Daftar Negara Berkembang di Asia, Apa Indonesia Masuk?

Komentar
Inilah Daftar Negara Berkembang di Asia Beserta Penjelasannya
Image Source: vibiznews.com

Benua Asia merupakan benua yang mempunyai luas yang paling besar di dunia. Anda bisa melihatnya dipeta maupun globe coba bandingkan ukurannya dengan benua-benua yang lain yang ada didunia pasti perbandingannya sangat jauh.

Nah berbicara mengenai benua asia, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, yang akan menjadi poin utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai beberapa negara berkembang di asia.

Negara berkembang merupakan negara dengan basis industri yang kurang berkembang dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang relatif rendah terhadap negara maju.

Sebenarnya dari banyaknya negara di Benua Asia terdapat beberapa negara maju dan negara berkembang, meskipun masih lebih banyak negara berkembang di benua asia.

Lalu apa saja negara berkembang di asia tersebut? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi berikut ini mengenai daftar negara berkembang di asia dan penjelasannya.

Baca Juga:

Berikut Ini Daftar Negara Berkembang di Asia

1. Timor Leste


Image Source: tripzilla.id

Timor Leste merupakan negara hasil pecahan dari negara Indonesia yang letaknya terdapat tepat disebalah pulau Timor. Namun perkembangan negara ini sangatlah tidak baik hal tersebut menyebabkan negara Timor Leste termasuk kedalam negara berkembang di Asia.

Tingkat perekonomian yang sangat rendah dan pembangunan yang sangat lambat membuat negara ini terindikasi dalam perkembangan sumber daya manusia yang sangat rendah.

Tingkat pengangguran pun juga masih banyak ada sekitar 20 % dari total jumlah penduduk yang ada. Pendapatan perkapitanya pun juga cukup rendah 50% penduduk yang ada hanya dapat menghasil kurang dari $1,25 per hari.

2. China


Image Source: pixabay.com

China merupakan termasuk negara terbesar didunia yang mempunyai wilayah mencapai 9.596.961 km2. Selain termasuk negara terbesar didunia China juga memiliki jumlah penduduk yang paling banyak didunia.

Jumlah populasi penduduk China kurang lebih sekitar 1,37 miliar jiwa hampir 5 kali lipat dari penduduk Indonesia yang hanya mempuyai jumlah penduduk sekitar 258 juta jiwa.

Jumlah penduduk yang sangat banyak membuat negara ini masih tergolong dalam negara berkembang di Asia.

Secara ekonomi China memiliki ekonomi terbesar kedua didunia. China juga termasuk negara penghasil utama beberapa komoditas pertambangan seperti perak, emas, timah, nikel, batu bara, besi dan aluminium.

3. Malaysia


Image Source: pixabay.com

Malaysia merupakan negara monarki atau negara yang masih menggunakan sistem kerajaan yang mempunyai letak secara geografis di Asia bagian tenggara. Luas wilayah negara ini mencapai 329.847 km2 yang terbagi menjadi dua kawasan.

Malaysia memiliki jumlah penduduk sekitar 31.381.992 yang terdiri dari beberapa ras yaitu ras melayu, Tionghoa, India dan Eropa, tetapi ras yang paling mendominasi yaitu ras melayu. Bahasa resmi yang digunakan yaitu bahasa melayu yang hampir mempunyai kemiripan dengan bahasa Indonesia.

Dari segi perekonomian negara ini memiliki pendapatan nasional sekitar 57.100 juta, pendapatan tersebut masih tergolong rendah dan tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ada. Maka dari itu negara Malaysia masih termasuk negara yang masih dalam tahap berkembang. Dan masih dikategorikan negara berkembng di Asia.

4. Arab Saudi


Image Source: pixabay.com

Arab Saudi merupakan negara yang masih menganut sistem pemerintahan monarki atau kerajaan yang terletak dikawasan Asia bagian timur. Luas wilayah negara Arab Saudi sebesar 2.149.690 km2 dengan jumlah penduduk 28.571.770 jiwa.

Kebanyak penduduk Arab Saudi berasal dari etnis arab sendiri dan hanya beberapa saja yang berasal dari ras eropa. Arab Saudi termasuk salah satu negara penghasil minyak dan pengekspor terbesar didunia. Menjadi negara pemasok minyak terbesar didunia membuat negara ini memiliki pendapatan perkapita cukup tinggi yaitu sekitar $ 55.000.

Tetapi negara Arab Saudi masih tergolong dalam negara berkembang di Asia, karena hanya mengandalkan dari penghasilan minyak saja dan tidak dibarengi dengan sumber daya manusia yang tinggi.

5. Thailand


Image Source: pixabay.com

Thailand merupakan negara monarki konstitusional atau sistem pemerintahan kerajaan, yang negaranya dipimpin oleh seorang raja dan kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri.

Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 531.120 km2 terletak dikawasan Asia bagian tenggara dan berbatasan langsung dengan negara Myanmar, Laos, dan Kamboja.

Jumlah penduduk yang tercatat yaitu mencapai 68.200.824 jiwa. Thailand sendiri masih tergolong dalam negara berkembang di Asia karena pendapatan dan tingkat pendidikan masih rendah. Selain itu kemajuan pembangunan maupun teknologi belum bisa merata dan hanya terjadi dikota-kota penting saja.

6. India


Image Source: pixabay.com

India merupakan negara yang mempunyai sistem pemerintahan Republik Federal Parlementer atau negara yang dipimpin oleh presiden yang dipilih dengan cara pemilihan umum. Negara ini merupakan termasuk negara terbesar ketujuh didunia yang memiliki luas wilayah sebesar 3,28 juta km2.

Selain mempunyai predikat negara terbesar ketujuh didunia, India juga memiliki jumlah penduduk terbanyak nomer dua didunia. Jumlah penduduk yang tercatat di India mencapa 1,26 miliar jiwa.

Negara ini sebenarnya mempunyai pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dibidang industri. Tetapi tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ada, jadi pendapat perkapita yang didapat cukup rendah yakni hanya sebesar $1.852. Maka dari itu negara India masih tergolong negara berkembang di Asia.

7. Kamboja


Image Source: pixabay.com

Kamboja adalah sebuah negara monarki atau negara yang menggunakan system kerajaan, yang dipimpin langsung oleh raja. Nagara ini memiliki luas wilayah sebesar 181,035 km2 terletak dikawasan Asia bagian tenggara.

Negara Kamboja memiliki jumlah penduduk sebanyak 15.957.223 jiwa, dan dipenuhi oleh etnis khmer. Etnis khmer merupakan etnis yang berasal dari kerajaan kamboja yang mayoritas beragama budha.

Dari segi perekonomian negara ini mengalami pertumbuhan cukup pesat. Kamboja sendiri juga memiliki industri yang cukup besar yaitu tekstil dan didukung dari sektor pariwisata dan pertanian.

Tetapi negara ini masih tergolong negara berkembang di Asia karena pendapatan perkapita negara ini masih cukup rendah dan inflasi masih cukup tinggi.

8. Irak


Image Source: pixabay.com

Irak merupakan negara yang menggunakan sistem pemerintahan Republik Federal Parlementer atau negara yang dipimpin oleh presiden selam,a 4 tahun jabatan. Luas wilayah yang dimiliki negara Irak yaitu sebesar 438.317 km2.

Untuk jumlah penduduknya sendri mencapai sekitar 39.192.111 jiwa yang mayoritas penduduknya berasal dari etnis kurdi dan etnis arab.

Dalam perekonomian Irak sebenarnya mempunyai tingkat perekonomian lumayan tinggi dalam beberapa dekade terakhir. Perokonomian yang tinggi didominasi dari sektor pertambangan yaitu minyak.

Namun negara in masih tergolong negara berkembang di Asia, disebabkan terjadinya masalah keuangan yang melanda. Masalah keungan tersebut bisa terjadi karena untuk biaya perang dengan negara Iran.

Demikian penjelasan diatas informasi tentang negara berkembang di asia. Semoga bermanfaat!
Top