10 Sungai Terbesar di Indonesia Beserta Letaknya

Komentar
10 Sungai Terbesar di Indonesia Beserta Gambarnya
Image Source: goodnewsfromindonesia.id

Salah satu bentuk penampakan alam yang ada di bumi ini adalah sungai. Sungai ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia terutama sekitar sungai.

Dan pada saat ini dari berbagi daftar sungai di Indonesia sudah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan yang bisa memberikan manfaat lebih banyak bagi penduduk disekitarnya maupun untuk masyarakat luas.

Nah, Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan terdiri dari ribuan pulau ini. Bukan hal yang mengherankan lagi jika memiliki lebih dari seratus sungai baik yang berukuran kecil maupun besar. Oleh karena itu, pada kali ini poin utama yang akan dibahas adalah 10 sungai terbesar di indonesia serta gambarnya.

Apalagi pada hampir setiap pulaunya, terdapat sungai–sungai yang mengalir. Bahkan mengalir sungai-sungai terpanjang yang panjangnya mencapai ratusan bahkan hingga seribu lebih kilometer.

Dan juga pada umumunya beberapa sungai sungai terpanjang dan terbesar di indonesia ini terletak di pulau-pulau besar seperti Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Papua.

Selain itu, beberapa sungai tersebut bahkan mendapatkan sebutan sebagai sungai terbesar dan terpanjang. Lalu apa sajakah daftar nama sungai terbesar di indonesia? Berikut ini 10 nama sungai terbesar di indonesia yang ada di Indonesia.

Baca Juga:

Berikut Ini Sungai-sungai Terbesar di Indonesia

1. Sungai Kapuas


Image Source: kelasips.co.id

Dengan panjang total sampai 1.143 km, Sungai Kapuas tercatat sebagai sungai terpanjang di Kalimantan dan juga di Indonesia. Sungai yang mengalirkan air dari mata air Pegunungan Muller sampai ke muara sungai di Selat Karimata tersebut terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai tersebut masih sedikit terjaga dan dilindungi kelestariannya karena diperoleh hutan hujan tropis yang masih dilindungi dan terjaga dibagian hulu Sungai Kapuas.

2. Sungai Mahakam


Image Source: kelasips.co.id

Sungai Mahakam adalah sungai terpanjang di Kalimantan Timur, sungai tersebut juga sebagai salah satu sungai terpanjang kedua di Indonesia. Sungai yang bermuara di Selat Makassar tersebut mempunyai panjang sekitar 980 km. Sampai saat ini, Sungai Mahakam mempunyai peranan yang sangat vital bagi masyarakat setembat sebagai sumber pengairan, lahan perikanan dan juga sarana transportasi umum.

3. Sungai Barito


Image Source: kelasips.co.id

Sama seperti Sungai Kapuas, Sungai Barito juga terletak di Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Tengah. Hulu Sungai Barito berada di Pegunungan Muller yang mengalirkan air sampai ke Laut Jawa. Sungai yang mempunyai nama Lain Sungai Banjar dan Sungai China tersebut mempunyai panjang sekitar 890 km dan menjadikannya sebagai salah satu sungai terpanjang ketiga di Kalimantan dan di Indonesia.

4. Sungai Batanghari


Image Source: kelasips.co.id

Sungai terpanjang dan terbesar di Pulau Sumatera adalah Sungai batanghari dengan panjang sungai sekitar 800 km dan lebar sungai berkisar antara 200 hingga 650 meter. Sungai tersebut melintas di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, mengalirkan air dari Gunung Rasan sampai Laut China Selatan. Sungai tersebut menjadi saksi sejarah peradaban Melayu, yaitu Kerajaan Melayu, Sriwijaya dan Dharmasraya.

5. Sungai Musi


Image Source: kelasips.co.id

Sungai Musi terkenal sebagai salah satu ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera dan sungai terpanjang ke-5 di Indonesia dengan panjang mencapai 750 km. Sungai tersebut mengalirkan air dari mata air di kawasan Kepahiang (Bengkulu) sampai ke Selat Bangka. Sampai saat ini, Sungai Musi terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi Masyarakat Sumatera Selatan.

6. Sungai Mamberamo


Image Source: kelasips.co.id

Sungai terpanjang selanjutnya adalah Sungai Mamberamo yang terletak di Papua. Sungai terebut mempunyai panjang sekitar 670 km yang menjadikannya sungai terpanjang di Papua dan sungai terpanjang ke-6 di Indonesia. Sungai Mamberamo mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat tinggi sehingga banyak yang menjulukinya dengan sebutan “Amazon-nya Indonesia”.

7. Sungai Bengawan Solo


Image Source: kelasips.co.id

Sungai Bengawan Solo sudah mendunia, karena namanya yang dijadikan judul sebuah lagu keroncong yang legendaris. Sungai tersebut adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa dengan panjang sungai sekitar 600 km yang mengalir di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sungai tersebut mengalir dari hulu sungai di Pegunungan Kidul sampai ke muara di kawasan Gresik.

8. Sungai Kahayan


Image Source: kelasips.co.id

Salah satu sungai terpanjang selanjutnya di Indonesia adalah Sungai Kahayan, tepatnya berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sungai yang bermuara di Laut Jawa tersebut mempunyai panjang sekitar 600 km. Sungai Kahayan adalah salah satu onjek wisata andalan yang ditawarkan oleh Pemerintah Kalimantan Tengah, khususnya wisata susur Sungai Kahayan yang saat ini sangat digandrungi para wisatawan.

9. Sungai Digul


Image Source: kelasips.co.id

Selain Sungai Memebramo, Papua juga mempunyai sungai yang tidak kalah panjangnya, yakni Sungai Digul. Sungai yang mempunyai sebutan tanah merah tersebut mempunyai panjang sekitar 525 km. Dinamakan tanah merah karena apabila waktu musim penghujan tiba sungai tersebut akan menjadi merah, keruh karena tipe tanah yang berlumbur. Sungai tersebut mengalirkan air dari mata air di Pegunungan Sterren sampai ke Laut Arafuru.

10. Sungai Indragiri


Image Source: kelasips.co.id

Sungai Indragiri adalah salah satu sungai terpanjang ketiga di pulau Sumatera, aliran sungai tersebut melintasi Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Menurut catatan, panjang sungai tersebut mencapai 500 km dengan kedalaman sungai antara 6 sampai 8 meter. Sungai terebut mengalirkan air dari daerah Singkarak, Sumatera Selatan ke perairan Laut China Selatan.

Demikian penjelasan diatas tentang sungai terbesar di indonesia beserta letaknya. Dan juga semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Top