10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

 25 Jun 2019  Putri Alh
10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Images jogja.tribunews.com

Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit. Komedo terbagi menjadi dua yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo terbentuk ketika minyak dan kotoran menumpuk, untuk mengatasinya kamu harus mencari cara menghilangkan komedo secara alami. Cara mengatasi komedo yaitu dengan bahan alami contohnya dengan madu, tomat, lemon, dan jeruk nipis

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung secara alami

  • Air hangat. 
  • Pasta gigi. 
  • Baking soda. 
  • Tepung gandum. 
  • Scrub kopi dan gula.
  • Garam.
  • Lemon.
  • Jeruk nipis.

Faktor munculnya komedo 

  • Menggunakan produk kecantikan yang bahan kimianya berbahaya
  • Kulit kering
  • Sel kulit mati
  • Berkembangnya bakteri secara tidak terkendali
  • Perubahan hormon

Penyebab munculnya komedo hitam yaitu disebabkan oleh debu dan kotoran yang menempel, komedo hitam ini bisa dibilang paling umum dialami oleh setiap orang. Komedo putih disebabkan oleh kotoran dan keringat yang tercampur. Bagaimana cara menangani komedo? Inilah cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda coba dirumah.

Cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat

1. Menggunakan putih telur

10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
Images bangka .tribunews.com

Komedo dapat muncul akibat produksi minyak berlebih pada wajah dan sel-sel kulit mati. Putih telur mengandung asam amino serta asam folat yang bisa mengecilkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Caranya buat masker dari putih telur, lalu oleskan putih telur pada wajah, kemudian lapisi dengan tisu, ulangi penggunaan tersebut, diamkan hingga mengeras dan mengering lalu lepaskan.

2. Pasta gigi

Pasta gigi digunakan untuk menggosok gigi, pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengangkat komedo pada wajah. Caranya carilah pasta gigi yang mengandung bahan alami atau herbal, oleskan pasta gigi pada wajah yang komedo, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Lidah buaya

10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
Images muslimmarket.com

Kandungan zat saponin dan astrigent pada lidah buaya bisa membunuh bakteri pada wajah. Gel yang ada pada daging lidah buaya mampu mengurangi minyak beerlebih pada wajah yang mengakibatkan munculnya komedo.

Caranya kupas lidah buaya, kemudian oleskan gel yang ada pada daging lidah buaya pada wajah, diamkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih, lakukan pengulangan untuk hasil yang maksimal.

4. Menggunakan tomat

Tomat memiliki kandungan antioksidan yang dapat untuk membunuh bakteri-bakteri yang masuk kedalam pori-pori. Caranya blender tomat lalu oleskan pada wajah, gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Madu

Madu dipercaya dapat menghilangkan komedo yang menumpuk pada wajah. Caranya oleskan madu pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Lemon dan jeruk nipis 

Lemon dan jeruk nipis mengandung antioksidan dan vitamin c. Caranya peras lemon atau jeruk nipis, kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit bilas dengan air besih.

Baca Juga:

7. Teh hijau

10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
Images lifestyle.kompas.com

Teh hijau mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit. Selain dikonsumsi, teh memiliki khasiat menghilangkan komedo pada wajah. Caranya, tempelkan ampas teh yang sudah dipakai pada wajah, tunggu sampai 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

8. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, E dan C, yang baik untuk tubuh. Caranya haluskan pepaya kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih.

9. Larutan air garam

Biasanya garam digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan. Tetapi garam memiliki khasiat untuk menghilangkan komedo. Caranya larutkan garam pada semangkuk air panas, kemudian arahkan wajah pada mangkuk agar terkena uapnya. Setelah wajah menjadi lembab, gosok wajah yang berkomedo dengan menggunakan kapas.

10. Yoghurt

Selain memperlancar buang air besar, makanan yang berasal dari fermentasi susu sapi ternyata bisa membantu menghilangkan komedo. Caranya campurkan yoghurt dengan oatmeal hingga seperti pasta, oleskan pada wajah dan gosok secara perlahan lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat.

KOMENTAR