8 Manfaat Sayur Pare Untuk Kesehatan Tubuh Meski Rasanya Pahit

Komentar
Meski Rasanya Pahit, Manfaat Sayur Pare Baik Untuk Kesehatan Tubuh
Image source: hellosehat.com

Apa manfaat sayur pare? Pare merupakan tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Sayuran satu ini tidak begitu diminati karena rasanya. Pare memiliki rasa yang pahit dan mungkin banyak yang tidak suka. Namun, manfaat pare untuk kesehatan tubuh Anda banyak loh. Apa saja?

Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan namun permasalahannya, tidak banyak orang yang menyukainya karena rasanya. Hampir tidak ada yang tidak kenal dengan sayuran satu ini, pare atau peria.

Sayuran menyerupai mentimun dengan kulit keriput ini terkenal karena rasanya. Padahal, pare kerap diolah menjadi lauk sayur atau bahkan campuran dari jajanan seperti siomay.

Sebagian besar orang enggan untuk memakan pare pahit dikarenakan rasanya. Namun, ternyata ada banyak manfaat pare pahit yang baik untuk kesehatan. Dibalik rasanya yang terbilang cukup unik, sayuran ini ternyata menyimpan berbagai manfaat yang tidak boleh diabaikan.

Apa saja manfaat sayur pare? Maka dari itu, simak terus artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat pare bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga:

Apa saja manfaat pare untuk kesehatan?

Image source: hellosehat.com

Pare mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A. C, E, B1, B2, B3, B9 yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu pare juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, serta mengandung antioksidan seperti fenol, dan flavonoid.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat pare menjadi sayur yang kaya manfaat. Berikut wajibbaca.com berikan berbagai manfaat pare untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mengendalikan gula darah

Pare memiliki sifat yang berfungsi sama seperti insulin, yaitu membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk menambah energi. Karena sifat yang terkandung ini, pare dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah.

Mengkonsumsi pare dapat membantu sel-sel Anda mendapatkan glukosa sebagai makanan. Selain itu, pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, hingga jaringan lemak.

Meskipun begitu pare bukanlah obat penderita diabetes, meskipun ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pare dapat mengelola gula darah.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pare punya kandungan antioksidan yang berlimpah, salah satunya vitamin C. Antioksidan terkandung dalam pare akan membentuk pertahanan terhadap virus atau bakteri yang akan merusak tubuh. Antioksidan tersebut akan menyerang radikal bebas di dalam tubuh serta menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang menyebabkan beberapa penyakit dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan mata

Selain punya kandungan antioksidan, pare mengandung flavonoid seperti A-karoten, B-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang mampu menjaga kesehatan mata Anda. Sehingga, apabila sayur pare ini dikonsumsi akan dapat meningkatkan penglihatan, terutama di malam hari, serta memperlambat degenerasi makula.

Senyawa yang terkandung ini berperan dalam melawan efek penuaan, menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.

4. Meredakan asma

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernafasan. Pare dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh kondisi pernapasan tertentu seperti asma, bronkitis, dan demam.

Kandungan antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus, inilah yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

5. Mengobati masalah kulit

Apa manfaat dari sayur pare? Sekarang ini banyak sekali permasalahan kulit yang terjadi di masyarakat, baik orang dewasa maupun anak-anak. Bagaimana cara mencegahnya? Pengobatan tradisional Tiongkok telah menggunakan pare sebagai pengobatan untuk masalah kulit.

Senyawa yang terkandung dalam pare seperti antifungi dan antibakteri dapat melawan banyak infeksi kulit. Contohnya seperti kurap, kudis, dan bahkan psoriasis. Pare dipercaya dapat menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang dapat memperburuk psoriasis.

6. Membantu mengobati HIV dan Herpes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa komposisi fitokimia pada pare dapat menghambat aktivitas virus human immunodeficiency. Pare memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pare, dengan sifat antivirus, dapat membantu mengobati pasien dengan herpes simpleks virus-1 (HSV-1), dan mencegah penyebaran plak herpetik pada orang lain.

7. Meningkatkan kesehatan tulang dan penyembuhan luka

Kesehatan tulang yang terjaga dengan baik pasti memiliki sifat yang kuat. Ternyata pare juga bisa meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini karena pare mengandung vitamin K, yang merupakan nutrisi penting dalam mengatur pembekuan darah normal. Vitamin K juga membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh, dengan begitu akan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko mengalami patah tulang.

8. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Apa manfaat sayur pare bagi ibu hamil? Meskipun pare termasuk sayur yang rendah kalori, tapi sayur ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Serat makanan akan membantu pencernaan yang baik dengan gerakan peristaltik makanan serta limbah lancar melalui sistem pencernaan. Sehingga pare baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, kandungan charantin yang tinggi mampu membantu meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen Anda, yang dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan mengurangi penyimpanan sel-sel lemak.

Nah, itulah beberapa manfaat sayur pare yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Melihat begitu banyak manfaat sayuran pare untuk kesehatan, sangat di sayangkan jika kita tidak mencoba mengolah sayur pare ini. Selain itu konsultasi ke dokter tentang masalah kesehatan Anda juga sangat penting.

Demikian penjelasan tentang apa manfaat sayur pare untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.
Top