4 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

 11 May 2019  Wahyu Fajar
4 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Image source: hellosehat.com

Apa manfaat timun suri? Timun suri adalah tanaman yang memiliki ciri khas buah berbentuk lonjong atau bulat memanjang dengan kulit buah berwarna kuning terang. Buah timun suri merupakan jenis buah yang wajib ada untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Selain segar, buah ini ternyata punya banyak khasiat untuk kesehatan juga.

Timun suri merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemui ketika bulan puasa tiba. Hal ini dikarenakan timun suri memiliki rasa yang sangat menyegarkan. Buah ini juga memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Dengan tekstur yang lembut dan banyak mengandung air, timun suri bisa menghilangkan dahaga pasca berbuka puasa.

Khasiat timun suri bukan hanya segar untuk berbuka puasa. Tapi timun suri juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa manfaat timun suri bagi tubuh? Manfaat timun suri akan dirasakan bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Apa saja manfaat timun suri yang bisa Anda dapatkan setelah mengkonsumsinya? Simak penjelasan selengkapnya tentang manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh dalam artikel berikut ini.

Baca Juga:

Manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh

Timun suri merupakan salah satu anggota keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae) dan masih satu keluarga dengan buah labu dan melon. Buah ini punya beragam nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, dan magnesium yang berkhasiat baik untuk tubuh.

Berikut ini merupakan berbagai manfaat buah pelepas dahaga, yaitu timun yang jadi favorit banyak orang untuk berbuka puasa:

1. Mencegah Alzheimer

Manfaat timun suri salah satunya mencegah penyakit alzheimer. Timun suri mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi (vitamin yang larut dalam lemak). Vitamin K ini berperan penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Vitamin K ini juga dipahami sebagai obat untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah timun suri dalam takaran jumlah yang pas dapat membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

2. Sebagai sumber antioksidan

Timun suri mengandung beberapa zat antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat antiinflamasi. Vitamin C juga dikenal akan manfaat untuk sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten terbukti bermanfaat bagi penglihatan mata.

Lalu, manfaat buah timun suri juga telah dinyatakan pada sebuah penelitian bahwa buah yang berasal dari keluarga cucurbitaceae memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas di tubuh. Radikal bebas dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh manusia yang dapat dicegah oleh zat antioksidan.

3. Membantu sistem pencernaan dan menghidrasi tubuh

Apa manfaat timun suri bagi ibu hamil? Karena tekstur buah timun suri mengandung air dan serat yang melimpah, maka tak heran jika buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. Jika Anda sering susah BAB, menderita maag, atau tukak lambung disarankan untuk mengkonsumsi buah timun suri.

4. Mengandung zat anti kanker

Buah yang punya nama lain timun betik ini, juga berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker maupun tumor. Menurut sebuah penelitian, para ilmuwan telah menemukan bahwa kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu mengahalangi jalur sinyal penting untuk mencegah munculnya sel kanker dan kerusakan metabolisme tubuh.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat timun suri bagi kesehatan Anda. Manfaat timun suri ini dapat diperoleh jika rutin dikonsumsi setiap hari. Apabila setelah mengonsumsi timun suri ini terdapat gejala-gejala kesehatan lainnya segeralah konsultasi kepada dokter.

Demikian penjelasan tentang apa manfaat timun suri bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR