Cara Menambah Tinggi Badan Di Usia 18 Tahun

Komentar

Cara menambah tinggi badan di usia 18 tahun Images dream.co.id

Semua orang mendambakan tinggi badan ideal. Bagi orang-orang yang merasa tubuhnya kurang tinggi lalu berusaha banyak agar dapat menambah tinggi badan. Faktor yang mempengaruhi tinggi badan yaitu faktor genetik, faktor nutrisi, dan faktor aktivitas. Cara menambah tinggi badan alami yaitu dengan memakan makanan bergizi rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Cara menambah tinggi badan dengan cepat
  • Rajin minum susu dengan kalsium tinggi. 
  • Rajin minum air mineral. 
  • Mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi.
  • Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi. 
  • Beristirahat yang cukup. 
  • Tidur dengan posisi yang benar. 
  • Stretching. 
  • Berenang.

Pertumbuhan tinggi badan dimulai sejak memasuki usia remaja. Pada pria, masa pertumbuhan dimulai sejak usia 11 tahun dengan puncak masa pertumbuhan di usia 13 tahun. Pada wanita masa pertumbuhan dimulai usia 9 hingga 10 tahun dengan puncak di usia 11-12 tahun. Beberapa orang memang ada yang terlahir dengan tinggi badan yang tinggi ada juga yang pendek. Cara meningkatkan tinggi badan yaitu dengan cara peregangan, menghentikan kebiasaan tidak sehat, dan lompat.

Cara Menambah Tinggi Badan di Usia 18 Tahun

1. Rajin meminum air mineral

Air mineral merupakan air minum yang mengandung mineral yang mudah larut dan bisa dicerna oleh tubuh. Minum air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya

2. Istirahat yang cukup

Pada saat tubuh beristirahat tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan. Waktu tidur yang sehat minimal 8 jam sehari, dengan tidur yang teratur akan memperlancar produksi hormon.

3. Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi

Makanan beenutrisi adalah makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin. Contoh makanan yang mengandung  nutrisi tinggi yaitu bluberry, goji berries, sawi, biji chia.

4. Mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi

Makanan yang mengandung kalsium tinggi agar bisa membantu untuk memaksimalkan proses tinggi badan. Contoh makanan yang berkalsium tinggi yaitu biji-bijian, sarden, salmon, yogurt, almond, keju, lentil dan kacang

5. Minum susu

Kalsium memiliki zat yang paling penting untuk menjaga tulang agar sehat. Kalsium bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tulang pada anak dan mencegah pengeroposan tulang. Minum susu sebanyak 2 kali sehari dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan tinggi badan.

6. Stretching

Peregangan latihan fisik yang mudah, tujuannya agar otot-otot menjadi lemas dan nyaman. Lakukan peregangan setelah bangun tidur untuk menambah tinggi badan anda

Caranya :

  1.  Lakukan peregangan secara berurutan mulai dari atas hingga bawah
  2. Jangan melakukan peregangan secara acak (tidak berurutan)
  3. Jika melakukan peregangan secara acak dapat menyebabkan peredaran darah menjadi tidak teratur.

7. Berenang

Dengan berenang semua otot-otot tubuh akan digerakkan, sehingga membantu untuk mempercepat pertumbuhan tinggi badan Anda. Cobalah untuk berenang setidaknya sekali dalam seminggu.

8. Melompat

Melompat juga mempengaruhi pertumbuhan tulang kaki anda. Dengan bermain basket dan voli setiap hari akan dapat merangsang pertumbuhan tinggi badan Anda.

Caranya :

  1. Lakukan gerakan melompat setiap hari selama 15 menit
  2. Anda juga bisa melakukannya dengan tali

Baca Juga:

9. Menendang

Gerakan menendang akan membuat otot serta tulang merasakan ditarik yang akan merangsang pertumbuhan. Caranya melakukan gerakan menendang ke depan secara bergantian kaki kanan dan kiri, lakukan secara rutin.

10. Menghentikan kebiasaan tidak sehat

Menghentikan kebiasaan tidak sehat seperti minum minuman keras, merokok, makan junkfood. karena kebiasaan tersebutbakan menghambat pertumbuhan tinggi badan anda.

12. Bersepeda

Bersepeda dapat meragsang pertambahan panjang kaki. Menampak pedal secara rata tidak jinjit, punggut tegap. Jika bersepeda dalam jarak yang jauh, dapat membantu merangsang pertambahan panjang kaki.

Demikian artikel cara menambah tinggi badan semoga bermanfaat.

Top