13 Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut dan Kehidupan Manusia

 25 Jun 2019  Khoirul Rizky F
13 Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut dan Kehidupan Manusia

Manfaat terumbu karang Image Source: gurugeografi.id

Terumbu karang adalah batuan sedimen kapur yang dapat terbentuk karena kalsium karbonat dari biota laut yang menghasilkan kalsium karbonat tersebut dan kemudian terjadi sedimentasi. Untuk sedimentasi pada terumbu ini bisa berasal dari alga ataupun karang.

Nah, berbicara mengenai terumbu karang, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai kegunaan terumbu karang bagi kehidupan manusia maupun bagi biota laut.

Terumbu karang mempunyai manfaat yang besar bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Bukan sekedar menjadi tempat hidup dan berkembang bagi biota laut saja.

Namun, terumbu karang memiliki fungsi dan peran yang tidak dapat diremehkan bagi lingkungan secara keseluruhan (baik di laut, pesisir, maupun darat), serta bagi kehidupan manusia.

Lalu apa saja manfaat terumbu karang? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa manfaat terumbu karang secara umum dibawah ini.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Terumbu Karang

13 Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut dan Kehidupan Manusia

Image Source: news.un.org

1. Sumber Berbagai Obat

Dalam terumbu karang mengandung banyak zat kimia yang sangat berguna untuk dijadikan sebagai obat-obatan bagi kita manusia. Dan saat ini sudah banyak penelitian dan masih terus dilanjutkan untuk menggali lebih jauh tentang kegunaan terumbu karang ini untuk obat manusia.

2. Melindungi Ekosistem Pantai

Kegunaan terumbu karang selanjutnya yaitu untuk menahan dan menghalangi energi gelombang sehingga abrasi dan juga kerusakan di sekitar pantai bisa dihindari.

Sementara dari fisiknya, terumbu karang juga berguna untuk melindungi sekitar area pantau dari erosi dan struktur karang yang sangat keras tersebut akan mencegah kerusakan mangrove atau padang lamun yang berada di sekitar pantai tersebut.

3. Sumber Mata Pencaharian

Karena terumbu karang menjadi tempat tinggalnya berbagi banyak hewan laut dan juga tanaman, maka ini merupakan keuntungan bagi manusia sebagai sumber mata pencaharian.

Bahkan, dalam terumbu karang yang sehat bisa menghasilkan hingga 25 ton ikan  setiap tahunnya. Apalagi dari 132 jenis ikan di Indonesia, 32 diantaranya hidup dan tinggal di terumbu karang dan menjadi komoditi ekspor.

4. Objek Wisata

Terumbu karang yang memiliki penampilan sangat eksotis tersebut juga akan menarik lebih banyak minta dari para wisatawan seperti menyelam untuk menikmati pesona bawah laut yang mengagumkan tersebut.

5. Mengurangi Pemanasan Global

Tidak hanya diserap oleh hutan, gas CO2 juga bisa diserap air laut dan lewat reaksi kimia serta terumbu karang. Dibantu xoozanthellae, CO2 ini akan diubah menjadi zat kapur sebagai bahan baku terumbu karang. Xoozanthellae yaitu tumbuhan bersel satu yang hidup dalam jaringan terumbu karang tersebut.

6. Bahan Kosmetik

Dengan adanya terumbu karang, maka berbagai jenis alga dapat tumbuh dengan baik di terumbu karang tersebut. Nah, alga inilah yang sangat berguna sebagai bahan dasar membuat kosmetik dan juga bahan pembungkus kapsul sehingga kita bisa memakai berbagai produk kecantikan yang sering kita gunakan selama ini.

Baca Juga:

7. Sumber Bibit Budaya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, terumbu karang merupakan tempat tinggal dari berbagai biota laut seperti rumput laut, berbagai jenis ikan, udang dan juga teripang dan ini bisa dimanfaatkan oleh kita sebagai manusia untuk bibit budidaya yang akan memberikan banyak keuntungan.

8. Menunjang Kegiatan Pendidikan

Terumbu karang juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk berbagai kegiatan pendidikan serta penelitian khususnya tentang ekosistem pesisir, pengenalan hewan dan tumbuhan laut serta pendidikan cinta alam, dan juga sarana penelitian.

9. Sarana Rekreasi

Contoh manfaat terumbu karang selanjutnya yaitu sebagai sarana rekreasi. Dengan keindahan terumbu karang mulai dari berbagai bentuk, ukuran serta warna, maka terumbu karang ini bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi masyarakat sebagai tempat melepas penat dan stress setelah seharian beraktivitas.

10. Memiliki Nilai Spiritual

Untuk sebagian masyarakat Indonesia, terumbu karang juga sangat penting untuk mendukung kekayaan spiritual yang dimiliki daerah tersebut, sehingga laut terus dijaga kelestariannya sehingga terumbu karang juga bisa hidup dan tumbuh dengan baik.

11. Penyangga Garis Pantai

Terumbu karang juga mempunyai peranan penting sebagai penyangga garis pantai dan juga menghasilkan pasir pantai yang sering kita injak saat sedang berkunjung ke darah pesisir pantai.

12. Meredam Gelombang dan Tsunami

Jika dilihat secara ekologis, terumbu karang tidak hanya menjadi tempat hidup dari berbagai biota laut, namun juga bisa meredam gelombang air laut pasang atau sering disebut dengan tsunami dan memiliki kegunaan yang sama dengan hutan mangrove.

13. Pewarna Makanan Alami

Pewarna makanan kimia yang terkandung di dalam makanan tentunya akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh yang bisa memicu kanker. Nah, terumbu karang ini ternyata menyimpan kegunaan sebagai bahan pewarna makanan alami yang bisa kita gunakan.

Bakteri Erythrobacter Flavus yang bercampur dengan terumbu karang jenis Acropora inilah yang bisa menghasilkan pigmen atau pewarna beta karoten sebagai sumber pewarna makanan alami.

Demikian penjelasan diatas mengenai beberapa manfaat atau kegunaan terumbu karang laut. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR