10 Nama Alat Musik Tradisional Indonesia yang Populer

Komentar
10 Nama Alat Musik Tradisional Indonesia yang Populer
Alat musik tradisional - Image from : digiyan.com

Alat musik tradisional Indonesia adalah sebuah media yang umumnya digunakan sebagai pengiring pertunjukan.

Tak hanya itu juga sih beberapa alat musik tradisional ini juga erat kaitannya dengan sejarah atau budaya dari daerahnya

Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam alat musik tradisional. Alat musik tradisional beserta daerahnya memiliki budaya dan ciri khasnya masing-masing.

Bentuknya pun beragam, nggak cuma itu aja beberapa diantaranya menghasilkan suara yang merdu

Nah untuk lebih jelasnya langsung saja berikut ini beberapa alat musik tradisional dan asalnya, yang paling populer saat ini.

Nama alat musik tradisional dan asalnya




Image from : romadekade.com

10 Alat musik yang terpopuler di Indonesia saat ini


1. Sasando

Alat musik yang pertama adalah sasando, alat musik daerah di Indonesia adalah sasando. Alat musik ini memiliki bentuk yang unik dan juga suara yang dihasilkan pun sangatlah merdu.

Hal ini menjadikan sasando unik, selain itu penggunaan bahan alami berupa daun lontar sebagai bahan utamanya ini yang membuat sasando menjadi alat musik tradisional yang unik.

Sasando merupakan alat musik khas tanah rote, sebuah wilayah di Nusa Tenggara Timur. Cara memainkannya itu dengan cara dipetik layaknya gitar.

Tetapi sasando tak mudah dimainkan oleh sembarang orang karena harus memiliki teknik tertentu untuk menghasilkan suara yang merdu.

2. Angklung

Kalau alat musik ini pasti semua sudah mengetahuinya karena alat musik satu ini sangat populer banyak digunakan mengiringi musik-musik seperti yang ada di Jogja.

Alat musik ini berbahan dasar bambu, bentuknya yang unik memiliki bunyi yang dihasilkan sangat merdu.

Angklung sendiri berasal dari Jawa Barat dan sudah diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO

Angklung bisa dimainkan dengan sendiri atau beramai-ramai dipadukan dengan alat musik lainnya.

3. Kendang

Nah kalau alat musik yang satu ini banyak sekali digunakan, dan pastinya sudah banyak yang mengetahuinya. Kendang sering digunakan dalam pertunjukan bertema masyarakat Jawa.

Kendang merupakan alat musik khas dari Jawa khususnya Jawa Timur. Cara memainkannya dengan cara dipukul. Terdapat 2 sisi yang bisa dipukul pada alat musik ini.

Dan setiap sisi memiliki nada yang berbeda dan saat dimainkan biasanya akan disesuaikan dengan alat musik lainnya.

4. Gamelan

Gamelan adalah alat musik yang berasal dari Jawa, umumnya alat musik ini terdiri dari beberapa alat musik instrumen dasar maupun pengiring.

Meski terbilang kuno, nyatanya gamelan masih banyak digunakan dalam beberapa acara seperti wayang, kuda lumping atau semacamnya

Sama seperti angklung alat musik ini juga sudah mendunia. Bahkan tidak sedikit warga asing yang ingin belajar lebih dalam tentang alat musik asli Indonesia ini.

Gamelan juga sudah menjadi kurikulum wajib di beberapa sekolah di Amerika dan New Zealand

5. Bonang

Alat musik satu ini termasuk satu alat musik daerah yang patut untuk dilestarikan. Alat ini merupakan alat musik dari tanah Jawa khususnya juga Jawa Timur.

Cara memainkannya dengan cara dipukul pada satu sisi atasnya. Seperti alat musik di Jawa lainnya, bonang ternyata juga mendunia.

Banyak juga wisatawan yang berkunjung ke Indonesia untuk mempelajarinya. Biasanya alat musik ini digunakan dalam acara perkawinan atau acara adat khususnya di Jawa.

6. Kecapi 

Nah selain alat musik pukul, banyak juga alat musik petik yang di Indonesia yaitu kecapi. Asal mula alat musik ini berasal dari Sulawesi Barat.

Meski memiliki bentuk yang sederhana, nada yang dihasilkan mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi pendengarnya.

Dalam pertunjukannya biasa kecapi dimainkan seorang diri. Hal ini dikarenakan kecapi memiliki nada yang unik dan berbeda pada setiap senarnya. Suara yang dihasilkan alat musik ini sangat cocok untuk sarana relaksasi diri.

7. Gong

Dan dari banyak sekali alat musik di Indonesia, gong juga termasuk alat musik yang sampai saat ini masih populer dan sering digunakan di dalam pertunjukkan.

Berbahan dasar dari kuningan, alat ini mampu memberikan efek suara yang inik. Biasanya alat musik ini digunakan dalam pagelaran wayang atau kesenian masyarakat Jawa.

Seiring dengan perkembangan jaman, gong bukan hanya sebagai alat musik saja. Bahkan saat ini gong juga digunakan sebagai simbol tanda perdamaian antar bangsa. Dan biasanya ukuran yang digunakan untuk simbol perdamaian dibuat cukup besar


Baca Juga:

8. Genggong

Pernah tau alat musik satu ini? nama alat musik ini mungkin sedikit terdengar asing di telinga kita.

Genggong ini sendiri berasal dari Sumatra Selatan. Untuk memainkannya yaitu dengan cara ditiup layaknya harmonica

Uniknya, alat musik ini dulunya dipakai oleh para petani ketika beristirahat. Meski terbilang sederhana, nyatanya nada yang dihasilkan juga cukup merdu.

Bentuknya yang simple nyatanya genggong menyimpan sejarah kearifan lokal bagi masyarakat di Sumatra Selatan

9. Saluang

Saluang juga berasal dari Sumatra tepatnya ada di Sumatra Barat. Secara umum alat musik ini mirip dengan seruling. tetapi ada perbedaan terutama pada lubang udaranya.

Pada saluang hanya ada 4 lubang saja dan tentunya nada yang dihasilkan lebih sederhana dibandingkan suling. Selain sebagai alat musik tradisional, ternyata saluang juga memiliki nilai magis. Konon katanya alat ini mampu menghipnotis penontonnya.

10. Tifa

Dan alat musik selanjutnya adalah Tifa, alat musik daerah dari Papua. Alat musik ini merupakan alat musik khas terutama untuk masyarakat Maluku dan Papua.

Cara memainkan tifa adalah cara dipukul dengan bentuk fisik seperti tube. Meski memiliki bentuk yang sederhana tapi tifa ini cukup diminati oleh turis yang sedang berkunjung.

Alat musik ini juga banyak dibeli untuk digunakan sebagai cinderamata. Setiap pembuatan tifa selalu ada ukiran khas Maluku atau Papua yang membuat nilai estetika alat ini semakin tinggi.

Jadi seperti itu beberapa alat musik traadisional yang masih populer di saat ini, kita harus menjaga dan melestarikannya.
Top