Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan

 04 Jul 2019  Taufiq Firmansah
Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan
Contoh daftar isi - Image from bunehaba

Apakah anda saat ini sedang menyusun sebuah makalah, skripsi atau karya ilmiah? Apakah anda merasa kebingungan saat menentukan daftar isi?

Dalam membuat karya ilmiah seperti skripsi, makalah, serta proposal pasti diperlukan penyusunan yang terperinci seperti daftar isi.

Saat membaca dan hendak mencari informasi utama yang ada dalam sebuah buku, makalah, laporan atau skripsi adalah melihat daftar isinya.

Ini sangat diperlukan dalam membuat sebuah makalah, skripsi, laporan, proposal dan karya ilmiah untuk memperoleh hasil yang baik dan sempurna sesuai kaidah penulisan ilmiah serta mempermudah pembaca untuk mencari halaman yang ingin ia ingin baca.

Untuk itu wajibbaca.com memberikan kumpulan contoh daftar isi dalam karya ilmiah, Cocok bagi kalian para pelajar atau mahasiswa yang sedang mencari contoh daftar isi yang benar.

Sebelum dibahas contoh daftar isi dan cara membuatnya, maka tentunya akan lebih baik apabila kita mengetahui apakah pengertian dari daftar isi dan makalah itu:

Pengertian Daftar Isi :

Daftar isi menjadi salah satu bagian penting dari penyusunan sebuah karya tulis, sebab dari penulisan yang baik kalau tidak dilengkapi dengan daftar isi rasanya kurang lengkap. Karena pembaca bila ingin membaca ke halaman yang dituju maka pembaca bisa melihat dari daftar isi bayangkan bila dalam karya tulis tidak ada daftar isi.

Karya tulis itu sendiri terdiri dari bab dan subbab yang secara lengkap dengan halaman yang tercantum dengan jelas kemudian dimasukkan dalam daftar isi.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Cara membuat daftar isi lewat Ms. Word dengan otomatis cukup mudah hanya memerlukan dua langkah saja. Langkah yang pertama kamu harus membuat judul dan sub judul pada halaman yang akan dimasukkan dalam daftar isi. Lalu langkah yang kedua membuat daftar isi berdasarkan judul dan sub judul yang telat dibuat tadi. Untuk lebih teknisnya lanjut simak penjelasan dibawah.

1. Membuat sub judul dan judul pada halaman untuk daftar isi

Langkah pertama adalah membuat judul dan sub judul, setelah itu kamu pilih judul dan sub judul yang bakal kamu masukkan ke dalam daftar isi, bedakan judul dan sub judul dengan membloknya.

2. Menyetting format heading 

Setelah itu kamu perlu menyetting style heading 1 gunakan untuk judul dan heading ke 2 sebagai sub judul. Terdapat perbedaan cara antara Ms.Word lama dan yang baru jadi kamu perlu mengetahui Versi Ms.Word kamu. 
  • Ms. word 2003 dan sebelumnya : langkah pertama klik Style box pada menu Formatting lalu pilih Heading 1
  • Ms. word 2007, 2010 dan 2013 : Klik menu home, lalu klik Heading 1 pada grup style
Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan
Image from sharingkali.com

3. Langkah selanjutnya membuat daftar isi itu sendiri 

Setelah langkah sebelumnya yaitu membuat judul dan sub judul lalu dijadikan daftar isi, langkah selanjutnya yaitu kamu harus membuat daftar isi, namun kamu harus memperhatikan versi Ms.Word pada PC/laptop kamu. Kamu perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan dibawah ini : 

Cara membuat daftar isi pada Ms.Word 2003 dan sebelumnya

  1. Pertama klik pada halaman kosong di mana kamu ingin menaruh halaman daftar isi pada tulisanmu
  2. Kemudian tampilkan jendela Table of Contents dengan cara buka Insert Index and Tables (Word 2000) atau buka Insert Reference Index and Tables (Word 2002 and 2003)
  3. Selanjutnya klik pada tab Table of Contents lalu klik OK

Cara membuat daftar isi pada Ms.Word 2007, 2010 dan 2013

  1. Pertama pilih menu references kemudian klik table of contents
  2. Kemudian pilih opsi pertama dan kedua yang ada pada menu tersebut. Lalu secara otomatis akan membuat daftar isi sesuai judul dan sub judul yang telah kamu pilih
  3. Selain dari pilihan diatas, kamu juga bisa memilih opsi Custom Table of Contents pada bagian bawah untuk membuat daftar isi sesuai keinginanmu.
Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan
image from sharingkali.com

Setelah melakukan langkah-langkah seperti diatas, maka secara otomatis halaman yang kamu pilih untuk membuat daftar isi akan langsung terisi dengan table daftar isi yang sudah kamu blok sebelumnya. Jika kamu belum puas dengan format daftar isinya kamu bisa merubah dengan cara berikut : 

Cara merubah daftar isi 

Jika kamu merasa kurang dengan daftar isi yang telah kamu buat maka kamu perlu melakukan langkah berikut : klik daftar isi tersebut kemudian buka Insert > Table of Contents. Kamu bisa merubah sesuai keinginanmu bila merasa kurang pas dengan cara tersebut.

Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan
Image from sharingkali.com

Contoh daftar isi yang baik dan benar 

Membuat daftar isi itu sebenarnya tidak terlalu sulit, namun kebanyakan orang tidak mengetahui struktur atau cara membuat daftar isi yang benar. Membuat daftar isi itu juga harus teliti agar tidak terjadi kesalahan.

Bagian yang utama kamu juga harus sebelumnya sudah mengetahui kerangka atau susunan dari karya tulis yang akan kamu buat. Kamu perlu membuat judul, bab, sub bab kemudian melakukan pengaturan sehingga dapat dijadikan daftar isi.

Contoh daftar isi dalam karya ilmiah yang baik dan benar adalah yang mudah dipahami dan di mengerti oleh pembaca. Bila kamu membuat karya ilmiah harus mengikuti standart yang telah ada. Karena itu sebelumnya kamu harus paham cara membuat daftar isi yang baik dan benar.

Contoh daftar isi makalah :

Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan
Image from sharingkali.com

Baca Juga:

Contoh daftar isi makalah bahasa Indonesia

Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan

Image from sharingkali.com

Contoh daftar isi karya ilmiah

Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan

Image from sharingkali.com

Contoh daftar isi laporan

Contoh Daftar Isi dan Cara Membuat Sesuai Kaidah Penulisan
Image from sharingkali.com

Itulah contoh daftar isi yang dapat membantu kamu menyusun karya ilmiah. Selamat mencoba!