Akibat Buruk Pergaulan Bebas Bagi Para Remaja

 18 Jun 2019  Putri Alh
Akibat Buruk Pergaulan Bebas Bagi Para Remaja

Images balubu.com

Pengertian Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas kewajiban, tuntutan,aturan, syarat,dan perasaan malu. Pergaulan bebas patut menjadi perhatian terutama dikalangan remaja, karena pergaulan bebas sudah menjadi gaya hidup bagi remaja. Masa remaja adalah masa ketika mencari identitas, mencoba sesuatu yang baru dalam hidupnya. Akibat pergaulan bebas perlu disosialisasikan, ditekankan kepada anak remaja dan anak muda jaman sekarang.

Sebagai remaja pernahkah kamu berfikir pergaulan disekitarmu memaksamu untuk mengikutinya? apa pengaruh bagi kalian?

Faktor penyebab pergaulan bebas yaitu:

  • Rendahnya taraf pendidikan keluarga yaitu keluarga mengizinkan anak berpacaran tanpa ada pengawasan orang tua menyebabkan anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.
  • Orang tua tidak memperhatikan pergaulan anak, orang tua sibuk dengan pekerjaannya sehingga anak tidak diperhatikan.
  • Kurang berhati-hati dalam berteman yaitu teman kita menyuruh kita kearah yang tidak baik.

Supaya remaja tidak terjebak dalam pergaulan bebas maka orang tua harus memperhatikan anaknya agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Dampak negatif pergaulan bebas yaitu tawuran remaja, seks bebas, minum minuman keras, merokok, dan narkoba. Pemicu pergaulan bebas yaitu kurang perhatiannya orang tua kepada anaknya. Orang tua harus waspadai pergaulan anak-anak jaman sekarang karena pergaulan jaman sekarang sudah banyak melanggar norma-norma agama.

Berikut akibat dari pergaulan bebas:

1. Drop out dari sekolah

Faktor yang menyebabkan siswa di drop out dari sekolah yaitu kemiskinan dan dampak dari pergaulan bebas. Contohnya hamil di luar nikah, karena malu siswi keluar dari sekolah atau dikeluarkan dari sekolah. Banyak siswi yang melakukan aborsi secara ilegal.

2. Kesehatan bermasalah

Banyak pelajar yang terjangkit penyakit berbahaya karena mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

3. Prestasi akademik menurun

Pelajar tidak lagi berkonsentrasi dengan pelajaran. Pikirannya hanya fokus hanya bersenang-senang tanpa peduli dengan pelajaran.

4. Anak menjadi liar

Pergaulan bebas menjadikan anak liar, apalagi saat anak masih duduk dibangku sekolah. Orang tua harus mengetahui mengenai kegiatan yang dilakukan anaknya.

5. Tawuran

Tawuran antar pelajar yang merusak citra pada sekolahnya. Akibat tawuran pelajar yaitu luka-luka karena terkena batu, skorsing, di drop out dari sekolah, masuk penjara. Cara menghindari tawuran yaitu mengikuti aturan orang tua, menolak ajakan teman yang ingin kita mengikuti tawuran, melakukan kegiatan positif, dan hindari lingkungan yang melanggar norma.

6. Malas untuk beribadah

Seseorang yang sudah terjerumus kedalam pergaulan bebas biasanya akan malas untuk beribadah. karena sudah terpedaya untuk melakukan hal-hal yang negatif.

7. Menambah dosa 

Tindakan pergaulan bebas bertentangan dengan ajaran agama apabila dilakukan akan menyebabkan dosa bagi yang melakukannya.

Baca Juga:

8. Berfoya-foya

Berfoya-foya disebabkan dari seseorang yang terjerumus kedalam pergaulan bebas. para pelaku pergaulan bebas cenderung memiliki kebiasaan seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang, minum-minuman keras, hubungan diluar nikah.

9. Memudarnya ilmu pengetahuan

Apabila remaja yang sudah terjerumus ke pergaulan bebas akan mengakibatkan malas belajar, menurunnya prestasi dan malas sekolah. Sudah dapat dipastikan bahwa ilmu pengetahuan yang telah dipelajari akan memudar.

10. Meningkatkan disharmoni keluarga

Karena permasalahan keluarga belum selesai-selesai, seorang anak melampiaskan kekesalannya dengan bergaul secara bebas dengan teman-teman. Orang tua akan memarahi anaknya bahkan menggunakan kekerasan, komunikasi keluarga akan semakin renggang.

Demikian mengenai artikel akibat pergaulan bebas, semoga bermanfaat.