Step By Step, Cara Menggosok Gigi yang Benar

Komentar
Langkah-langkah Cara Menggosok Gigi yang Benar
Cara menggosok gigi yang benar via hellosehat.com

Sudahkah Anda menggosok gigi hari ini? Yah, selain menjaga kebersihan tubuh, menjaga kebersihan mulut juga merupakan hal yang sangat penting juga bagi setiap orang. Hal ini karena, saat kita berinteraksi dengan orang lain, perhatian utama yang akan dituju adalah mulut kita.

Gigi yang putih dan sehat tentunya tidak akan menimbulkan bau yang sedap. Menggosok gigi secara teratur dan benar penting untuk dilakukan agar kesehatan gigi tetap terjaga. Permasalahan gigi seperti gigi berlubang, masalah pada gusi, dan bau mulut, dapat dihindari apabila rutin menyikat gigi.

Dengan menyikat gigi secara rutin, plak maupun sisa makanan yang menempel pada gigi perlahan akan hilang. Agar dapat membersihkan gigi secara menyeluruh, sikat gigi pun harus dilakukan dengan benar agar bakteri dan kuman hilang. Namun, kebanyakan orang justru mengabaikannya.

Hampir semua orang berpikir bahwa mereka sudah tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Namun kenyataannya, banyak orang yang tidak tahu cara menggosok gigi yang benar bahkan salah dalam melakukannya. Lalu bagaimana cara menggosok gigi yang benar?

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa cara menggosok gigi yang benar, sehingga bisa Anda terapkan mulai sekarang. Simak artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang langkah-langkah cara menggosok gigi yang benar.

Langkah-langkah Cara Menggosok Gigi yang Benar

Gigi yang putih dan sehat tentu akan juga dapat menambah kepercayaan diri seseorang. Tahukah Anda bagaimana cara menggosok gigi yang benar?

Urutan Cara Menggosok Gigi yang Benar

  1. Sebelum menyikat gigi, persiapkan terlebih dahulu sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai dengan Anda. 
  2. Sebaiknya pilih pasta gigi yang mengandung fluoride. 
  3. Sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut Anda agar Anda mudah menjangkau bagian gigi terdalam. 
  4. Pilih juga sikat dengan gagang yang nyaman ketika dipegang, sehingga ketika menyikat gigi tidak sampai melukai gusi Anda.
  5. Setelah itu, sikat lidah Anda terlebih dahulu sebelum Anda mulai menyikat gigi. 
  6. Membersihkan lidah penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut. 
  7. Sama seperti dengan menyikat gigi, menyikat lidah juga menggunakan pasta gigi. 
  8. Sikat lidah Anda sejauh yang bisa Anda jangkau karena semakin dalam lidah Anda, di situlah tempat banyaknya bakteri bersarang. 
  9. Sikat lidah Anda dengan lembut dan jangan sampai melukai lidah Anda.
  10. Setelah menyikat lidah, Anda bisa langsung menyikat gigi.
  11. Letakkan bulu sikat pada permukaan gigi, dekat tepi gusi membentuk sudut 45 derajat. 
  12. Anda bisa memulai menyikat gigi dari geraham atas atau pada gigi belakang di salah satu sisi mulut Anda. 
  13. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik pada setiap bagian.
  14. Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. 
  15. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.
  16. Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan Anda, sikatlah gigi secara vertikal menggunakan ujung kepala sikat gigi dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. 
  17. Lakukan gerakan tadi berulang sebanyak 2-3 kali.
  18. Jika Anda memulainya dari bagian geraham atas, maka untuk menyelesaikan sikat gigi Anda terletak pada gigi geraham bawah. Lakukan sikat gigi selam 2-3 menit atau lebih seluruh bagian gigi bersih maksimal.
  19. Terakhir, bilas mulut dan sikat gigi Anda menggunakan air sampai bersih.

Tips tambahan:

  • Jangan menyikat gigi terlalu keras karena dapat menyakitkan gigi dan gusi Anda. Terlalu keras menyikat gigi justru dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) akan terkikis yang lama-lama menimbulkan gigi sensitif.
  • Selain itu, menyikat gigi dengan gerakan lurus (bukan melingkar) bukanlah cara yang efektif. Menyikat gigi dengan gerakan lurus dalam waktu yang lama dapat menimbulkan kerusakan yang permanen pada gusi Anda.

Baca Juga:

Bagaimana mengetahui gigi sudah bersih setelah disikat?

Mungkin kebanyakan orang sering tidak puas setelah menyikat gigi. Ketika Anda merasa gigi Anda belum benar-benar bersih, tentunya Anda akan menyikat gigi lebih lama. Apalagi cara menyikat giginya pun dengan cara yang salah.  Maka dari itu, Anda harus mengetahui bagaimana gigi yang bersih setelah disikat. Cara yang paling mudah untuk mengetahui gigi sudah bersih setelah disikat yaitu dengan merasakan gigi Anda.

Caranya sangat mudah, Anda cukup meraaba gigi dengan lidah apakah sudah halus atau belum. Permukaan gigi yang halus pertanda gigi sudah bersih. Namun, apabila permukaan gigi masih terasa kasar, berarti masih ada plak yang menempel pada gigi Anda.

Nah, itulah tadi beberapa urutan cara menggosok gigi yang benar dan bisa Anda terapkan mulai sekarang. Apabila Anda mempunyai beberapa permasalahan pada gigi Anda, sebaiknya konsultasikan kepada dokter gigi agar mendapat perawatan lebih lanjut.

Demikian penjelasan tentang langkah-langkah cara menggosok gigi yang benar. Semoga bermanfaat.
Top