Fakta Menarik Sosok James Wong Howe Cinematographer Profesional

 11 Jul 2019  Taufiq Firmansah
Fakta Menarik Sosok James Wong Howe Cinematographer Profesional

James Wong Howe - Image from tribunnews.com

James Wong Howe cinematographer documentary asal Cina - Amerika yang terkenal di era 70 an yang berkarya lebih dari 130 film

Mari mengenang James Wong Howe, ia adalah seorang cinematographer Amerika yang lahir di Cina pada 28 Agustus 1899 dan menjadi cinematographer paling berpengaruh menurut survei International Cinematographers Guild.

James Wong Howe mempunyai nama yang berbeda sewaktu lahir diberikan nama Wong Tung Jin. Hidup James Wong Howe merasakan dinamika pekerjaan yang terus berubah, ia pernah menjadi petinju hingga bekerja serampangan, hingga pada akhirnya memulai karir di industri perfilman.

Ada beberapa fakta menarik lainnya tentang James Wong Howe yang perlu kamu ketahui agar dapat meniru jejaknya. Karena ia dikenal sebagai sosok yang inovatif dalam dunia perfilman.

Berikut fakta menarik tentang James Wong Howe.

1. Seorang cinematographer asal Amerika, namun ia lahir di Cina kelahiran 28 Agustus 1899. Dan telah meninggal pada 12 Juli 1976 di usianya sekitar 77 tahun.

2. Popularitasnya sendiri bukan hal mudah dicapai, saat itu ia pernah menjadi petinju profesional sebelum memulai karir di dunia film, ia juga pernah bekerja serampangan. James Wong Howe menjadi terkenal dan popularitasnya naik karena inovasinya dalam dunia perfilman.

Hingga ia masuk dalam jajaran cinematographer paling berpengaruh menurut hasil survey International Cinematographers Guild. 

3. James Wong Howe tidak langsung menjadi cinematographer inovatif yang profesional namun ia pada masa remaja pernah menjadi seorang petinju profesional. Kemudian ia juga bekerja serabutan. Karirnya tidak langsung dari dunia perfilman ia baru memulainya namun menjadi kurir dan pemungut sampah di cutting room studio.

4. Ia selalu menggunakan cara baru yang inovatif tidak semua orang bisa melakukannya, ia menggunakan teknik pencahayaan, farming, dan kamera dengan pergerakan minimal sebagai ekspresi emosi. Dan tanpa ia sengaja ia menemukan cara memasukkan nuansa warna dalam film hitam putih sehingga ia menjadi cinematographer yang inovatif.

5. James Wong Howe menggunakan lensa bersudut pandang lebar (wide angle), pencahayaan yang low key dan pencahayaan berwarna. Pria ini juga dikenal sebagai orang pertama yang memakai crab dolly. Crab dolly adalah dudukan kamera dengan empat penyangga untuk memuluskan pergerakan saat merekam gambar.

6. Tidak hanya itu saja ia juga dikenal sebagai salah satu orang pertama yang menggunakan teknik deep focus dalam cinematographer. Teknik ini membuat gambar yang direkam seluruhnya ada dalam keadaan fokus baik dari sisi background atau foreground.

7. Sepanjang hidupnya tercatat lebih dari 130 film yang dibuatnya, ini hal yang tidak mudah pada saat itu karena Amerika sedang tidak dalam keadaan baik banyak diskriminatif. Namun pada tahun 1930 hingga 1940 ia salah satu cinematographer paling di cari di Hollywood. 

8. James Wong Howe juga menorehkan prestasi tertingginya saat pada masa pensiunnya. Ia meraih dua Oscar untuk film The Rose Tattoo pada tahun 1955 dan Hud pada tahun 1963. 

9. Ia juga menikah dengan Sanora Babb sejak tahun 1937 hingga Babb menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1976 kemudian ia juga menghembuskan nafas terakhir. Namun hingga akhir hayatnya. Amerika Serikat tidak pernah mengakui pernikahan tersebut.

Semasa hidupnya, James Wong Howe menikah dengan Sanora Babb sejak tahun 1937 hingga Babb menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1976.

Baca Juga:

Itulah fakta dari James Wong Howe, ia bahkan tak mengerti tentang perfilman namun ia mulai belajar dengan pelan-pelan hingga ia menemukan nuansa warna dalam perfilman hitam putih. Sebagai kurir dan pemungut sampah di Cutting Room Studio tak menghalanginya untuk belajar perfilman yang menjadikan ia seperti sekarang ini.