10 Kota Tertua di Indonesia

Komentar
Indonesia merupakan salah satu negara dengan begitu banyak kota dan daerah di dalamnya. Indonesia juga negara yang banyak diberkahi keajaiban alam dan budaya. Tak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi para wisatawan luar negeri.

Nah, berbicara mengenai kota-kota di indonesia, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 10 kota tertua di indonesia dengan segala kisah dan sejarahnya.

Meskipun Indonesia sebagai negara baru berusia 73 tahun. Namun, masa peradaban manusia di Indonesia telah ada sejak ribuan tahun lalu, begitu pula kota-kota yang terbentuk di seluruh Indonesia.

Dan juga kota-kota di Indonesia ini kebanyakan terbentuk karena merupakan pusat pemerintahan kerajaan pada masa sebelumnya.

Lalu apa saja nama kota tertua di indonesia? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi berikut ini mengenai 10 kota tertua di indonesia.

Daftar Kota Tertua di Indonesia

10 Kota Tertua di Indonesia
Image Source: phinemo.com

10. Ibu Kota Jakarta

Kota Jakarta punya sejarah yang cukup panjang. Awalnya kota ini berawal dari pelabuhan bernama Sunda Kelapa, daerah kekuasaan Kerajaan Sunda. Pada tanggal 22 Juni 1527, Sunda Kelapa berhasil direbut dari tangan Portugis oleh Fatahillah.

Kota ini kemudian disebut dengan nama Jayakarta, Batavia, dan kemudian Jakarta setelah Indonesia merdeka. Untuk usia Jakarta sendiri sudah 491 tahun dan punya sejarah panjang yang berarti bagi bangsa Indonesia.

9. Bogor

Kerajaan Sunda beribukota di Pajajaran yang diyakini berpusat di Bogor. Pada tanggal 3 Juni 1482, dinobatkannya Prabu Siliwangi sebagai raja di Pajajaran. Dan hari penobatannya ini dijadikan sebagai hari jadi Kota Bogor.

8. Cirebon

Sebagai kota di daerah pesisir, Cirebon berawal dari sebuah desa dan pelabuhan kecil bernama Muara Jati. Desa ini kemudian berkembang jadi kota di masa kerajaan Sunda Galuh. Tanggal berdiri kota udang ini disepakati pada tanggal 31 Desember 1388.

7. Probolinggo

Kawasan yang terletak di tepi pantai ini lahir pada tanggal 4 Sept 1359, di akhir masa Majapahit. Probolinggo terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di tapal kuda pulau Jawa bagian pesisir utara.

6. Surabaya

Tanggal 31 Mei 1293 merupakan momen di mana Raden Wijaya (raja pertama Majapahit) meraih kemenangan atas pasukan Mongol yang datang menyerang Jawa. Hari kemenangan itulah yang dijadikan hari jadi kota Surabaya. Kota ini tumbuh besar terutama semenjak dikuasai Hindia Belanda karena pelabuhannya yang begitu ramai.

5. Banda Aceh

Banda Aceh adalah ibukota Kesultanan Aceh Darussalam, salah satu kerajaan Islam yang paling awal datang ke nusantara.  Hari jadi Banda Aceh adalah 22 April 1205. Kini usia kota yang pernah dihantam tsunami pada tahun 2004 ini sudah mencapai 813 tahun.

4. Magelang

Tanggal 11 April 907 ditetapkan sebagai hari jadi Kota Magelang berdasar sebuah prasasti Mentyasih. Disebutkan dalam prasasti tersebut bahwa Desa Mentyasih dan Desa Glanggang jadi tanah perdikan alias tidak dikenai pajak dan dipimpin oleh seorang patih. Mantyasih inilah yang kemudian berubah nama menjadi Meteseh, sedangkan Glangglang berubah nama menjadi Magelang.

3. Kediri

Menurut prasasti Hairinjing, bertanggal 25 Maret 804, nama Kediri sudah disebut pada tahun tersebut. Pada akhirnya Kediri menjadi besar dan dikenal sebagai kerajaan Panjalu lalu jadi kerajaan Kediri. Kini usia Kediri sudah 1.214 tahun. Sangat tua dan legendaris memang kota yang satu ini.

2. Salatiga

Mirip seperti Magelang, hari jadi Salatiga juga berdasarkan prasasti. Dalam prasasti Plumpungan tahun 750, desa ini dijadikan kawasan perdikan yang tidak dipungut pajak karena berjasa bagi raja. Dengan begitu, usia Salatiga sudah mencapai 1.268 tahun. Nggak nyangka ya sudah setua itu.

1. Palembang

Sejarah Palembang tak bisa dilepaskan dari Kerajaan Sriwijaya. Dalam prasasti Kedukan Bukit disebukan bahwa Palembang sudah berdiri sejak tanggal 17 Juni 683. Kota ini jadi salah satu pusat kejayaan Kerajaan Sriwijaya pada masa itu.

Tak cuma terkenal di nusantara, pamornya sampai ke mancanegara. Usianya kini telah 1.335 tahun. Sehingga menjadikannya kota paling tertua di indonesia dan tak banyak kota di dunia yang lebih tua dari Palembang.

Demikian penjelasan diatas mengenai daftar kota tertua di indonesia. Semoga bermanfaat!
Top