8 Cara Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan Tanpa Membahayakan Kesehatan

Komentar
8 Cara Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan Tanpa Membahayakan Kesehatan
Cara diet sehat via hellosehat.com

Sudah mencoba menurunkan berat badan dengan berbagai macam cara tapi masih masih belum berhasil? Sudah menjadi keinginan setiap orang untuk menginginkan tubuh yang ideal. Demi mewujudkan impiannya, banyak orang yang memiliki berat badan yang tidak ideal dengan melakukan diet.

Program diet saat ini memang dianggap merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Tapi perlu Anda ketahui juga bahwa diet harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar agar tak sampai membahayakan diri sendiri. Alih-alih berat badan turun, angka ditimbangan malah akan melonjak drastis apabila cara diet salah.

Saat ini, banyak orang yang melakukan diet tidak sehat dengan cara menahan rasa lapar berlebihan serta mengkonsumsi obat diet dari bahan kimia tanpa diketahui efek sampingnya. Sebenarnya, untuk menerapkan diet sehat tanpa menimbulkan efek samping mudah untuk dilakukan.

Tips dan cara diet sehat tidak hanya membuat Anda mendapatkan berat badan yang ideal, tapi juga memiliki tubuh yang sehat. Cara diet sehat ini sangatlah aman untuk dilakukan tanpa menimbulkan efek samping. Anda tidak perlu menyakiti diri sendiri dengan mengurangi porsi makan secara drastis, mengkonsumsi makanan yang tidak disukai, atau bahkan membuat diri sendiri merasa kelaparan.

Nah, pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan bagaimana cara diet sehat yang bisa Anda lakukan mulai sekarang tanpa membahayakan kesehatan Anda. Bagaimana cara diet sehat secara alami? Simak artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara diet sehat yang benar.

Cara Diet Sehat Tanpa Membahayakan Kesehatan Tubuh

1. Jangan biarkan tubuh kelaparan

Diet yang salah dan banyak dilakukan adalah menahan lapar yang berlebihan. Kasus ini sudah banyak terjadi dan seringkali tidak memberikan hasil yang diinginkan. Membiarkan perut hingga kondisi sangat lapar hanya akan membuat Anda semakin sulit menahan nafsu saat ada makanan. Akibatnya, Anda akan melupakan cara diet sehat dengan memakan apapun yang ada di depan mata.

Untuk mengatasinya, Anda dapat makan dengan porsi kecil tapi bergizi tinggi seperti telur rebus, greek yoghurt atau pisang yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh tanpa meninggalkan kalori yang berlebihan.

2. Kunyah dengan benar

Cara diet sehat selanjutnya adalah memperhatikan cara mengunyah. Mengunyah makanan yang benar dapat membantu Anda merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Lebih singkatnya yaitu mengatur durasi makan. Contohnya seperti memberi waktu 15 menit untuk menghabiskan makanan kemudian berhenti beberapa saat. Dengan cara ini, Anda dapat memberi jeda waktu yang cukup pada proses pencernaan.

3. Perhatikan asupan nutrisi

Cara diet sehat yang perlu diperhatikan lagi adalah asupan nutrisi dari makanan. Tubuh manusia membutuhkan 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Pilihlah buah yang cocok dikonsumsi rutin untuk diet.

4. Memastikan tubuh selalu terhidrasi oleh air putih

Air merupakan salah satu kebutuhan dalam tubuh yang paling penting untuk tubuh. Perlu Anda ketahui, kebutuhan air setiap orang tentunya berbeda-beda. Dengan meminum air lebih banyak dipercaya dapat mendukung diet alami lebih efektif. Caranya, cobalah minum air paling tidak 2 liter sehari. Dengan begitu, tubuh Anda akan terasa kenyang lebih lama jika kebutuhan air tubuh Anda tercukupi.

5. Kurangi konsumsi garam

Mengurangi konsumsi garam berlebih juga merupakan salah satu cara diet sehat yang aman untuk dicoba. Mengkonsumsi sodium berlebihan bisa membuat tubuh kesulitan untuk memproses metabolisme lemak.

Maka dari itu, mulai saat ini cobalah dengan membiasakan diri untuk mengkonsumsi sayur, ayam, atau telur tanpa tambahan garam. Untuk tetap mendapatkan rasa gurih pada masakan, Anda bisa menggunakan garam laut asli yang mengandung lebih sedikit sodium. Dengan mengurangi konsumsi garam, tekanan darah dalam tubuh Anda akan ikut terkontrol dengan baik.

6. Jadikan apel sebagai camilan wajib

Buah apel punya banyak manfaat bagi tubuh terutama dalam melakukan cara diet sehat. Buah apel memiliki kalori dan kandungan protein dan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh Anda dalam menahan nafsu makan. Selain itu, apel juga dapat mengatur kadar gula darah agar tetap stabil. Mengkonsumsi apel bersama kulitnya paling tidak dua kali sehari bisa menjadi salah satu cara diet sehat Anda.

7. Bakar kalori dengan rajin olahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin bukan hanya membuat tubuh menjadi sehat tetapi juga dapat menjadi cara diet sehat. Olahraga yang dilakukan rutin tidak hanya mampu mencapai berat badan ideal, tapi juga menyeimbangkan kalori yang masuk dalam tubuh.

Maka dari itu, luangkan waktu Anda dengan melakukan olahraga secara rutin. Misalnya lari selama 150 menit per minggu, beralih menggunakan tangga daripada lift, atau rajin berjalan kaki. Selain itu, olahraga juga tidak hanya dapat membantu cara diet sehatmu, tapi juga bagus untuk kebugaran dan kesehatan tubuh terutama organ jantung.

Baca Juga:

8. Tidur cukup

Perlu Anda ketahui, tidur juga merupakan cara diet sehat yang alami. Tubuh manusia selain membutuhkan olahraga, tapi juga perlu tidur yang cukup. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kebiasaan kurang tidur dapat menimbulkan beberapa penyakit, salah satunya risiko diabetes. Hal ini menyebabkan metabolisme tubuh terhambat sehingga tidak maksimal.

Agar tubuh Anda mendapatkan energi maksimal, perbaiki gaya hidup Anda dengan tidur yang cukup. Misalnya 6 hingga 8 jam sehari. Dengan begitu, metabolisme tubuh Anda akan tercukupi dengan baik dan berat badan ideal akan tercapai.

Nah, itulah tadi beberapa cara diet sehat untuk turunkan berat badan tanpa membahayakan tubuh yang bisa Anda coba. Selain itu, Anda juga haru selalu menerapkan pola hidup sehat agar program diet berjalan dengan baik.

Demikian penjelasan tentang cara diet sehat menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.
Top