keutamaan berupa syafaat dari Rasulullah.

Doa Setelah Iqomah dan Artinya

Setelah usai adzan dikumandangkan akan ada iqamah sebagai tanda sholat akan dimulai. Sesudah iqomah juga ada doanya secara khusus yang harus dilantunkan.

Iqomah sendiri merupakan suatu seruan tanda pemberitahuan bahwa ibadah sholat akan segera dimulai. Lafal dari iqomah sebenarnya sama saja dengan lafal adzan, yang membedakan hanya nada saja jika adzan dikumandangkan dengan nafa khusus, namun jika iqomat tidak menggunakan nada dan bagian-bagiannya diucapkan hanya sekali sedangkan adzan dua kali. Berikut ini doa setelah iqomah.

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

 “Aqoomallaaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardhu”

Artinya: "semoga Allah senantiasa mendirikan dan mengabadikan adanya shalat selama langit serta bumi masih ada".

Ketika sudah mendengarkan kumandang adzan segerakan membaca doa stelah adzan dan segera mengerjakan sholat. Untuk bacaan doa setelah adzan bisa dihafalkan dengan menyimak doa selesai azan diatas.

Jika penjelasan do a setelah azan diatas masih belum bisa menjelaskan secara rinci silahkan cari lagi lebih dalam tentang do a selesai adzan dan doa adzan pada artikel wajib baca lainnya yang berhubungan dengan doa abis adzan, gambar orang azan dan foto adzan.

Demikianlah penjelasan mengenai doa/setelah/adzan yang bisa wajib baca sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu mengenai doa setelah adan dan gambar orang adzan.