Bacaan Do'a Sebelum Adzan dan Artinya

 28 Aug 2019  Alif Hamdan

Bacaan Do'a Sebelum Adzan dan Artinya

Ilustrasi orang berdo'a sebelum adzan - Image from muslim.or.id

Bukan hanya do'a setelah adzan saja yang perlu kalian tau dan amalkan. Ternyata ada juga doa sebelum adzan arab yang perlu kalian amalkan juga.

Berikut admin ulaskan tentang bacaan doa sebelum adzan dan artinya lengkap.

Do'a Sebelum Adzan

Siapa yang tidak tahu perihal adzan, bahkan semua umat islam pun sudah paham dengan perihal adzan ini.

Membahas perihal adzan, seperti halnya dengan gadgetmu? Loh kok bisa gitu? Apa hubungannya?

Mungkin saja kalian pernah mengirimkan chat di whatsapp kepada teman atau bahkan si doi namun responnya hanya di read saja tanpa ada balasan.

Bagaimana perasaanmu? Marah dan kesal campur jadi satu pastinya. Namun hal ini dianggap manusiawi jika terjadi.

Lalu bagaimana dengan Allah SWT Sang Maha Pencipta segalanya? Saat panggilan adzan dalam sholat saja kalian mengabaikannya? Pernah kalian berfikir sampai kesitu?

Subhanallah, masihkah kita berbangga diri menyibukkan demi perkara duniawi dan mengabaikan panggilannya?

Ketahuilah bahwa adzan bukan hanya sekedar panggilan semata, namun lebih dari yang kalian bayangkan, adzan dikumandangkan di seluruh penjuru dunia dan ini terus berkesinambungan tanpa terputus.

Karena jika adzan ini terputus bahkan sampai tidak ada satu pun yang mengumandangkannya, itulah saat dimana kiamat besar akan terjadi, melansir dari bincangsyariah.com.

Nah, setelah mengetahui perihal adzan, kalian juga harus tahu bacaan doa sebelum adzan. Loh, apakah ada doa sebelum adzan? Simak sampai habis ya! Agar kalian lebih tahu dan paham.

Bacaan Doa Sebelum Adzan Arab

Berikut bacaan doa sebelum adzan dan artinya yang bisa kalian amalkan dalam kehidupan sehari-hari:

سُبْحَانَ اللّـهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ اِلهَ اِلَّ اللّهُ وَاللّهُ اكْبَر, وَلآ حَوْلَ وَلآ قٌوّةَ اِلّا بِآللّهِ العَلِئىُّ العَظِيْمِ, اللهُمَّ صَلّ وسَلِمْ عَلى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ اللّهُ يَا كَرِيْمُ.

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyul ‘azhim, allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidinâ muhammad Allahu Ya Kariim.

Itulah bacaan doa sebelum adzan yang yang bisa kalian amalkan setiap hari.

INGAT!!

Adzan bukan hanya manusia saja yang mendengarkannya, tapi juga untuk semua makhluk hidup, hewan, tumbuhan, jin, malaikat dan ciptaan Allah lainnya.

Seperti halnya hadist yang diriwayatkan oleh Abu Ya'la berikut:

“Tidaklah adzan didengar oleh jin, manusia, batu dan pohon, kecuali mereka akan bersaksi untuknya.” (HR. Abu Ya’la).

Rasanya tidak lengkap jika hanya kalian mengamalkan bacaan do'a sebelum adzan jika tidak dilengkapi do'a setelah adzannya.

Berhubung admin sangat baik hati hehe, berikut kami ulaskan juga bacaan do'a sesudah adzan lengkap beserta artinya.

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latin : "Allaahumma robba haadzihid da’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal ‘aaliyatar raofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful mii’aada yaa arhamar roohimiina."

“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang”

Maka dari itu, mulai dari sekarang amalkan bacaan do'a sebelum dan sesudah adzan ini, agar kita senantiasa mendapat keutamaan mengamalkannya yakni mendapat syafaat dari Rasulullah SAW.

Salah satu tanda bahwa sebuah amalan itu sangatlah penting yakni dengan mengawali doa pembuka sebelum melakukannya.

Nah, mulai sekarang biasakan ketika mau mendengar adzan dan setelahnya bacalah do'a. Bisa jadi lewat do'a ini, kelak di akhirat menjadi penambah amal baik atau bahkan menjadi penolong kelak di akhirat.


Wallahu A'lam.