Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online dan Mudah

 02 Jul 2019  Vernandhea
Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online dan Mudah

cara cek pajak kendaraan - image from beritasatu.com

Sudah tahu berapa pajak kendaraan yang harus kamu bayar? Jika belum, kamu bisa simak artikel ini. Bagi pemilik kendaraan, membayar pajak itu merupakan hal yang penting. Proses pembayaran pajak saat ini tidaklah sulit. Adanya fasilitas cara cek pajak kendaraan lewat hp memberi kemudahan bagi masyarakat dalam membayar pajak.

Besar pajak yang dikenakan biasanya ditentukan oleh dua faktor. Pertama, faktor nilai dari kendaraan yang bersangkutan. Kedua, faktor bobot dari potensi pencemaran maupun kerusakan jalan yang kemungkinan bisa terjadi.

Pada masing-masing kendaraan, ada dua jenis pajak yang perlu Anda bayarkan. Pertama, pajak tahunan yang dibayar setiap satu tahun sekali. Kedua, pajak lima tahunan yang perlu Anda bayar setiap lima tahun sekali.

Pada pembahasan kali ini wajibbaca.com akan langsung membahas bagaimana cara cek pajak kendaraan di Indonesia secara mudah dengan berbagai metode berikut ini;

Beragam Cara Cek Pajak Kendaraan Dengan Mudah

1. Cara Cek Pajak Kendaraan Via Aplikasi E-Samsat

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online dan Mudah
image from awambicara.com

Cara cek pajak kendaraan adalah dengan aplikasi e-samsat, dengan mendaftar pada aplkasi ini, Anda tidak perlu repot harus ke kantor samsat. Ada beberapa pemerintah provinsi yang telah menyediakan layanan pengecekan ini melalui aplikasi e-samsat yaitu:

Langkah mengecek pajak kendaraan via Aplikasi e-Samsat:

  • Download dan install aplikasi e-samsat diatas tempat kendaraan Anda terdaftar.
  • Pilih layanan menu Pajak Kendaraan 
  • Ketiklah informasi plat nomor kendaraan.
  • Informasi mengenai pajak kendaraan Anda akan muncul; jumlah pajak kendaraan yang harus Anda bayar, dan tanggal jatuh tempo.

Setelah Anda mengetahui jumlah pajak kendaraan yang harus Anda bayar, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran.

2. Cara Cek Pajak Kendaraan Via SMS

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online dan Mudah
image from duitsini.com

Ini adalah salah satu cara cek pajak kendaraan yang terdaftar di wilayah Jawa Barat. Jika kendaraan Anda termasuk dalam wilayah ini, Anda bisa mengeceknya dengan mengetik format sebagai berikut.

Info<spasi>kode plat kendaraan di Jawa Barat/nomor polisi/kode seri plat kendaraan<spasi> warna plat kendaraan.

Kirimkan SMS dengan format tersebut ke nomor Dispenda Jabar yaitu 0811 211 9211.

Kode plat kendaraan di Jawa Barat bisa berupa B/D/E/F/T/Z

Kode seri plat kendaraan bisa berupa kombinasi huruf a-z.

Warna plat kendaraan terdiri dari hitam/kuning/merah.

Contohnya:

Info d/1234/aa hitam

Setelah Anda kirimkan SMS tersebut, Anda akan mendapatkan sebuah balasan SMS yang memaparkan rincian mengenai kendaraan beserta besar pajak yang dibayar dan jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan.

3. Cara Cek Pajak Kendaraan Via Online

Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online dan Mudah
image from youtube.com

Cara cek pajak kendaraan memang sangat mudah dilakukan secara online, karena kita hanya perlu gadget dengan koneksi internet saja. Untuk mengecek pajak kendaraan Anda bisa mengunjungi sejumlah samsat yang menyediakan layanan cek pajak kendaraan secara online, seperti dibawah ini;

Jika kendaraan Anda terdaftar di salah satu provinsi diatas, Anda bisa mengecek pajak kendaraan melalui situs e-samsat provinsi tersebut.

Baca Juga:

Sebelum Anda memulai mengecek pajak kendaraanmu secara online, pastikan Anda mempunyai paket data internet yang memadai agar pulsa Anda tidak menipis. Jika ada wifi di sekitar Anda, gunakan wifi agar bisa mengakses internet.

Kunjungi situs e-samsat provinsi dimana kendaraan Anda terdaftar.

Anda akan melihat beberapa kolom yang meminta data kendaraan. Isilah data sesuai dengan plat nomor kendaraan yang Anda kendarai.

Selanjutnya, informasi pajak kendaraan Anda akan muncul, seperti jumlah pajak yang harus dibayar dan tanggal jatuh tempo. Walaupun setiap situs e-samsat provinsi mempunyai alur tersendiri untuk cek pajak kendaraan, kurang lebih cara mendapatkan informasi pajak kendaraan hampir sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Setelah Anda mengetahui jumlah pajak yang harus di bayar dan mencatat tanggal jatuh tempo pajak, Anda bisa menyiapkan uang lalu membayarnya.

Demikianlah cara cek pajak kendaraan secara mudah dan cepat tanpa keluar rumah yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.

KOMENTAR