15 Cara Mengendalikan Emosi Agar Tak Menjadi Penyakit

 15 Jun 2019  Putri Alh
15 Cara Mengendalikan Emosi Agar Tak Menjadi Penyakit

Images pexels.com/Kat Jayne

Emosi adalah perasaan alami di diri setiap orang, termasuk emosi negatif yang bisa hadir kapan pun. Karena Emosi adalah ungkapan perasaan yang keluar dari dalam diri seseorang. Fungsi untuk mengendalikan emosi  yaitu menjadi panutan setiap orang.  Penting untuk diketahui bagaimana cara mengendalikan emosi.

  • Buang pikiran buruk jauh-jauh. 
  • Hindari langsung meluapkan reaksi buruk. 
  • Pancarkan emosi positif.
  • Coba lebih berlapang dada.
Setiap orang memiliki emosi yang berbeda-beda, namun beberapa orang belum bisa mengendalikan emosinya dengan baik. Mengekspresikan emosi secara tepat dan mengetahui cara mengendalikan emosi akan membuat Anda merasa lebih baik. Manfaat mengendalikan emosi yaitu membuat hati terasa tenang dan melancarkan pikiran.

Berikut Cara Mengendalikan Emosi

1. Buang pikiran buruk jauh jauh

Saat sedang dilanda oleh masalah, otak anda akan cenderung lebih fokus memikirkan jalan keluar terbaiknya. Salah satu cara mengendalikan emosi bisa dilakukan dengan berhenti memikirkan kemungkinan yang buruk. Jangan terlalu larut dalam masalah justru biss meringankan beban anda.

2. Pancarkan emosi positif

Membiarkan diri terpuruk dalam kondisi dalam emosi negatif tentu tidak baik. Setelah sudah cukup tenang pikirkan inti dari permasalahan yang membuat Anda terpuruk. petik manfaat baik untuk dijadikan pikiran positif untuk menghalau emosi buruk anda.

3. Dengarkan musik yang menenagkan hati

Cobalah kendalikan rasa marah dengan mendengarkan lagu favorit. Hal ini setidaknya dapat mengalihkan perhatian dan menurunkan tensi ketegangan anda.

4. Intropeksi diri

Tinggalkan situasi terburuk untuk sementara waktu untuk berpikir. Tetap tenang dan ambil nafas dalam-dalam hal ini akan membantu anda menjadi lebih rileks.

5. Memaafkan

Belajar untuk melepaskan semua perasaan negatif. Jangan mendendam, setiap masalah akan terselesaikan bila Anda bisa memaafkan.

6. Cari hal yang lucu 

Hilangkan ketegangan dengan menghibur diri sendiri. Gunakan candaan untuk mengurangi ketegangan.

7. Minum minuman yang menyegarkan

Coba minum minuman dingin, lalu tarik napas dalam-dalam. Ini akan membuat emosi anda berkurang dan menyejukkan hati dan otak.

8. Berdoa 

Jika anda marah berdoalah. Berdoa merupakan langkah yang sangat efektif untuk menghindarkan diri dari rasa marah yang membabi buta.

9. Senam

Senam dapat menghilangkan stress emosional. Jika Anda merasa tingkat kemarahan Anda semakin memuncak, cobalah untuk sejenak keluar jalan kaki atau lari pelan, atau meluangkan waktu melakukan aktivitas fisik favorit Anda yang lain. Hal ini cukup membantu dalam mengatasi emosi anda.

10. Ceritakan pada orang lain

Mencurahkan isi hati anda kepada teman yang anda percaya hal ini akan sangat membantu mengatasi emosi yang anda alami.

11. Menyibukkan diri dengan hobi

Melakukan aktivitas yang membuat anda senang sangat dianjurkan.

12. Cari tempat untuk menyalurkan emosi anda

Tumpahkan perasaan anda di tempat yang sepi dan tenang tanpa menggangu orang lain.

13. Jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan

Jika Anda mulai merasa marah atau bibit emosi mulai muncul, maka sebaiknya tunggu dan jangan buat apa-apa. Jauhkan diri anda dari tempat kejadian.

Baca Juga:

14. Mempelajari hal baru

 Memperoleh ilmu baru dapat dapat membangkitkan kepercayaan diri dan berfungsi sebagai cara mengendalikan emosi.

15 Mengubah reaksi

Pasti pernah terjadi sesuatu yang membuat anda tidak nyaman. Cari tahu kenapa Anda bisa marah dan ingatkan pada diri sendiri jika amarah tidak akan memperbaiki apa-apa, dan mungkin hanya membuat segala sesuatu menjadi lebih buruk.

Demikian artikel mengenai cara mengendalikan emosi. Semoga bermanfaat.