6 Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami Agar Tak Datang Lagi

 18 Jun 2019  Wahyu Fajar
6 Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Secara Alami Agar Tak Datang Lagi

Cara mengusir nyamuk via liputan6.com

Pernahkah Anda tergigit nyamuk? Pastinya setiap orang pernah tergigit oleh nyamuk, baik orang dewasa maupun anak-anak. Dan pastinya setelah tergigit oleh nyamuk, orang tersebut akan mengalami benjolan yang menyebabkan rasa gatal. Hal inilah yang membuat setiap orang terganggu. Selain itu gigitan nyamuk juga dapat menyebabkan penyakit demam berdarah, malaria, dan lainnya.

Nyamuk merupakan hewan yang sangat mengganggu manusia terutama pada saat di rumah. Meskipun hewan ini tergolong kecil sebaiknya jangan disepelekan. Gigitannya bisa bikin jengkel bahkan jika terlalu keras digaruk akan menimbulkan bekas pada kulit. Nyamuk tidak hanya punya satu jenis tapi beragam, jika Anda sampai berhadapan dengan nyamuk demam berdarah tentu akan sangat berbahaya karena nyawa yang menjadi taruhannya. Tentu sangat menjadikan Anda tidak nyaman karena nyamuk ini.

Nyamuk dapat dikategorikan sebagai serangga pengganggu maupun hama yang dapat merugikan manusia, sebab dengan keberadaannya saja bisa memberikan penyakit untuk manusia. Meski sudah dilakukan pembasmian secara rutin, nyamuk akan tetap berkembang biak. Apalagi pada lingkungan yang kotor dan kurang terjaga kebersihannya, tentu hal ini menjadi faktor mudahnya nyamuk berkembang biak.

Bagaimana cara mengusir nyamuk? Sebenarnya ada banyak cara mengusir nyamuk secara alami dan sangat mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengusir nyamuk ini datang lagi. Tentu cara mengusir nyamuk secara alami ini lebih aman untuk kesehatan. Berikut ini wajibbaca.com akan membagikan bagaimana cara mengusir nyamuk dari rumah yang bisa Anda lakukan supaya tak datang lagi.

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Agar Tak Datang Lagi 

1. Gunakan kelambu

Apakah Anda pernah melihat bayi yang menggunakan kelambu anti nyamuk? Perlu diketahui, memasang kelambu pada tempat tidur Anda ternyata cukup efektif. Cara mengusir nyamuk di kamar dengan memasang kelambu ini terbilang praktis dan efisien. Selain itu, saat ini pun banyak juga beragam model kelambu yang bisa kamu gunakan untuk terhindar dari gigitan nyamuk sekaligus sebagai pelengkap tempat tidur Anda. Bahan kelambu ini bisa dibilang tepat untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Kelambu sendiri merupakan kain yang memiliki lubang-lubang kecil rapat serta memiliki sifat jatuh yang tidak mudah terbuka pada bagian bawahnya.

2. Lilin serai

Cara mengusir nyamuk secara alami selanjutnya yang bisa Anda pakai yaitu lilin serai. Serai merupakan obat nyamuk alami yang telah disudah diteliti. Selain itu, penggunakan lilin serai juga bisa membuat ruang tidur memiliki aroma yang segar. Menggunakan bahan-bahan aroma terapi ini juga bisa membantu Anda untuk menenangkan pikiran dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Jadi tidak ada salahnya Anda menggunakan lilin serai untuk mengusir nyamuk agar tidur semakin nyenyak.

3. Semprotan lavender

Tahukah Anda, bahwa nyamuk sangat membenci aroma lavender. Penggunakan minyak essensial dengan aroma lavender sendiri dapat mampu mengusir nyamuk dari tubuh Anda.

Selain membantu untuk mengusir nyamuk, minyak lavender ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika Anda menyemprotkan ataupun mengoleskan minyak essensial lavender, hal ini juga bisa membantu untuk memberikan efek relaksasi. Selain itu jika sedang datang bulan, kamu bisa untuk mengoleskannya pada bagian perut dan dipijat secara lembut.

4. Gunakan lampu tidur

Bagi sebagian orang, menggunakan lampu tidur justru bisa membuat tidur semakin nyenyak. Nyatanya cara mengusir nyamuk juga bisa menggunakan lampu tidur. Lampu tidur saat ini pun memiliki berbagai variasi, sehingga cocok pula digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Cara mengusir nyamuk menggunakan lampu tidur ini pun bisa dibilang cukup efektif. Hal itu karena beberapa lampu tidur saat ini pun memiliki fitur aroma pengusir nyamuk. Tentu saja selain membuat ruangan menjadi lebih cantik, bisa membuat tidur semakin nyenyak karena dapat terhindar dari nyamuk.

5. Hindari warna cat gelap

Tahukah Anda ternyata warna cat pada sebuah ruangan juga berpengaruh dalam mengusir nyamuk. Hal ini karena nyamuk lebih senang untuk berada di ruangan gelap. Maka dari itu sebaiknya hindari menggunakan warna gelap pada cat dinding kamar. Ada beberapa warna yang tidak disukai oleh nyamuk, diantaranya hijau, putih dan kuning kecoklatan. Mungkin Anda bisa menggunakan warna tersebut untuk diaplikasikan pada dinding kamar Anda.

Baca Juga:

6. Bawang putih

Cara mengusir nyamuk secara alami lainnya ialah menggunakan bawang putih. Bahan yang selalu ada di dapur ini ternyata bisa membantu kamu untuk mengusir nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan bawang putih sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsinya. Akan tetapi jika Anda tidak suka mengkonsumsi bawang putih, Anda tak perlu khawatir.

Anda cukup merebus bawang putih tersebut hingga mendidih. Kemudian air rebusan bawang putih itu kamu tuangkan pada botol spray. Setelah itu Anda bisa menyemprotkannya pada tempat-tempat nyamuk tersebut berkumpul.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengusir nyamuk yang bisa Anda coba di rumah. Selain mencoba cara-cara yang sudah disebutkan diatas, Anda juga perlu meningkatkan kesadaran diri Anda tentang  kebersihan lingkungan.

Demikian penjelasan tentang cara mengusir nyamuk secara alami yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat.