15 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Komentar
15 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan
manfaat daun saga via cintaihidup.com

Apa manfaat daun saga? Daun saga merupakan tanaman atau tumbuhan liar yang sangat mudah di temui di area hutan-hutan atau ladang-ladang dan banyak juga ditanam disekitar rumah. Tanaman daun saga memiliki biji yang sangat mirip dengan kacang polong, uniknya lagi daun saga memiliki rasa manis berbeda dengan daun-daun lainnya.

Saga termasuk salah satu tanaman herbal yang punya banyak manfaatnya. Khasiatnya banyak dan cara mengolahnya mudah. Mendengar kata saga mungkin sebagian orang juga ada yang belum mengetahuinya. Khasiat daun saga terkenal karena segala manfaat daun saga untuk kesehatan.

Khasiat saga ini diambil dari daun dan akarnya. Kedua bagian ini memiliki banyak manfaat seperti menyembuhkan sariawan, sakit tenggorokan, dan masih banyak masalah kesehatan lainnya yang bisa disembuhkan dengan daun saga ini. Maka dari itu simak terus artikel ini untuk mendapatkan manfaat daun saga untuk kesehatan tubuh.

Daun maupun akar tumbuhan daun saga (Abrus Pracatorius nama latinnya) antara lain mengandung protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid dan pentosan. Dari kandungan tersebut bahwa daun dan akar saga memiliki khasiat tersendiri untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Daripada Anda penasaran apa saja manfaat daun saga ini, wajibbaca.com telah merangkumnya untuk Anda. Simak artikel ini untuk mendapatkan apa manfaat dari daun saga ini.

Baca Juga:

Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengobati Sariawan

Sariawan memang bukan penyakit yang berbahaya, tapi mungkin sangat mengganggu. Sariawan adalah radang pada selaput mulut bagian dalam yang menyebabkan bercak luka cekung berwarna putih yang rasanya luar biasa perih. Daun saga punya manfaat ampuh untuk meredakan sariawan jika dikonsumsi dengan benar dan teratur.

Cara 1 

  • Pertama ambil beberapa helai daun saga lalu jemur hingga layu. 
  • Kemudian kunyah langsung daun saga tanpa ditelan. 
  • Daun saga ini aman dikonsumsi dan punya rasa manis. 

Cara 2 

  • Rebus daun saga secukupnya dengan 1/2 liter air sampai mendidih. 
  • Saring dan gunakan air rebusannya untuk berkumur 2-3 kali sehari untuk mengobati sariawan.

2. Meredakan Radang Amandel

Radang amandel adalah pembengkakan yang terjadi pada kerongkongan karena kuman atau virus. Amandel ini biasanya menyerang anak-anak, namun bisa juga dialami oleh orang dewasa. Gejala yang timbul biasanya demam, panas tinggi, batuk & flu, sakit tenggorokan serta pembengkakan pada amandel. Untuk meredakannya, kali ini kita bisa memanfaatkan akar daun saga.

Caranya:

  • Pertama ambil dan cuci akar saga secukupnya. 
  • Kemudian rebus air secukupnya dengan satu potong kayu manis.
  • Jika sudah tambahkan gula batu secukupnya dan tunggu sampai mendidih. 
  • Tunggu hingga air tersisa setengahnya, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari pagi dan sore.

3. Mengatasi Peradangan Mata

Radang mata biasanya ditandai dengan rasa gatal, pedih dan pegal di area mata kemudian disusul dengan pembengkakan. Daun saga dikenal efektif untuk mengatasi peradangan mata. Caranya sangat sederhana: ambil beberapa helai daun saga secukupnya dan giling hingga halus. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan beruap. Kumpulkan uapnya dan gunakan sebagai obat tetes mata.

4. Meredakan Panas Dalam

Salah satu tanda panas dalam adalah sariawan, tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah. Untuk meredakannya daun saga dipercaya dapat meredakan panas dalam. Jika Anda ingin mencoba mengobatinya berikut caranya.
  • Ambil daun saga secukupnya yang sudah dicuci bersih. 
  • Kemudian rebus sampai airnya tersisa setengah. 
  • Tunggu hingga dingin lalu saring dan minum secara teratur 1 kali sehari untuk meredakan panas dalam.

5. Mengobati Batuk Kering

Batuk kering atau batuk tidak berdahak pastinya mengganggu saat Anda beraktifitas. Banyak obat batuk kering yang dijual di apotek atau toko terdekat, tapi kebanyakan dari obat-obat itu bisa menimbulkan kantuk dan akan mengganggu rutinitas. Cobalah meredakan batuk kering ini dengan daun saga, daun asam, dan kayu manis. Caranya:
  • Pertama ambil daun saga dan daun asam secukupnya yang sudah dicuci bersih. 
  • Rebus kedua bahan tersebut dan tambahkan kayu manis. 
  • Tunggu hingga mendidih, lalu minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari untuk mengobati batuk kering.

6. Mengobati Tekanan Darah Tinggi/Hipertensi

Daun saga dipercaya efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya:
Siapkan bahan seperti daun saga rambat, daun selamagi, daun kejibeling, daun pegagan dan buah waluh putih secukupnya. Potong-potong buah waluh putih menjadi ukuran yang lebih kecil, masukkan empat gelas air dan rebus semua bahan yang telah disiapkan hingga air hanya tersisa sekitar 2 gelas saja. Minum dan ulangi jika perlu hingga tekanan darah anda benar-benar menurun.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Sering mengalami jantung berdebar disertai keringat dingin? Anda mungkin bisa mencoba terapi kesehatan jantung dengan daun saga. Gejala gangguan jantung akan berangsur-angsur hilang setelah mengkonsumsi daun saga. Caranya, rebus daun saga, daun sembung, dan kencur secukupnya. Kemudian tunggu sampai mendidih. Jika sudah dinginkan dan saring airnya, dan minumlah secara rutin agar jantung lebih sehat.

8. Mengobati Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis biasanya disebabkan oleh asap polusi, debu dan asap rokok. Penderitanya akan sering mengalami batuk-batuk disertai dahak berwarna kemerahan serta sesak nafas terutama setelah melakukan aktivitas berat. Rebusan daun saga segar adalah obat alami untuk menyembuhkan sakit bronkitis. Caranya adalah rebus daun saga segar yang baru dipetik dari pohon dengan 500 ml air. tunggu hingga airnya hanya tersisa setengahnya saja. Minumlah air rebusan ini 1 kali sehari.

9. Menyuburkan Rambut

Siapa yang tidak ingin punya rambut sehat? Rambut yang sehat serta subur pasti keinginan semua orang. Salah satu khasiat daun saga adalah membantu menyehatkan rambut dan mencegah kebotakan dini. Yaitu dengan mengoleskan minyak daun saga secara rutin pada rambut dan kulit kepala Anda. Caranya:
  • Pertama, siapkan daun saga dan biji saga bersih secukupnya.
  • Jika sudah tumbuk hingga halus. 
  • Seduh dengan air panas sedikit-sedikit hingga mengental dan menjadi bubur. 
  • Oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama sekitar 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih. 
  • Jika digunakan secara rutin rambut Anda juga akan menjadi lurus dan berkilau.

10. Mengobati Sakit Kuning

Penyakit kuning memiliki ciri fisik yang paling menonjol yaitu tubuh terutama kulit dan mata akan menguning. Hal ini disebabkan kegagalan fungsi hati dalam memproses sel darah merah, yang mengakibatkan terjadi penumpukan zat bilirubin di dalam darah. Obat alami untuk meredakan penyakit kuning ini adalah olahan daun saga.

Caranya, siapkan beberapa helai daun saga, rebus hingga mendidih dan tunggu sampai air tersisa setengahnya. Saring sisa air rebusan tersebut dan minum di pagi dan sore hari. Kandungan glukosa yang terkandung akan memberikan nutrisi mengembalikan fungsi hati.

11. Meningkatkan Nafsu Makan

Punya masalah sama nafsu makan? Tidak usah bingung, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi daun saga. Didalam daun saga terkandung vitamin B yang dapat meningkatkan nafsu makan. Cobalah memasak nasi yang ditambahkan beberapa helai daun saga saat nasi benar-benar matang. Diamkan nasi beserta daun saga selama sekitar 10 menit, kemudian gunakan daun saga tersebut sebagai pelengkap hidangan.

12. Menjaga Kelembaban Kulit

Daun saga mengandung senyawa glisirizin (gliserin) alami. Senyawa ini terkandung dalam sabun kulit yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Sifat dari senyawa gliserin adalah menyerap kadar air hingga kelembaban kulit kita akan terjaga. Karena kandungannya tersebut daun saga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kelembaban kulit dengan pengobatan luar (masker) dan pengobatan dalam (dengan rebusan air daun saga).

13. Mencegah Penuaan Dini

Tahukah Anda, daun saga dipercaya mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa antioksidan ini memiliki banyak khasiat bagi kecantikan, diantaranya menangkal radikal bebas, anti inflamasi untuk mencegah peradangan serta memperlambat proses penuaan. Konsumsi daun saga yang paling aman dan banyak digunakan sebagai antioksidan adalah dengan cara merebusnya memakai 1/2 liter air sampai mendidih untuk diminum secara teratur.

14. Menghaluskan Kulit

Kulit yang halus mulus tanpa noda dan jerawat adalah dambaan setiap wanita maupun pria. Bagi yang punya jerawat, Anda tak perlu khawatir karena daun saga dapat mengatasinya. Hal ini karena dalam daun saga mengandung glisirizin, vitamin A dan C serta senyawa flavanoid yang aktif sebagai antioksidan saat bermanfaat untuk menghasilkan kulit halus.

15. Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat daun saga selanjutnya yaitu menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, daun saga juga mampu membantu kesehatan jantung jika dikonsumsi secara rutin. Khasiat yang dimiliki tumbuhan ini karena kandungan vitamin serta senyawa aktif yang ada di dalamnya. Mengkonsumsi air rebusan daun saga secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan Anda dan menangkal berbagai penyakit dalam tubuh.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat daun saga yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsinya. Meski daun saga punya banyak manfaat untuk kesehatan, tentunya Anda juga harus konsultasi kepada dokter terhadap penyakit Anda sebelum mengkonsumsi daun saga ini.

Demikian penjelasan tentang manfaat daun saga yang bisa Anda dapatkan. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda.
Top