Obat Sakit Pinggang Alami Serta Makanan yang Harus Dihindari

 27 May 2019  Wahyu Fajar
Obat Sakit Pinggang Alami Serta Makanan yang Harus Dihindari

Image hellosehat.com

Sebagian orang pasti pernah mengalami keluhan sakit pinggang. Sakit pinggang dapat dirasakan, karena rasa nyeri yang terjadi pada daerah punggung bagian bawah (pinggang). Sakit pinggang sangatlah membuat aktivitas Anda sehari-hari jadi tidak nyaman. Mari ketahui penyebab dan obat sakit pinggang yang bisa Anda gunakan ketika kambuh.

Sakit pinggang adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita oleh kebanyakan orang terutama lansia. Sakit pinggang mempunyai rasa nyeri pada daerah punggung bagian bawah pinggang. Sakit pinggang juga bisa menyebabkan rasa sakit ringan maupun parah. Namun, Anda tidak perlu panik, karena rasa nyeri pada pinggang ini dapat diatasi dengan berbagai macam obat sakit pinggang.

Apa itu obat sakit pinggang? Sebelum mengkonsumsi obat-obatan dan pergi ke dokter, sakit pinggang bisa diredam dengan pertolongan pertama yaitu dengan obat skit pinggang alami. Dengan mengetahui obat sakit pinggang alami yang akan wajibbaca.com bahas ini, Anda dapat meringankan sakit pinggang yang dialami.

Ada banyak pilihan obat sakit pinggang alami yang bisa Anda coba. Simak beberapa macam obat sakit pinggang tradisional yang ampuh dalam artikel ini.

Baca Juga:

Kenapa seseorang bisa mengalami sakit pinggang?

Sakit pinggang disebabkan oleh banyak hal, namun penyebab sakit pinggang yang sering terjadi adalah karena otot atau ligamen terkilir akibat meregang berlebihan. Hal ini disebabkan karena Anda sering mengangkat benda berat dengan posisi tubuh yang tidak tepat.

Selain itu, kelainan bawaan pada tulang belakang serta kondisi medis tertentu seperti saraf kejepit, radang sendi panggul, osteoporosis, stenosis tulang belakang, spondilolistesis serta obesitas juga bisa jadi penyebab sakit pinggang.

Obat sakit pinggang dengan resep dokter

Berikut ini beberapa obat sakit pinggang yang sering diresepkan dokter yang umumnya hanya untuk mengurangi rasa sakit:

1. Obat pereda nyeri

Obat-obatan seperti ibuprofen atau natrium naproksen dapat meredakan nyeri pinggang akut. Obat-obatan pereda nyeri ini dapat Anda temukan di toko obat tanpa resep dokter. Pastikan Anda mengkonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan.

Perlu diketahui juga, penggunakan obat pereda nyeri secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang serius. Apabila obat ini tidak menghilangkan rasa sakit Anda, dokter akan memberikan obat pereda resep dengan dosis yang lebih tinggi.

2. Penghilang rasa sakit topikal

Menggunakan obat penghilang rasa sakit topikal mungkin bisa membantu meringankan sakit pinggang Anda. Anda dapat menempelkan koyo atau mengoleskan salep pada daerah yang terasa nyeri. Obat-obatan penghilang rasa sakit ini dapat Anda beli di warung atau toko obat tanpa resep dokter.

3. Relaksan otot

Dokter juga mungkin akan meresepkan relaksan otot sebagai obat sakit pinggang jika kondisi Anda tidak membaik. Relaksan otot biasanya digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk sakit punggung yang berhubungan dengan kejang otot. Beberapa obat relaksan otot yang umum termasuk baclofen, cyclobenzaprine (Flexeril ®), carisoprodol (Soma®) dan eperison (Myonal ®).

Perlu Anda perhatikan juga, obat ini dapat membuat Anda pusing dan mengantuk. Pastikan Anda mengkonsumsinya saat berkendara atau menjalankan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

4. Antidepresan

Antidepresan biasanya digunakan untuk mengobati depresi. Tetapi, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati sakit dengan mengubah senyawa kimia dalam otak, khususnya serotonin dan norepinefrin. Senyawa kimia otak ini telah terbukti mempengaruhi reseptor nyeri serta reseptor mood. Pengobatan ini dapat digunakan untuk mengontrol rasa sakit pada orang yang memiliki nyeri kronis.

5. Suntik kortison

Apabila obat sakit pinggang yang sudah disebutkan di atas tidak membuat kondisi Anda membaik, dokter akan melakukan suntik kortison di sekitar sumsum tulang belakang Anda. Suntik kortison yang dilakukan akan mengurangi peradangan sementara di sekitar saraf.

6. Opioid

Opioid adalah obat penghilang rasa sakit lebih kuat yang sering digunakan untuk nyeri yang lebih parah. Sehingga obat ini perlu resep dari dokter dan pemantauan berkala. Hal ini juga dapat mempengaruhi detak jantung dan pernafasan. Contoh obat opioid seperti morfin, fentanyl, oksikodon, dan kodein. Oleh sebab itu, bicaralah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat ini.

Obat tradisional sakit pinggang tradisional

Obat Sakit Pinggang Alami Serta Makanan yang Harus Dihindari
Image hellosehat.com

Obat-obatan farmasi mungkin bukan satu-satunya jalan untuk menghilangkan rasa sakit. Pasalnya ada beberapa pilihan obat sakit pinggang herbal yang mungkin dapat membantu meringankan kondisi Anda.

Apa obat sakit pinggang alami? Berikut ini beberapa obat tradisional sakit pinggang yang bisa Anda coba:

1. Capsaicin

Capsaicin adalah senyawa yang terkandung dalam cabai atau bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas. Senyawa ini bekerja dengan mengurangi zat alami tertentu dalam tubuh Anda (substansi P) yang membantu meloloskan sinyal rasa sakit ke otak.

Dalam dunia medis, capsaicin dapat dimanfatkan sebagai zat aktif yang digunakan untuk membantu mengobati sakit ringan dan nyeri otot/sendi, misalnya arthritis, sakit punggung, atau keseleo. Obat ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisonal sakit pinggang dan nyeri saraf.

2. Jahe

Meskipun studi lebih lanjut diperlukan, namun penelitian terbaru menyebutkan jika ekstrak jahe dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot karena mengandung phytochemical. Kandungan Phytochemical adalah senyawa yang membantu menghentikan peradangan, sehingga dapat dijadikan obat tradisional sakit pinggang.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien yang secara teratur diberikan jahe mengalami perbaikan yang signifikan dalam rasa sakit, bengkak, dan rasa kaku.

3. Feverfew

Feverfew telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit kepala, sakit perut, dan sakit gigi. Namun obat herbal ini juga bisa digunakan untuk migrain dan arthritis. Tetapi, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan feverfew ini efektif obat sakit pinggang.

4. Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan herbal yang punya banyak manfaat. Sebuah penelitian menemukan bahwa kunyit dapat meredakan nyeri sendi secara efektif.

Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya sebagai antiperadangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi. Namun, mengkonsumsinya dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sehingga, konsultasikanlah terlebih dahulu ke dokter mengkonsumsinya.

Pilihan obat sakit pinggang lainnya yang bisa dicoba

Selain berbagai pilihan obat tradisional sakit pinggang di atas, sakit pinggang ringan dapat membaik dengan obat sakit pinggang alami. Berikut ini beberapa obat sakit pinggang alami yang bisa Anda coba.

1. Kompres dingin atau panas

Kompres dingin atau panas adalah obat sakit pinggang herbal dan alami. Jangan anggap remeh, karena cara ini efektif untuk membantu proses penyembuhan sakit pinggang.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa pemberian kompres dingin selama 24-48 jam (1-2 hari) hari setelah cedera dapat mengurangi peradangan. Setelah kurang lebih 48 jam, Anda dapat beralih ke kompres panas.

Saat menggunakan cara ini, penting untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit supaya kulit Anda tidak sakit. Jika nyeri tak kunjung reda segera konsultasikan ke dokter.

2. Berendam air hangat

Saat Anda berendam air hangat, saraf dan otot yang menegang akan mengendur sehingga membuat Anda jadi lebih rileks. Selain itu, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin yang dapat menghilangkan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat sakit pinggang herbal. Mandi air hangat 2-3 jam sebelum tidur bisa jadi pilihan terbaik.

3. Aktif bergerak

Aktif bergerak sebenarnya adalah obat tradisional sakit pinggang yang paling mudah Anda lakukan. Anda tidak perlu melakukan gerakan yang berat, cukup jalan kaki saja akan membantu Anda mengurangi sakit pinggang. Jika keadaan sudah membaik, rutinlah melakukan olahaga untuk mencegah sakit pinggang. Obat sakit pinggang alami sebenarnya hanya berusaha untuk bergerak setiap hari.

4. Pakai sepatu hak rendah

Ketika Anda sedang sakit pinggang, sebaiknya hindari menggunakan sepatu hak tinggi untuk beraktivitas. Gantilah sepatu dengan sandal atau yang lainnya. Hal ini karena sepatu hak tinggi akan membuat postur tubuh Anda jadi tidak stabil. Sehingga malah akan meningkatkan tekanan pada pinggang Anda.

5. Lakukan peregangan

Terlalu lama duduk dan menatap layar monitor dapat menyebabkan sakit pinggang. Itu sebabnya, jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk lama, lakukanlah peregangan ringan setiap 20 menit sekali. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara bangun dari tempat duduk Anda dan berjalannya beberapa langkah.

Bila perlu, rancang ruang kerja sehingga Anda tidak perlu membungkuk terlalu lama saat melihat monitor. Gunakan kursi dan meja yang memberikan kenyamanan pada pinggang dan kaki Anda sehingga dapat membuat postur tubuh Anda tetap baik. Jadi mulai sekarang, sering-sering lakukan peregangan sebagai obat sakit punggung alami.

6. Ubah posisi tidur

Ketika Anda tidur, penting untuk menjaga lekukan alami tulang belakang dengan memastikan kepala, bahu, dan pinggul berada dalam keadaan yang selaras. Posisi tidur yang buruk bisa memberi tekanan pada bagian-bagian tersebut yang dapat memperparah rasa sakit pada bagian pinggang belakang. Oleh karena itu, penting bagi untuk memerhatikan posisi tidur sebagai obat tradisonal sakit pinggang yang tengah Anda alami. 

Makanan yang tepat untuk obat sakit pinggang alami

Obat Sakit Pinggang Alami Serta Makanan yang Harus Dihindari
Image Source: hellosehat.com

1. Makanan tinggi protein

Daging ayam, kalkun, dan ikan mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan daging sapi tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan. Makanan mengandung protein akan membantu proses pemulihan otot dan tulang Anda sehingga cocok sebagai obat sakit pinggang herbal.

Tapi jika Anda punya penyakit asam urat atau hipertensi, konsultasikan dulu dengan dokter Anda makanan sumber protein mana yang paling aman dikonsumsi sebagai obat sakit pinggang herbal.

2. Buah dan sayur

Pilih buah dan sayur berwarna pekat atau terang, karenauah dan sayur yang kaya akan warna lebih cepat melawan peradangan pada otot-otot di punggung bawah dan pinggang. Contohnya seperti wortel, buah bit, ubi, anggur, buah delima, dan semangka sebagai obat tradisional sakit pinggang. Selain itu, sayuran yang mengandung magnesium seperti bayam, alpukat, dan pisang juga baik untuk melemaskan otot.

3. Makanan tinggi kalium

Kalium ternyata dapat mengurangi pembengkakan, misalnya pada bagian otot-otot pinggang. Makanan tinggi kalium pisang, tomat, kentang, dan yogurt bisa Anda konsumsi sebagai obat sakit pinggang alami.

4. Makanan tinggi asam lemak omega-3

Sejumlah penelitian telah membuktikan kalau asam lemak omega-3 manjur untuk mengobati peradangan otot. Ini karena asam lemak omega-3 mampu mengendalikan reaksi imun dalam tubuh.

Maka, untuk meradakan peradangan otot di bagian pinggang, tambah asupan asam lemak omega-3 Anda sehari-hari. Anda dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dari ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, telur, serta kacang kedelai.

Makanan yang harus dihindari saat Anda sedang sakit pinggang

Biasanya nyeri pinggang akan menyerang ketika sudah terjadi peradangan di bagian otot atau sendi. Itu sebabnya, Anda harus menghindari beragam jenis makanan dan minuman yang bisa memperparah radang. Berikut ini beberapa pantangan yang harus dihindari ketika sakit pinggang.

1. Makanan dan minuman tinggi gula

Pantangan sakit pinggang yang pertama adalah menghindari jenis makanan dan minuman yang tinggi gula. Hal ini karena, makanan dan minuman yang tinggi gula seperti camilan manis atau soft drink bisa membuat nyeri semakin hebat karena dapat merangsang reaksi sistem imun Anda. Selain itu, makanan dan minuman tinggi gula dapat menambahan berat badan yang dapat menyebabkan nyeri pada pinggang bertambah parah.

2. Minuman berkafein

Menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman energi bersifat diuretik merupakan pantangan yang harus dihindari mulai sekarang. Dieuretik sendiri adalah zat yang membuat Anda lebih cepat kehilangan cairan tubuh  lewat keringat atau urine. Sehingga dapat mengakibatkan Anda jadi lebih rentan dehidrasi sehingga nyeri makin hebat.

3. Minuman beralkohol

Perlu Anda ketahui sekarang juga, bahwa minuman yang mengandung alkohol bisa menyebabkan pembengkakan dan peradangan sendi. Alkohol juga bisa menghambat pemulihan otot-otot di pinggang yang sedang nyeri. Mulai sekarang, hindarilah minuman beralkohol ketika rasa nyeri datang.

4. Makanan tinggi lemak trans

Selain obat tradisional sakit pinggang yang sudah disebutkan di atas, makanan tinggi lemak trans juga penting dihindari jika Anda sedang mengalami sakit pinggang. Pasalnya, lemak trans dapat memperparah peradangan yang sedang Anda alami.

Makanan yang tinggi akan kandungan lemak trans biasanya adalah makanan yang sudah melalui beragam proses pengolahan. Misalnya camilan kemasan, junk food, gorengan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa pilihan obat sakit pinggang yang bisa Anda coba. Apabila sakit pinggang tak kunjung sembuh sebaiknya segeralah periksa ke dokter.

Demikian penjelasan tentang apa obat sakit pinggang yang alami. Semoga bermanfaat.