Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan Cocok Bagi Ibu Hamil

Komentar
10 Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan Cocok Bagi Ibu Hamil
Image source: maudisini.com

Apa manfaat kurma muda? Kurma merupakan buah yang sangat populer di Indonesia meski asalnya bukan dari tanah air. Biasanya kurma dijadikani oleh-oleh wajib bagi orang yang pergi haji, umrah, atau baru pulang dari Arab. Buah kurma juga biasanya jadi buah yang sangat dicari pada bulan puasa salah satunya untuk berbuka puasa. Ada banyak sekali jenis-jenis kurma, tapi yang akan kami bahas disini yaitu jenis kurma muda.

Selama ini masyarakat hanya mengenal kurma kering dibandingkan kurma muda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ketersediaan kurma muda yang lebih jarang dan harganya yang jauh lebih tinggi dibandingkan kurma kering. Bukan hanya rasanya yang nikmat, kurma muda juga menyimpan beragam manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat yang ditimbulkan?

Apa manfaat dari kurma muda? Kahsiat kurma muda biasanya dikaitkan dapat membuat program kehamilan menjadi sukses dan berhasil, benarkah? Apa kata dunia medis tentang manfaat kurma muda untuk mempercepat program hamil ini?

Tak heran jika banyak wanita yang tergoda untuk mengkonsumsi kurma jenis ini agar bisa cepat hamil. Sayangnya, sampai saat ini belum ada penelitian yang benar-benar berhasil membuktikan klaim manfaat kurma muda tersebut. Penelitian yang ada justru menunjukkan bahwa kurma terbukti membantu memperlancar proses persalinan.

Nah, Anda penasaran apa saja manfaat kurma muda lainnya? Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan memberikan sejumlah manfaat kurma muda untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Simak fakta dan penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Baca Juga:

10 Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan 

1. Menjaga kesehatan mata 

Apa khasiat buah kurma muda? Mungkin manfaat kurma muda dapat menjaga kesehatan mata ini belum banyak diketahui. Manfaat kurma muda untuk menjaga kesehatan ini karena kandungan vitamin A dan antioksidan yang terkandung dalam kurma muda sangat besar besar. Sehingga kandungan kurma muda ini menjadi sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi kurma muda secara rutin akan meningkatkan fungsi mata Anda agar selalu dalam kondisi yang normal.

2. Meningkatkan daya ingat 

Siapa yang suka cepat lupa? Jika dibiarkan, bisa-bisa Anda jadi cepat pikun ketika sudah menginjak usia manula. Sebagai pencegahannya, konsumsilah kurma muda. Manfaat kurma muda selanjutnya yaitu dapat meningkatkan daya ingat Anda. Kurma muda mengandung kalium yang sangat tinggi, dan kalium adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh otak. Dengan rutin mengkonsumsi kurma muda, dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih maksimal.

3. Detoks tubuh 

Manfaat kurma muda selain meningkatkan daya ingat adalah untuk detoks tubuh. Beberapa ahli kesehatan Islam menyarankan untuk mengkonsumsi kurma muda dan kurma biasa dalam waktu yang bersamaan. Kurma muda memiliki teksturnya kering dan dingin, lalu kurma biasa mimiliki tekstur lembab dan hangat. Perbedaan sifat kedua kurma ini dapat menetralkan obat, makanan, dan racun yang ada di dalam tubuh kita.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit mematikan dan banyak dialami oleh sebagian masyarakat.

Manfaat kurma muda dipercaya dapat mengatasi tekanan darah tinggi ini. Hal ini karena kurma muda mengandung kalium yang sangat tinggi dan tentu sangat baik unutuk tubuh. Kalium dapat menekan natrium (garam) berlebih yang terdapat dalam tubuh pasien darah tinggi. Selain itu, kurma muda juga megnandung magnesium, yang dapat menjaga pembuluh darah tetap dapat mengalir tanpa hambatan. Anda dapat mengkonsumsi 5 buah kurma muda dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium dan magnesium harian Anda.

5. Mencegah kanker 

Manfaat kurma muda untuk kesehatan lainnya yaitu dapat mencegah kanker. Seperti yang Anda ketahui, kanker merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menimbulkan kematian. Manfaat kurma muda ini didapat dari kandungan vitamin A yang dapat melindungi Anda dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa kurma memiliki sifat anti-kanker yang berfungsi untuk melawan perkembangan sel kanker. Kurma muda juga mengandung senyawa beta D-glucan (zat antioksidan) yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat pertumbuhan sel kanker.

6. Meningkatkan kesuburan wanita 

Sudah bukan rahasia lagi jika kurma muda dapat membantu wanita yang ingin cepat hamil. Hal ini karena kurma muda mengandung zat hormon botosin yang berfungsi untuk merangsang gerak peristaltik di dalam pembuluh darah dan rahim wanita. Hal tersebut menyebabkan kurma muda dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita.

7. Mencegah pendarahan rahim 

Selain dapat meningkatkan hormon agar cepat hamil, manfaat kurma muda juga bisa mencegah terjadinya pendarahan rahim. Dalam buah kurma muda terdapat zat hormon bitosin yang berfungsi untuk mencegah terjadinya masalah serius pada rahim seperti pendarahan. Sehingga ketika Anda mengalami pendarahan rahim, Anda dapat mengkonsumsi kurma muda ini.

8. Melancarkan proses kelahiran 

Selain membantu meningkatkan hormon dan menjaga rahim, ternyata kurma muda juga bermanfaat untuk memperlancar proses kelahiran bayi. Kurma muda memiliki kandungan hormon oksitosin yang bermanfaat untuk membantu proses kontraksi otot polos dinding rahim.

9. Melancarkan ASI

Manfaat kurma muda selanjutnya adalah melancarkan air susu ibu. Hal ini karena kurma muda mengandung oksitosin yang dapat memperbanyak produksi ASI. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengkonsumsi kurma muda ini secara rutin.

10. Perawatan kulit dan rambut 

Manfaat kurma muda yang terakhir adalah untuk kecantikan kulit dan juga rambut. Kurma muda mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, serta menghidrasi kulit dengan baik. Kurma juga berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok karena mengandung vitamin B. Biasanya orang-orang menggunakan kurma muda yang telah dijadikan minyak atau sari untuk perawatan.

Nah, Itulah tadi sepuluh manfaat kurma muda untuk kesehatan yang luar biasa. Selain mengkonsumsi kurma muda ini, Anda juga harus konsultasi kepada dokter untuk penyakit yang Anda alami sebelum mengkonsumsi kurma muda ini.

Demikian penjelasan tentang apa saja manfaat kurma muda untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.
Top