10 Cara Mengatasi Susah Tidur tanpa Obat

 25 Jun 2019  Putri Alh
10 Cara Mengatasi Susah Tidur tanpa Obat

susah tidur images appletreebsd.com

Sebagian orang pernah mengalami insomnia. Apa itu insomnia?Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitannya sulit tidur atau tidak cukup tidur.  Tidur yang baik membuat tubuh merasa segar kembali saat bangun. Mengatasi susah tidur malam hari yaitu dengan meminum susu hangat, jauhkan gadget, dan atur pernapasan.

10 Cara Mengatasi Insomnia (Susah Tidur Malam) Tanpa Obat

  • Mandi dengan Air Hangat. . 
  • Minum Susu Hangat. 
  • Lakukan Hitung Mundur. 
  • Hindari dan Jauhkan Gadget. 
  • Matikan Lampu Kamar. 
  • Turunkan Suhu Otak.
  • Jangan Panjangkan Tidur.
  • Belajar Atur Pernapasan
Mengatasi susah tidur cara islam yaitu dengan membaca Al-Qur'an. Penyebab Insomnia yaitu stress, depresi, perasaan cemas, kondisi medis, masalah psikologis. Mengatasi susah tidur karena kafein yaitu dengan tidak meminum minuman kopi, dan minuman keras. 

Gejala insomnia

  • Kesulitan untuk mulai tidur, meskipun badan merasa lelah
  • Sering terbangun saat tidur
  • Setelah bangun sulit untuk kembali tidur lagi
  • Merasa lelah dan kantuk sepanjang hari
  • Sulit berkonsentrasi dalam hal yang dilakukan
Menangani susah tidur malam hari yaitu kurangi stress, kurangi depresi, dan turunkan suhu otak. Orang dewasa membutuhkan tidur selama tujuh hingga sembilan jam untuk mendapatkan energi.. Merasa susah tidur dan tidak tahu cara mengatasinya? Berikut ini ulasan tentang mengatasi susah tidur

Cara mengatasi susah tidur

1. Lakukan hitung mudur

Pernahkan kalian melihat film kartun yang melakukan hitungan sebelum tidur? Cara tersebut sangat relatif untuk mengatasi insomia. Anda menghitung mundur mulai dari 60. Caranya tatap langit-langit kamar lalu mulailah menghitung mundur. Berdasarkan penelitian, menatap ke atas langit-langit kamar akan merangsang sistem saraf parasimpatis. Kondisi tersebut akan membuat anda menenangkan pikiran dan lebih cepat tidur.

2. Jauhkan dari gadget

Bagi anda yang mengalami masalah sulit tidur, ssebaiknya menjauhkan diri dari gadget. Bermain gadget sebelum tidur hanya akan membuat mata dan otak anda akan merespon dan tidak bisa tidur. Kalau gadget harus dekat usahakan berada dalam mode penerbangan.

3. Matikan lampu kamar

Cara mengatasi insomnia ini cukup efektif dilakukan. Terutama untuk memberikan kenyamanan saat tidur, tidur dalam kondisi kamar yang lampunya menyala akan membuat mata tetap aktif. Jadi agar mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas, pastikan Anda tidur dengan lampu yang dimatikan.

4. Turunkan suhu otak

Penderita insomnia pada umumnya memiliki lobus frontal, ini merupakan bagian otak yang terkait dengan pembelajaran dan perilaku.

5. Jangan panjangkan  tidur

Mereka yang susah tidur di waktu malam akan menambahnya di siang hari, begitu pula ketika malam tiba tidur lebih awal dan bangun telat. Jika kondisi kita masih mengantuk tapi tidak berada dalam jam tidur maka bangunlah dan cari aktivitas supaya tidak akan mengantuk.

6. Atur pernapasan

Latihan diri anda untuk bisa mengatur napas secara perlahan, lakukan latihan atur pernapasan dengan tenang dan berpola. Karena pernapasan yang tenang akan memperlambat deetak jantung. Seluruh tubuh akan merespon dengan baik.

Baca Juga:

7. Baca Al-Qur'an

Jika anda beragama islam, membaca Al-Qur'an bisa menjadi obat tidur. Selain mendapat pahala, membaca Al-Qur'an membuat hati menjadi tenang. Saat anda sulit tidur malam, bacalah Al-Qur'an seperti ayat kursi, surah al-ikhlas atau surat lainnya.

8. Kurangi asupan kafein

Minuman seperti kopi, minuman keras, dan rokok mengandung nikotin dapat memberikan efek stimulan yang membuat badan tetap terjaga. Efek samping dari alkohol membuat anda terbangun di malam hari dan sulit tidur.

9. Lakukan kegiatan pengantar tidur

Kegiatan yang dapat menghantarkan tidur yaitu dengan membaca buku dan mendengarkan musik. mendengarkan musik yang berirama lambat akan mempermudah untuk tidur.

10. Stress

Stress menjadi faktor yang menyebabkan seseorang dapat terkena insomnia. Sulit tertidur walaupun

lelah, hal tersebut dikarenakan tekanan yang ada di pikiran.

Demkian artikel mengenai cara mengatasi susah tidur, semoga bermanfaat.

KOMENTAR