10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

 28 May 2019  Wahyu Fajar
10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat sinar matahari pagi via kompas.com

Siapa nih yang sering bangun pagi? Pastinya banyak sekali kan orang-orang yang bangun pagi hari setiap harinya untuk memulai aktifitas. Ketika bangun pagi pasti tidak lepas dengan terbitnya fajar yaitu sinar matahari pagi. Tahukah Anda bahwa ada manfaat sinar matahari pagi ini? Apa manfaat sinar matahari pagi?

Sinar matahari merupakan salah satu sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup di bumi ini. Salah satunya punya peran dalam proses fotosintesis pada tanaman. Sinar matahari pada waktu pagi tidak hanya membuat hangat yang membuat suasana di pagi hari lebih indah, tapi juga sangat penting untuk kesehatan.

Manfaat matahari pagi sangatlah baik untuk kesehatan tubuh rugi untuk dilewatkan. Sinar matahari pada waktu pagi ini punya berbagai manfaat bagi tubuh yang luar biasa. Biasanya manfaat matahari pagi ini sering dimanfaatkan oleh ibu-ibu setelah melahirkan terutama bayi.

Hal ini karena sinar matahari banyak mengandung Vitamin D yang berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik. Waktu penyerapan sinar matahari juga sangat berpengaruh pada jumlah vitamin D yang akan dihasilkan tubuh. Bukan hanya bayi, semua orang dengan berbagai tingkat usia dapat memperoleh manfaat paparan sinar matahari pagi ini untuk menjaga kesehatan tulang. Anjuran ini juga berlaku bagi orang-orang lanjut usia juga.

Namun, ada beberapa orang kadang takut sinar matahari karena bisa membuat kulit hitam, ini bisa terjadi jika terlalu lama berada dibawah terik matahari di luar ruangan. Anda tidak perlu khawatir karena waktu pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyerap sinar matahari terhadap jumlah vitamin D yang akan dihasilkan tubuh.

Apa saja manfaat sinar matahari pagi? Berikut ini wajibbaca.com akan membagikan 10 manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh yang luar biasa. Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah 10 manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

1. Mengurangi gula darah

Manfaat matahari yang pertama adalah dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Sinar matahari punya kandungan insulin alami yang dapat mempermudah penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Kandungan inilah yang berperan merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses inilah sebagai turunnya kadar gula darah.

2. Sinar matahari mengandung vitamin D

Selain menurunkan kadar gula darah, manfaat sinar matahari yaitu bisa mendapatkan vitamin D secara gratis dan sebanyak yang Anda inginkan. Pada waktu sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D.

3. Matahari membentuk dan memperbaiki tulang

Apakah manfaat sinar matahari pagi bagi tulang? Sinar matahari yang diterima tubuh akan meningkatkan vitamin D dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh Anda. Sehingga hal ini berperan dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.

4. Matahari meredam kolesterol darah

Manfaat matahari pagi berikutnya dapat mengontrol kolesterol dalam darah. Ini merupakan kelanjutan proses di atas. Setelah kolesterol di bawah kulit diubah menjadi vitamin D, yang kemudian otak dan tubuh memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.

5. Matahari meningkatkan kebugaran pernapasan

Salah satu manfaat matahari ternyata juga meningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Selain manfaat itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernapasan jauh lebih baik. Hal ini karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah sinar matahari.

6. Kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan sangat mendukung kualitas kesehatan seseorang. Hal ini karena ketika kulit terkena sinar matahari pagi, dalam tubuh terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit. Fungsi utama sel darah putih ini digunakan untuk menangkal berbagai penyakit. Secara tidak langsung antibodi dalam tubuh juga akan ikut meningkat. Cara mendapatkan manfaat matahari pagi ini yaitu dengan berjemur selama 10 menit di bawah matahari. Lakukan berjemur ini satu hingga dua kali dalam seminggu yang dapat mengurangi risiko terkena flu.

7. Matahari penawar infeksi dan pembunuh bakteri

Manfaat sinar matahari pagi selain menigkatkan kekebalan tubuh, juga mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan jamur. Pada penderita TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar matahari pagi sangatlah dibutuhkan. Bahkan beberapa dari virus penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan dapat dibinasakan oleh sinar matahari.

8. Tidur lebih nyenyak

Tidur yang nyeyak sangatlah diperlukan oleh semua manusia dalam menjaga kesehatan. Berjemur dengan memanfaatkan sinar matahari akan membuat tidur nyenyak, karena produksi hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang membantu tidur nyenyak di malam hari. Sementara itu, produksi hormon melatonin tergantung pada paparan sinar matahari pagi tergantung pada berapa banyak sinar matahari pagi masuk ke dalam tubuh.

9. Menurunkan berat badan 

Salah satu manfaat sinar matahari bagi tubuh dapat membantu kita menurunkan berat badan. Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa jika kita cukup tidur, maka kita akan lebih mudah menurunkan berat badan.

Baca Juga:

10. Menurunkan tekanan darah

Manfaat sinar matahari pagi bagi manusia juga dapat menurunkan tekanan darah. Kulit yang terkena paparan sinar ultraviolet (UV) akan melepaskan senyawa, oksida nitrat, yang dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian sejumlah dokter kulit. Penelitian tersebut menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan setelah terpapar sinar UV selama satu jam.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda mempunyai masalah pada kulit lainnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum berjemur sinar matahari ini.

Demikian penjelasan tentang manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.