10 Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

 27 May 2019  Vernandhea
10 Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Images from manfaat.co.id

Tanaman  Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) adalah tanaman yang termasuk golongan famili lamicaeae/labiatae, di Indonesia tanaman kumis kucing sering digunakan sebagai tanaman hias. Namun perlu anda ketahui bahwa daun kumis ternyata dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati asam urat yang mujarab loh.

Manfaat daun kumis kucing untuk asam urat memang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia karena diyakini dapat menyembuhkan asam urat yang sering mengganggu aktivitas.  Bukan hanya sebagai obat asam urat, sebagian masyarakat sudah mengenal kalau tanaman kumis kucing dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat daun kumis untuk kesehatan antara lain:

-Membantu masalah pernapasan.

-Mengurangi tekanan darah tinggi.

-Mengatasi sesak napas.

-Pencegah pertumbuhan jamur.

-Tindakan diuretik.

-Menyembuhkan masalah kandung kemih.

-Gangguan ginjal.

Apa manfaat daun kumis kucing yang lain? Berbagai penelitian yang dilakukan menyatakan manfaat daun kumis kucing sudah terbukti menyembuhkan infeksi kandung kemih, diabetes, hingga asam urat, seperti yang sudah disebutkan diatas. Namun, tidak hanya itu manfaat daun kumis kucing juga berkhasiat untuk mengobati penyakit yang berkenaan dengan ginjal.

Manfaat daun kumis kucing untuk ginjal  dipercaya dapat mengobati  batu ginjal. Dalam pengobatan tradisional, daun ini sering dipakai untuk peluruh batu ginjal. Maka sudah terbukti kalau manfaat daun kumis kucing untuk ginjal sangat ampuh dan terbukti menyembuhkan. Karena itu jangan abaikan manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan tubuh.

Karena manfaatnya yang luar biasa dalam menyembuhkan berbagai penyakit, tak heran kalau daun kumis kucing banyak digunakan sebagai pengobatan herbal dan merupakan tanaman obat tradisional yang telah dimanfaatkan masyarakat Asia sejak dulu. 

Kalau begitu, apa saja manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan? Berikut ini kami telah merangkum 10 manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan yang sudah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit. Berikut manfaatnya:

Baca Juga :

Manfaat Daun Kumis Kucing

1. Memperlancar Pengeluaran Air Kemih

Pengeluaran air kemih yang tidak lancar disebabkan oleh bakteri escherishia coli yang biasanya hidup pada kotoran dan usus manusia yang dapat membuat saluran kencing mengalami infeksi. Nah, salah satu khasiat daun kumis kucing adalah dapat memperlancar keluarnya air kemih/air seni. Karena kumis kucing dapat membersihkan traktat dan memudahkan sistem kerjanya juga efektif melawan infeksi di kandung kemih.

2. Menyembuhkan Asam Urat

Asam urat mungkin sering kali mengganggu aktifitas anda, salah satu faktornya adalah terlalu sering angkat benda yang berat dan faktor usia menjadi penyebabnya. Tidak ada salahnya untuk mencoba daun kumis kucing sebagai obatnya karena manfaat daun kumis kucing bisa menyembuhkan asam urat atau encok dan mengobati radang sendi.

3. Anti Bakteri

Mungkin anda sering kali bingung untuk menyembuhkan luka, memar dan berbagai jenis infeksi di kulit. Daun kumis kucing dapat menjadi solusinya karena dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri karena kumis kucing terdiri dari beberapa senyawa seperti fenol dan asam caffenik.

4. Mengobati Gusi Bengkak

Gusi bengkak sering kali membuat orang menderita karena sangat mengganggu saat kita sedang makan. Untungnya daun kumis kucing sangat bermanfaat loh dalam mengatasi gusi bengkak.

Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun kumis kucing lalu gunakan untuk berkumur-kumur secara rutin sampai bengkak pada gusi bisa berkurang dan sembuh total atau bisa juga dengan mencuci beberapa lembar daun kumis kucing lalu kunyah pada area gusi yang bengkak, sehingga lendir yang dihasilkan akan menyembuhkan masalah gusi bengkak tersebut.

5. Menurunkan Berat Badan

Nah bagi anda yang memiliki bentuk badan yang gemuk atau mungkin sering kali bingung untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Daun kumis kucing bisa menjadi referensi dalam menurunkan berat badan secara aman dan alami.

6. Mengontrol Diabetes

Bagi anda yang mempunyai riwayat atau keturunan seorang diabetes, anda perlu untuk mengontrol gula darah anda, mungkin jarang yang tahu kalau manfaat daun kumis kucing sangat efektif untuk mengobati gula darah, daun kumis kucing dapat mengatur kadar glukosa dalam gula dengan demikian membantu kita mengendalikan diabetes secara efisien.

7. Gangguan Ginjal

Tanaman kumis kucing sangat ampuh sekali dalam mengatasi gangguan ginjal, kumis kucing sendiri bahkan disebut sebagai tanaman ginjal karena sangat bermanfaat dalam menyembuhkan gangguan ginjal. Berbagai penelitian sudah dilakukan dan diyakini bahwa daun kumis kucing dapat secara efisien menghilangkan batu ginjal (hingga ukuran 5 cm).

8.Mencegah pertumbuhan jamur

Daun kumis kucing dapat diterapkan ke area di mana infeksi jamur telah terinfeksi. Daun kumis kucing juga dapat membantu mencegah pertumbuhan parasit dan inang asing (jamur) yang hidup di tubuh karena kandungan senyawa di dalamnya.

8. Mengobati Keputihan

Keputihan menjadi masalah umum bagi wanita saat menstruasi namun jika dibiarkan akan sangat berbahaya. Keputihan disebabkan oleh virus dan jamur pada tubuh, dengan merebus segenggam daun kun kumis kucing minimal 2 kali sehari dijamin masalah keputihan akan hilang.

9. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Untuk yang satu ini ternyata daun kumis kucing juga bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah tinggi loh. Manfaat kumis kucing membantu mengurangi tingkat tekanan darah karena kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya. Jadi sangat efektif sekali untuk mengurangi tekanan darah anda.

10. Menyembuhkan Sesak Napas

Pernahkah anda mengalami sesak nafas atau mungkin anda memiliki riwayat sesak nafas? Nah, jika benar maka anda harus senantiasa berhati-hati dalam menjalankan aktivitas sekitar dan istirahat yang cukup. Perlu anda ketahui bahwa manfaat daun kumis kucing juga bermanfaat dalam menyembuhkan sesak nafas. Selain mengobati sesak nafas daun kumis kucing juga menyembuhkan masalah terkait saraf.

Itulah beberapa manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sebagai referensi dalam menjaga kesehatan dan menyembuhkan suatu penyakit. Semoga bermanfaat.