8 Manfaat Danau Bagi Manusia dan Lingkungan di Sekitarnya

 14 May 2019  Khoirul Rizky F
8 Manfaat Danau Bagi Manusia dan Lingkungan di Sekitarnya

Image Source: travelandleisure.com

Danau adalah salah satu sumber daya alam akuatik yang terjadi dari sekumpulan air tawar atau asin yang dikelilingi oleh daratan, sehingga menjadi danau.

Danau terjadi karena pencairan gletser, aliran air sungai, atau karena adanya sumber mata air. Sebuah danau dapat menopang kehidupan berbagai organisme, sehingga danau memiliki ekosistem sendiri. Tak hanya danau, bendungan juga hampir sama.

Oleh karena itu, kita juga harus turut mengelola danau dan bendungan untuk kehidupan berbagai organisme dan ekosistem tetap terjaga dengan baik. Namun, yang akan menjadi point utama pembahasan kali ini yaitu 8 manfaat danau bagi kehidupan manusia dan lingkungan disekitarnya.

Dan juga danau atau yang juga bisa disebut sebagai sebuah cekungan dari permukaan bumi yang tergenang oleh air ini banyak di temui di seluruh belahan dunia.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Definisi danau ialah kumpulan air-air yang amat besar dan dikelilingi dengan daratan.

Selain itu, karena memiliki daya tampung air yang cukup besar. Sehingga keberadaan danau pun dapat memberikan banyak sekali manfaat danau bagi kehidupan di sekitarnya.

Lalu apa saja manfaat danau bagi manusia dan lingkungan disekitarnya? Nah, daripada penasaran. Langsung saja silahkan anda simak beberapa manfaat danau dibawah ini.

Baca Juga:

Manfaat Danau Bagi Manusia dan Lingkungan Disekitarnya

8 Manfaat Danau Bagi Manusia dan Lingkungan di Sekitarnya

Image Source: sahabatmancing.com

1. Sumber air minum

Seperti yang kita tau manusia sangat banyak akan kebutuhan sehari-harinya terutama air. Maka danau akan menjadi sangat bermanfaat bagi kita karena danau adalah salah satu sumber air bagi manusia yang telah disediakan alam.

2. Sebagai sumber irigasi

Persawahan dan perkebunan yang dibuat oleh para petani untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka juga sangat membutuhkan air. Selain sungai, danau ini adalah salah satu sumber pengairan karena mampu menampung air dan mengalirkan air danau ke sawah-sawah dan kebun-kebun milik para petani.

Jika anda tinggal di sekitar danau atau jika anda senang berwisata ke tempat terbuka seperti danau, alangkah indahnya jika anda ikut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestariannya dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

3. Pencegahan dan pengendalian banjir

Hujan yang terjadi terus-menerus dan membasahi tanah kita takhayal akan menyebabkan musibah banjir. Namun danau dengan kemampuanya menampung banyak air, sangat mampu meminimalisir akan terjadinya musibah banjir.

4. Perikanan

Danau juga banyak di manfaatkan oleh manusia sebagai wadah untuk mereka membudidayakan ikan air tawar dengan cara membuat kerambah di sekitar danau tersebut.

Apa itu kerambah? Kerambah merupakan tempat dimana para petani ikan menyimpat hewan ternaknya, keramba biasanya terbuat dari bambu atau juga bisa kayu yang di letakan di pinggiran danau, badan sungai dan pinggiran laut.

5. Sebagai PLTA

Seperti yang kita ketahui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) ini sangat membutuhkan banyakair yang di tampung oleh danau/waduk untuk memutar turbin yang menghasilkan energi listik dan berguna bagi manusia dalam melakukan berbagai aktifitas seperti menonton tv, memasak, menyetrika pakaian, mencuci dan berbagai alat yang dapat hidup dengan adanya aliran listrik.

Bisa kita semua bayangkan jika, aliran listrik tidak bisa masuk ke pemukiman warga dan kota-kota besar, berbagai kegiatan di siang hari akan terhambat dan ketika malam hari datang, pemukiman warga dan kota-kota besar akan gelap gulita.

6. Danau Sebagai Tempat Wisata Alam

Negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau memiliki 100 lebih danau didalamnya, mulai dari yang terkecil hingga danau yang terbesar. Ketika musim libur telah tiba, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menjadikan danau sebagai salah satu tempat wisata paling populer, hal itu di karenakan oleh keindahan yang di sajikan oleh alam itu sendiri, selain itu harga masuk atau tiket untuk menikmati keindahanya terbilang sangat terjangkau.

7. Danau Sebagai Sumber Ekonomi

Pada umumnya masyarakat yang hidup di sekitar danau, menjadikan danau sebagai sumber penghasilan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Masyarakat setempat biasanya lebih memanfaatkan danau untuk menyewakan perahu kepada para pengunjung, beternak ikan, mengairi pesawahan, perkebunan dan banyaklah hal lainnya yang sangat menunjang terhadap pertumbuhan ekonomi Masyarakat yang tinggal di sekitar danau.

8. Danau Menjadi Tempat Bergantungnya Hidup Flora dan Fauna

Beraneka macam jenis fauna seperti ikan air tawar, burung, mamalia dan reptil tidak akan bisa hidup tanpa adanya asupan air dan danau menjadi sumber kehidupan bagi berbagai jenis fauna untuk bertahan hidup agar mata rantai makanan tidak terputus. Begitu juga dengan berbagai jenis flora yang hidup dan tumbuh di sekitar danau seperti tanaman obat dll.

Demikian penjelasan diatas tentang manfaat danau bagi manusia dan lingkungan disekitarnya. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR