15 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Terbaik Untuk Mempercantik Rumah

Komentar

Tanaman hias gantung pada dasarnya adalah sebuah model dalam menata atau mendekorasi tanaman hias rumah. Kalau biasanya tanaman hias ditanam di taman, di halaman rumah, atau ditanam menggunakan pot dan diletakkan di halaman atau teras rumah. Pada model tanaman hias gantung, tanaman ditanam menggunakan pot kemudian digantung.

Pada saat ini tanaman hias gantung memang sangat digandrungi dan disukai oleh masyarakat. Kelebihan tanaman hias gantung adalah membuat rumah terasa lebih sejuk namun memiliki taman atau lahan yang terbatas. Rumah juga akan tampak asri dan sedap dipandang mata bila ada tanaman hias gantung.

Tanaman hias gantung yang indah akan menghidupkan dan memberikan nuansa cantik di suatu sudut rumah. Biasanya para ibu lebih menyukai jenis tanaman hias gantung berbunga untuk lebih mempercantik rumah dan membuat suasana menjadi lebih segar.

Semakin populer dan banyak disukainya tanaman hias gantung, maka kreasi tanaman hias gantung pada saat ini sangat banyak sekali dengan berbagai bentuk variasi dari bermacam-macam jenis tanaman.

Maka dari itu kami akan merekomendasikan beberapa tanaman hias gantung terbaik yang semakin akan mempercantik rumah Anda, berikut diantaranya;

15 Tanaman Hias Gantung Untuk Penyegar Rumah

1. Tanaman Petunia

image from Rooang.com

Tanaman hias gantung ini memiliki warna yang indah dan bervariasai serta mudah dipelihara. Bunga Petonia memiliki warna yang beragam seperti merah, ungu, serta putih. Adapun daun dan batangnya berwarna hijau. Tanaman hias gantung Petunia adalah salah satu tanaman hias gantung populer karena sangat mudah dipelihara. Tanaman Petunia memiliki bunga yang rimbun untuk semakin mempercantik rumah Anda.


2. Tanaman Black Eyed Susan Vine


image from Dekoruma.com

Tanaman ini dinamakan Black Eyed karena memiliki ciri khas warna hitam pada bagian tengahnya seperti mata hitam. Dengan warna kelopak bunga yang bervariasi seperti kuning, merah, dan putih. Merawat tanaman hias Black Eyed Susan Vine tergolong mudah. Jenis bunga Black Eyed Susan Vine yang terpopuler adalah jenis bunga yang berwarna kekuningan karena dianggap mencolok dan cocok dengan ‘mata’-nya yang berwarna gelap. Selain di pagar rumah, tanaman ini juga cocok disusun horizontal di dinding luar rumah.

3. Tanaman Portulaca

image from bungahias.com

Tanaman Portulaca adalah jenis tanaman hias gantung ini cocok ditanam di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan hangat. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama Bunga Krokot. Tanaman ini amat cocok digantungkan untuk memperidah halaman rumah Anda. Memiliki banyak jenis dan warna bunga, tanaman hias gantung ini merupakan tanaman yang sangat mudah dalam hal perawatan, meski pertumbuhannya termasuk sangat lambat.

4. Tanaman Sedum Morganianum

image from pinterest.com

Tanaman hias gantung Sedum Morganianum atau sering disebut dengan nama Kaktus Anggur merupakan tanaman hias yang masih berkerabat dengan kaktus. Tanaman ini memilik sifat  yang membutuhkan banyak cahaya matahari, tapi sedikit air. Hal inilah yang menyebabkan Sedum morganianum sangat mudah dirawat. Sebagian orang menamai tanaman ini Kaktus Anggur. Walaupun tanaman hias gantung yang satu ini tidak memiliki bunga, namun bentuk daun pada tanaman ini pasti akan membuat setiap orang menjadi tertarik.

5. Tanaman Jenggot Putih atau Spanish Moss


image from pinterest.com

Tanaman hias gantung yang satu ini tergolong unik. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama tanaman Jenggot Putih. Tanaman hias gantung ini memiliki warna pucat keputihan dan daun yang berbentung runcing memanjang sehingga seperti untaian rambut berwarna putih. Tanaman ini akan sangat unik dan cantik saat menjuntai kebawah dan sangat mudah perawatannya.

6. Tanaman Creeping Charlie


image from tokopedia.com

Creeping Charlie adalah tanaman hias gantung yang berasal dari Amerika Selatan. Bagi kamu yang menyukai warna atau suasana hijau, tanaman ini sangat cocok di rumah Anda. Ciri khas tanaman ini adalah daunnya yang menyerupai bentuk daun mint dan sifatnya yang menjalar. Tanaman ini sangat cepat pertumbuhannya, biasanya tanaman ini diletakkan di pagar atau dinding taman dan memiliki bunga berwarna keunguan.


7. Tanaman Begonia

image from florafauna.com

Tanaman hias ini juga merupakan tanaman asli daerah tropis dan subtropis. Begonia adalah tanaman hias gantung berbunga yang memiliki banyak sekali varian warna kelopak bunga yang indah. Salah satu tanaman hias gantung yang jadi favorit karena perawatannya yang mudah adalah tanaman Begonia. Tanaman ini Sehingga sangat tepat untuk anda jadikan koleksi di rumah sebagai tanaman hias gantung untuk memanjakan mata. Tanaman ini sangat cocok jika digunakan sebagai tanaman teras maupun sebagai penghias interior di dalam rumah.


8. Tanaman Geranium

image from Agrowindo.com

Tanaman Geranium berasal dari Afrika Selatan yang artinya cocok untuk ditanam sebagai jenis bunga hias gantung di negara tropis seperti Indonesia. Tanaman Geranium merupakan tanaman yang tidak disukai nyamuk. Sehingga tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Karakteristiknya yang menarik, yaitu bunga yang tampil dalam berbagai warna seperti merah, putih, merah mudah, biru ataupun ungu- menjadikannya jenis bunga hias gantung yang menarik perhatian. Tanaman hias ini akan sangat cantik bila di pajang di rumah dengan digantung.


9. Tanaman Million Bells

image from tanamanhias.com

Tanaman hias ini adalah tanaman asli Amerika Selatan. eperti namanya, jenis bunga Million Bells tumbuh dalam jumlah yang banyak dan padat, dengan jarak hanya sekitar 1 inchi antara satu bunga dengan yang lainnya. Dalam satu tanaman ini bisa terdapat bebrapa warna bunga yang tumbuh, diantaranya yaitu  biru, ungu, merah muda, dan kuning. Jadi jangan kaget kalau indahnya bikin sejuk pikiran. Tanaman ini juga sangat disukai karena dapat berbunga dengan berbagai musim.


10. Tanaman Bunga Lipstik Merah

image from mitolam.com

Tanaman ini dinamakan bunga lipstick karena bentuk bunganya yang hampir menyerupai lipstik wanita. Permukan kelopak bunga ini ditumbuhi bulu-bulu halus yang lembut dengan waktu mekar hingga 2-3 minggu. Bentuknya yang jatuh ke bawah pot dan menjuntai turun semakin menambah popularitasnya sebagai jenis bunga hias gantung populer di Indonesia. Tanaman ini tidak hanya berwarna merah namun, ada beberapa warna seperti merah muda, orange, dan kuning.

11. Tanaman Lili Paris

image from kumparan.com

Lili Paris bukanlah tanaman yang berasal dari Prancis melainkan berasal dari Negara Afrika Selatan. Tanaman hias ini mudah dirawat karena sangat mudah untuk beradaptasi. Berbeda dengan tanaman hias gantung sebelumnya yang memiliki karakter menjuntai, tanaman hias gantung Lili Paris justru tumbuh ke atas. Lili Paris memiliki daun panjang, kecil dan meruncing yang mana bagian tulangnya berwarna putih dengan bagian tengah yang berwarna hijau yan sangat cocok menjadi tanaman gantung dirumah Anda.


12. Tanaman Bunga Anggrek

image from kepogaul.com

Daya tarik yang spesial dan elegan menjadikan jenis bunga hias gantung ini tampil sempurna dalam berbagai suasana. Maka dari itu tidak heran kalau Anggrek menjadi salah satu jenis bunga hias yang paling digemari di seluruh dunia. Bunga Anggrek sangat cantik saat mekar dan cocok didalam rumah sebagai hiasan taman dalam rumah tanpa membutuhkan banyak perawatan. Berdasarkan tempat tumbuhnya, tanaman anggrek mempunyai ribuan jenis anggrek yang terbagi dalam anggrek saprofit, epifit, terestrial, dan brassavola.

13. Tanaman Zygocactus

image from Dekoruma.com

Tanaman ini sangat cocok dengan iklim tropis Indonesia. Tanaman ini sangat mudah dirawat karena termasuk dalam golongan kaktus. Bunganya bisa bermekaran dalam corak warna yang indah, mulai dari putih, merah, pink hingga kombinasi. Bentuknya yang tunduk ke bawah saat mekar juga menjadikannya semakin menarik jika digantung. Walaupun pertumbuhan tanaman ini tergolong lambat, namu tanaman ini banyak dipilih untuk mempercantik ruangan indoor.

Baca Juga:


14. Tanaman Pakis Boston

image from Dekoruma.com

Tanaman hias gantung berikutnya adalah Pakis Boston. Seperti namanya, tanaman ini berasal dari Boston. Sudah sejak lama tumbuhan pakis menjadi tanaman hias favorit di Indonesia. Pakis Boston termasuk dalam species tanaman paku-pakuan, dengan ciri khas warna hijau dan daun yang rimbun menjuntai ke bawah pakis Boston dapat anda jadikan koleksi tanaman hias gantung yang menyegarkan mata. Tanaman ini sangat mudah perawatannya dan bagus untuk menyerap polusi udara sehingga dapat membersihkan udara di dalam rumah.


15. Tanaman Green Fall

image from bukalapak.com

Tanaman Green Fall sangatlah cocok guna dijadikan tanaman hias gantung di teras maupun didalam rumah. Tanaman Green Fall merupakan tanaman yang mempunyai ciri khas tumbuh secara memanjang. Bahkan Ukuran panjangnya bisa mencapai 1 meter. Daunnya yang menjuntai berwarna hijau muda segar membuat green fall cocok ditanam di pot tempel dinding atau pot gantung. Saat mulai memanjang dan batangnya menutupi pot, juntaian daun dan batang hijau makin memesona.

Demikianlah artikel tentang 15 rekomendasi tanaman hias gantung terbaik untuk mempercantik rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam mempercantik rumah Anda.
Top