Cara Mengirimkan Contoh Lamaran Kerja Via Email

 20 Jul 2019  Taufiq Firmansah
Cara Mengirimkan Contoh Lamaran Kerja Via Email

Contoh lamaran kerja - Image from : contohsurat.co

Saat ini teknologi semakin maju, ya meski mengirimkan surat lamaran melalui email sudah ada pada tahun-tahun lalu sebelum internet populer seperti sekarang ini namun belum banyak perusahaan yang membuka lamaran melalui email.

Tapi di jaman era modern ini surat lamaran kerja via email lebih diutamakan oleh perusahaan tertentu. Ya karena lebih efisien dan mudah.

Selain itu pelamar juga bisa lebih hemat dalam mengirim surat lamaran ke perusahaan karena tidak memerlukan amplop dan perangko, dan tidak perlu pergi ke perusahaan untuk mengirim lamaran.

Banyak dari perusahaan-perusahaan di Indonesia yang membuka lowongan kerja dan mengundang siapapun yang tertarik mendaftar untuk segera mengirimkan resume mereka beserta kelengkapannya lewat email.

Tapi masalahnya banyak orang yang masih bingung bagaimana membuat surat lamaran dan cara mengirimkannya via email. Ya mungkin anak jaman sekarang mudah mengerti, namun banyak juga orang yang tidak mengerti. Dengan melihat contoh lamaran kerja lewat email ini diharapkan kamu bisa mengirim lamaran kerja lewat email dan contoh lamaran kerja yang baik dan benar.

Maka dari itu wajib baca akan menginformasikan cara membuat lamaran dan contoh lamaran kerja yang benar lewat email.

Cara membuat surat lamaran kerja via email

Umumnya tujuan membuat surat lamaran sama saja, yaitu menyampaikan informasi data diri dan lainnya yang berharap agar perusahaan menerima surat lamaran tersebut.

Nah kali ini caranya beda, mengirim surat lewat email itu memiliki cara yang berbeda. Karena lewat internet maka berbagai berkas penting yang diminta perusahaan haruslah dalam format digital baik berupa dokumen atau gambar.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum mengirim surat lamaran kerja lewat email sebagai berikut : 

  1. Surat lamaran kerja, baik dalam bentuk microsoft word atau dalam bentuk PDF, note atau apapun itu (usahakan ukuran file tidak melebihi dari 25 MB)
  2. Daftar riwayat hidup (CV)
  3. Scan ijazah
  4. Scan sertifikat
  5. Scan KTP
  6. Pas photo
  7. Surat-surat lain (sesuai dengan syarat perusahaan yang akan kamu lamar)

Tata cara mengirimkan surat contoh lamaran kerja melalui email

  1. Pertama kumpulkan semua berkas yang diperlukan dalam satu folder serta kapasitasnya tidak lebih dari 25 MB
  2. Gunakan akun email yang aktif, apabila belum punya buat terlebih dahulu
  3. Nama email yang digunakan haruslah sama dengan identitasmu sewaktu melamar kerja
  4. Dapatkan menggunakan kolom CC (tembusan) atau BCC bila diperlukan
  5. Bila kamu ingin melampirkan data-data pendukung, misalkan saja seperti sertifikat, kamu dapat menggunakan menu attachment yang bersimbolkan peniti.

Contoh template surat lamaran kerja melalui email.

Kepada (nama perusahaan yang dituju) 
CC (tembusan) bila diperlukan 
Subject (alasan email ini dikirim) 
Dengan hormat, sesuai dengan informasi yang kami baca dari website resmi perusahaan bahwa perusahaan (nama perusahaan) sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai (posisi yang hendak dilamar) 
Maka saya yang bertanda tangan ini :  
Nama : (nama kamu)

Alamat : (alamat yang sesuai dengan identitas)

TTL : (Tempat dan tanggal lahir sesuai KTP)

Pendidikan : (pendidikan terakhir) 

Bermaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. 
Bersama dengan surat ini, saya juga menyertakan daftar riwayat pekerjaan dan data pendukung lainnya yang diperlukan ke dalam bentuk lamaran yang dapat diunduh sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu. 
Besar harapan saya agar bisa diberikan kesempatan untuk menghadiri tes wawancara guna menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya. 
Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih. 
Hormat saya, 
Nama anda 

Contoh surat lamaran kerja

Setelah semua sudah dilakukan seperti cara diatas, ada beberapa pilihan bentuk file yang bisa untuk contoh menulis surat lamaran pekerjaan. Dibawah ini ada beberapa contoh yang menunjukkan beberapa cara berbeda mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui email.

1. Contoh surat lamaran kerja via email yang menarik dan bagus

Tak sembarang membuat surat lamar agar bisa menarik untuk dibaca pihak HRD hingga memanggilmu wawancara. Dibawah ini adalah salah satu contohnya.

Cara Mengirimkan Contoh Lamaran Kerja Via Email

Image from : mamikos.com

2. Contoh lamaran kerja yang baik dan benar

Sama seperti penjelasan diatas, meski lewat email harus tetap menarik dan ditulis dengan format yang baik dan benar. Jika ditulis sembarangan tidak akan mungkin pihak HRD tertarik dengan surat lamaran yang kamu kirim.

Cara Mengirimkan Contoh Lamaran Kerja Via Email

Image from : mamikos.com

BACA JUGA : 

3. Contoh surat lamaran kerja via email untuk lulusan SMK/SMA/MA

Lulusan SMK dan SMA juga akan menemukan banyak lowongan kerja yang bisa dilamar lewat email untuk mempermudah para lulusan SMK dan SMA dalam menulis surat lamaran kerja lewat email.

Cara Mengirimkan Contoh Lamaran Kerja Via Email

Image from : mamikos.com

Itulah contoh dan cara mengirimkan lamaran pekerjaan lewat email, bagaimana mudah bukan? Biasanya para HRD lebih memilih pelamar yang mengirimkan surat lewat email ketimbang dikirim dalam bentuk hardfile.