Cara Mudah Daftar dan Login SIM Guru Pembelajar

Komentar
 Cara Mudah Daftar dan Login SIM Guru Pembelajar
Sim guru pembelajar - Image from : trendingtopp.com

Kini ada media baru bagi guru seluruh Indonesia yaitu aplikasi SIM PKB guru guna untuk pengecekkan SKTP dan INFO GTK secara online.

Layanan ini diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dimaksudkan untuk melihat kemampuan para guru baik dari kemampuan bidang pedagogik.

Upaya ini dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan sehingga siswa dan siswi sekolah memiliki mutu dan kualitas yang baik.

SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen yang digunakan pada Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Banyak yang masih tidak paham cara login sim guru pembelajar ini. Karena masih baru dan baru pertama menjumpai cara ini.

Untuk itu wajib baca akan memberikan cara daftar sim guru pembelajar terlebih dahulu kemudian lanjut ke cara masuk sim guru pembelajar.

Berikut ini cara daftar SIM PKB guru pembelajaran :

Cara registrasi akun di SIM guru pembelajar (Bagi yang belum pernah registrasi)

1. Langkah awal masuk dalam website paspor.simkb.id resmi guru pembelajaran. Setelah itu akan muncul kotak yang berisi informasi menerangkan no peserta UKG dan tanggal lahir.


Image from : topik.my.id


2. Anda langsung saja registrasi namun jika anda lupa nomer atau belum ikut UKG. Anda harus mencari menu nomor UKG dan klik cari nomer UKG yang berada di pojok kanan bawah seperti tahap selanjutnya:


Image from : topik.my.id


3. Kemudian pilih menu "Registrasi". Jika belum menemukan nomer maka yang harus anda lakukan adalah ketikkan nama GTK pada kolom menu yang berada di sebelah pojok bawah kanan, kemudian ditambah informasi Provinsi anda mengajar dan Kota Kabupaten.


Image from : topik.my.id


4. Kemudian silahkan anda kembali ke halaman utama. Setelah itu masukkan Nomor Peserta UKG dan tanggal lahir anda yang sudah anda cari tai. Selanjutnya pilih kotak kecil "Saya bukan robot"
Kemudian klik tombol "Registrasi"


Image from : topik.my.id


5. Setelah itu otomatis anda akan dapat username dan password yang dimaksud. Username dan password tersebut digunakan untuk login dengan mengunduh surat pemberitahuan berikut seperti di contoh ini :


Image from : topik.my.id


Baca Juga:

Cara Login SIM PKB guru pembelajaran 

SIM PKB ini adalah Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang maksudnya program ini dibuat bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya untuk mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu.

1. Langkah pertama masuk ke website paspor.simkb.id. Kemudian langkah selanjutnya isi kolom email dengan Nomor Peserta UKG yang sudah anda registrasi tadi.
Kemudian tinggal klik tombol "Login"


Image from : topik.my.id


2. Kemudian anda harus validasi data instansi mengajar dan mapel. Anda harus Verval Sekolah Induk dan Mapel PTK dengan memilih satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) sehingga memang benar-benar anda sebagai salah satu guru pembelajar disana


Image from : topik.my.id


3. Selanjutnya anda memilih jenis Satminkal yang mempunyai dua opsi, yaitu pertama terkait Sekolah dan opsi kedua Dinas Pendidikan atau Khusus Pengawasan. Pilih Provinsi dan Kabupaten Kota kemudian baru mencari nama dan selanjutnya anda pilih jenjang dan pilih mata pelajaran.


Image from : topik.my.id


4. Perlu diperhatikan bahwa setiap guru yang sudah mendaftar PPG agar segera mengecek di SIM PKB disetujui atau tidaknya pendaftaran oleh LPMP.


Image from : topik.my.id


Karena verifikasi PPG oleh LPMP ada yang disetujui dan ada juga yang tidak disetujui.

Sekolah kian menjadi salah satu ajang strategis dalam upaya pembaruan karakter anak didik melalui SIM PKB inilah guru dituntut untuk mengetahui internet dan paham akan komputer.

Selain itu tidak hanya sebagai ajang profil saja melainkan SIM PKB sebagai salah satu aplikasi yang sudah terintegrasi dengan data kependidikan sekolah atau DAPODIK.

Demikianlah informasi tentang cara daftar dan login SIM PKB guru pembelajaran. Semoga dengan adanya aplikasi ini terdapat perubahan karakter peserta didik agar dapat meningkat
Top