10 Fakta Golongan Darah A, Si Pemimpin yang Dapat Dipercaya

Komentar
10 Fakta Golongan Darah A, Si Pemimpin yang Dapat Dipercaya
Fakta golongan darah a - image from dentmasoci.com

Apakah kamu pemilik golongan darah A? Jika ya, maka ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar golongan darah A, mulai dari kesehatan, risiko penyakit, hingga karakteristik dan sifat golongan darah A. Golongan darah A merupakan salah satu dari 4 golongan darah. Golongan darah terdiri golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB, dan golongan darah O.

Sejak ditemukannya golongan darah A pada tahun 1900, banyak penelitian lain yang berkembang seputar golongan darah ini, termasuk penelitian mengenai watak yang melekat pada mereka. Tipe darah yang mengalir dalam tubuh manusia sering dihubungkan dengan kepribadian saat bersikap dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

Mungkin dinegara kita untuk masalah golongan darah dan sifatnya kurang diperhatikan. Tetapi di negara Jepang dan Korea Selatan, dinegara maju itu sangat mempertimbangkan dalam hal golongan darah, seperti halnya saat perekrutan karyawan, banyak perusahaan-perusahaan  di Jepang dan Korea Selatan yang salah satu pertimbangan utamanya adalah golongan darah, karena orang Jepang dan Korea Selatan percaya bahwa ada hubungan antara kepribadian seseorang dengan golongan darah.

Opini yang beredar di masyarakat maupun dunia medis perihal golongan darah A selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Satu hal yang kerap dibicarakan dari golongan darah A adalah jenis penyakit yang rentan dialami oleh para pemilik golongan darah A, seperti lebih berisiko terkena kanker dan diabetes tipe 2.

Secara Ilmiah golongan darah A memiliki sel darah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen N dalam serum darahnya. Orang bergolongan darah A negatif hanya dapat menerima darah dari golongan darah A negatif atau O negatif.

Sekarang langsung saja ke topik pembahasannya. Pada kali ini wajibbaca.com akan mengulas tentang apa saja fakta fakta golongan darah A. Berikut ulasan lengkapnya;

10 Fakta Golongan Darah A

1. Sangat Terorganisir

Fakta dari golongan darah A yang pertama adalah sangat terorganisir dan perfectionist. Berbeda dengan golongan darah lain yang tak masalah untuk melakukan segala sesuatu secara spontan, berbeda dengan mereka yang memiliki golongan darah A.

Pemilik golongan darah A akan merencanakan sesuatu dengan matang, mengerjakan dengan sepenuh hati dan konsisten, dan itu menjadi kekuatan golongan darah A. Sifatnya ini pun sangat berguna dalam dunia kerjanya. Mereka pun sering membantu rekannya untuk menyusun dan mengelola tugas-tugas kecil.

2. Mempunyai Pendirian yang Kuat

Pemilik golongan darah A memiliki pendirian yang teguh dan prinsip yang kuat. Sosok golongan darah A sangat bisa diandalkan saat kamu membutuhkan suatu pendapat akan dua hal yang berbeda, golongan darah A akan menyampaikan pandangannya dengan jelas. Maka dari itu karakter dari pemilik golongan darah a sangat menyukai berada di dalam rapat atau workshop bersama banyak orang.

3. Sosok Pemimpin yang Dapat Dipercaya

Di korea Selatan, pemilik golongan darah A adalah yang paling dipercaya untuk menjadi seorang pemimpin. Mereka tidak keberatan jika harus mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin. Karena pemilik golongan darah A secara alamiah memiliki daya tarik kepemimpinan di mata orang-orang sekitarnya.

4. Perhatian Pada Orang di Sekitarnya

Fakta golongan darah A selanjutnya adalah memiliki perhatian yang tinggi pada orang disekitarnya. Walaupun mereka terlihat cuek dan dingin, namun jika melihat seseorang mengalami kesulitan mereka tidak segan untuk menolongnya. Untuk soal percintaan, pemilik golongan darah A memiliki sifat perhatian dan peduli pada pasangannya. Dengan kata lain, kamu nggak akan pernah kehabisan rasa kasih sayang dari pasanganmu jika menjalin hubungan dengan pemilik golongan darah A.

5. Pandai Menyembunyikan dan Menjaga Perasaan

Salah satu fakta golongan darah A saat jatuh cinta adalah sosok yang pandai menjaga perasaan orang lain atau pasangannya tetapi dia termasuk orang yang baper alias dibawa perasaan. Melansir dari WhatsMyBloodType, mungkin kamu akan melihat kalau pemilik golongan darah A jarang menunjukkan perasaan mereka terhadap suatu hal. Itu karena mereka sangat pandai menyembunyikannya. Namun ketika sudah nyaman dengan seseoranng, misalnya pasangannya, ia akan menceritakan isi hatinya pada orang itu.


6. Berusaha Adil

Selalu berusaha adil dan bijaksana kepada semua orang merupakan salah satu fakta golongan darah A. Daripada membuat keputusan yang membebankan salah satu pihak, ia berusaha mencari jalan keluar terbaik untuk membuat semua orang nyaman. Ini juga berlaku saat menjalani kehidupan asmara.

7. Sosok Penyabar dan Jujur

Golongan Darah A sangat suka menyembunyikan kemarahannya atau memendam emosinya sendiri, mereka tidak tau bagaimana caranya marah. Mengutip dari Wikipedia, berbeda dengan golongan darah B, pemilik golongan dara A terkenal dengan kesabaran dan kejujurannya. Mungkin kedua alasan inilah yang membuatnya terlihat sebagai sosok pemimpin yang bersahaja dan dikagumi banyak orang.

8. Mudah Bergaul dan Penyayang, Tapi Suka Menyendiri

Fakta golongan darah selanjutnya adalah sosok yang baik hati, mudah bergaul, dan penyayang, tiga kata ini mewakili si A dalam bergaul dengan orang terdekatnya. Maka tak heran kalau si A bisa jadi andalan dan tempat curhat teman-temannya juga memiliki banyak sahabat di sekelilingnya.

Tapi, ada sisi lain dari A yang harus kamu ketahui. Mereka adalah orang yang kreatif dan suka menyendiri. Saat yang lain menikmati liburan mereka dengan pergi ke berbagai tempat hiburan, si A sebenarnya lebih suka menghabiskan waktunya untuk sendiri. Mereka lebih memilih membaca buku, menonton film, atau mungkin sekedar main game di kamar.

Baca Juga:


9. Golongan Darah A Rentan Terhadap Penyakit Diabetes Tipe 2

Ada anggapan bahwa pemilik golongan darah A rentan terhadap penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini terjadi akibat kadar gula darah terlalu tinggi karena tubuh tidak dapat memproses insulin dengan baik. Penyebab diabetes tipe 2 biasanya karena jarang olahraga, genetik, obesitas, dan resistensi insulin.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 80.000-an partisipan, diperoleh fakta bahwasanya memang benar golongan darah A memiliki risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 lebih tinggi dibandingkan mereka yang bergolongan darah B dan O.


10. Golongan Darah A Lebih Berisiko Terkena Kanker

Fakta golongan darah A yang terakhir adalah golongan darah ini juga memiliki risiko penyakit kanker yang lebih tinggi dibandingkan dengan golongan darah lain.

Studi yang dilakukan dengan melibatkan 50.000 responden dengan rentang usia 50 – 70 tahun mendapati jika golongan darah A, bersama dengan golongan darah B dan AB, mempunyai risiko penyakit kanker (terutama kanker pankreas dan kanker lambung) lebih besar ketimbang pemilik golongan darah universal alias O.

Kendati begitu, bagi Anda para pemilik golongan darah A, dengan menerapkan pola hidup sehat dan makan teratur, seharusnya tidak perlu terlalu khawatir dengan fakta ini.

Berikut ulasan tentang beberapa fakta dari golongan darah A yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah wawasan bagi para pembaca.
Top