10 Mata Uang Tertinggi di Dunia yang Bikin Kaya Kalau Ditukar ke Rupiah

Komentar
Inilah 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia yang Bikin Kaya Kalau Ditukar ke Rupiah
Image Source: australia.com

Yang dimaksud dengan Currency atau Mata Uang merupakan alat pembayaran transaksi ekonomi yang pada umumnya digunakan oleh suatu Negara.

Misalnya saja Mata Uang Indonesia yaitu Rupiah, Mata Uang Singapura yaitu Dollar, Mata Uang Malaysia yaitu Ringgit, Mata Uang Thailand yaitu Baht, dan lain sebagainya.

Nah, berbicara mengenai mata uang negara, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai daftar mata uang termahal di dunia.

Memanglah hampir setiap negara memiliki mata uang masing-masing. Namun, harga/nilai mata uang suatu negara yang diukur atau dinyatakan dengan mata uang negara lainnya disebut dengan istilah Kurs.

Kurs sendiri sering diartikan juga sebagai Nilai Tukar Mata Uang. Sedangkan itu, yang dimaksud dengan Mata Uang Tertinggi atau Termahal yaitu mata uang suatu negara yang satuannya berharga tinggi jika dibandingkan dengan mata uang negara-negara lainnya.

Lalu apa saja nama mata uang tertinggi di dunia? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan and simak sedikit informasi berikut ini mengenai 10 mata uang tertinggi di dunia.

Daftar 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia


Image Source: beritagar.id

1. Dinar, Kuwait (KWD)

Nilai Tukar dengan USD: USD3,29
Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp46.678,19

Dinar Kuwait mungkin adalah mata uang yang paling tertinggi di dunia, dengan nilai konversi USD maksimum. Itu diperkenalkan ke dalam sistem hukum Kuwait pada 1960 sebagai pengganti rupee Teluk. Dan pada selama tahun-tahun awalnya, Dinar Kuwait setara dengan pound sterling.

2. Dinar, Bahrain (BHD)

Nilai Tukar dengan USD: USD2,65
Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp37.612,74

Kerajaan Bahrain adalah sebuah pulau kecil diantara semenanjung dan pantai timur laut Arab Saudi. Dinar diperkenalkan pada 1965, menggantikan rupee Teluk pada tingkat 10 rupee = 1 dinar. Pada 1980, pemerintah Bahrain secara resmi mematok SDR. Setelah mematok tersebut, mata uang ini ditetapkan pada 1 USD = 0,376 BD Emas 1 BD = USD2,65957. Setelah adopsi Euro, Dinar menjadi unit mata uang bernilai tertinggi kedua di dunia.

3. Rial, Oman (OMR)

Nilai Tukar dengan USD: USD2,59
Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp36.783,31

Seperti sebagian besar negara-negara Teluk, ekonomi Oman sangat tergantung pada ekspor minyak, meskipun ekonominya relatif beragam. Oman memiliki salah satu cadangan minyak terbesar di dunia dengan cadangan 5,5 miliar barel. Rial Oman pertama kali diperkenalkan sebagai mata uang nasional pada 1973, ketika menggantikan rial Saidi (bukan riyal Saudi) setelah perubahan rezim.

4. Dinar, Jordania (JOD)

Nilai Tukar dengan USD: USD1,41
Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp20.006,57

Dinar Jordania diperkenalkan di Kerajaan Hashemite Jordania (secara resmi) pada 1950, 4 tahun setelah Jordania menjadi negara merdeka. Mata uang ini juga secara tidak resmi digunakan di Tepi Barat (wilayah Palestina). Selain itu, Dinar Jordania secara resmi dipatok ke SDR IMF, yang berarti hampir tetap pada tingkat 1 dinar = USD1,41044.

5. Pound Sterling, Inggris (GBP)

Nilai Tukar dengan USD: USD1,32
Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp18.729,84

Pound Sterling Inggris pernah menjadi mata uang dunia, diedarkan secara hukum di berbagai negara dibawah Kerajaan Inggris. Terkadang digunakan bersama mata uang lokal dari negara tersebut. Setelah Perang Dunia II, pound sterling dipatok dengan dolar (AS) pada tingkat £ 1 = USD4,03. Perjanjian ini kemudian dinamai sistem Bretton Woods, yang menentukan nilai tukar global pasca perang.

Baca Juga:

6. Pound, Gibraltar (GIP)

Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp18.656.07

Pound Gibraltar dengan tanda mata uang '£' serta kode perbankan 'GIP', merupakan sebuah mata uang Gibraltar. Bank sentral yang mengendalikan GIP, dengan tanggung jawab mencetak koin dan catatan cetak adalah Pemerintah Gibraltar.

7. Cayman Island Dollar (KYD)

Nilai Tukar dengan USD: USD1,20
Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp17.022,00

Cayman Islands Dollar dengan kode mata uang 'KYD', merupakan sebuah mata uang Kepulauan Cayman di Kep. Karibia. Mata uang ini disingkat dengan tanda "$' (USD), atau juga bisa 'CI $' untuk membedakannya dari mata uang berdenominasi USD lainnya.

8. Euro, Eropa (EUR)

Nilai Tukar dengan USD: USD1,14
Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp16.131,63

Euro (€) atau dengan kode 'EUR', merupakan mata uang yang dipakai oleh 19 negara anggota Uni Eropa. Jika secara giral, mata uang ini mulai dipakai sejak tanggal 1 Januari 1999, akan tetapi secara fisik baru dipakai pada tanggal 1 Januari 2002. Uang kertas Euro di mana-mana rupanya sama, tetapi uang logamnya di belakang berbeda-beda. Uang logam setiap negara diberi lambangnya sendiri.

9. Franc, Swiss

Nilai Tukar dengan USD: USD. 1,00
Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp14.193,54

Franc Swiss (CHF) merupakan sebuah mata uang negara Swiss dan Liechtenstein sejak 1798. Dan mata uang ini pada setiap satuannya dibagi menjadi 100 Rappen (Jerman), Centime (Prancis), dan Centesimi (Italia). Mata uang ini terbagi menjadi 10, 20, 50, 100, 200, 1000 francs.

10. USD Amerika Serikat (AS)

Nilai Tukar dengan USD: 1
Nilai Tukar dengan Rupiah: Rp14.178,50

Dolar AS (USD) adalah mata uang resmi AS. USD juga digunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar AS. Penerbitan uang USD dikontrol oleh sistem perbankan Federal Reserve. Simbol yang paling umum digunakan untuk USD adalah lambang ($). Kode ISO 4217 untuk dolar AS adalah USD; dolar AS juga dirujuk sebagai USD oleh Dana Moneter Internasional.

Demikian penjelasan diatas mengenai daftar nilai mata uang tertinggi di dunia. Semoga bermanfaat!
Top