11 Manfaat Akar Alang-alang Untuk Kesehatan

Komentar
11 Manfaat Akar Alang-alang Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan
Image source bukumedis.com

Apa manfaat akar alang alang? Sebagian orang menganggap rumput tak punya banyak manfaat bagi kesehatan, salah satu contohnya yaitu alang-alang. Tanaman alang-alang memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang banyak memiliki manfaat. Di beberapa daerah menyebutnya ilalang.

Membaca judulnya saja, mungkin akan muncul tanda tanya besar dalam pikiran kita, apakah alang-alang memiliki manfaat?

Meskipun menurut para petani dikategorikan sebagai gulma karena dapat menghalangi pertumbuhan tanaman yang tengah mereka budidayakan. Namun dibalik semua pernyataan itu tumbuhan ini menyimpan berbagai macam manfaat. Khasiat akar alang-alang ini dipercaya punya khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Yang mana akar alang-alang berguna untuk sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesehatan.

Apa manfaat dari akar alang alang? Lebih jelasnya, dalam dunia pengobatan herbal, manfaat akar alang-alang sudah dikenal luas. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat akar alang-alang untuk kesehatan.

Baca Juga:

Manfaat alang-alang sebagai obat 

Apa manfaat akar alang alang untuk kesehatan? Tanaman alang-alang kaya akan berbagai macam zat, diantaranya adalah imperanene dan juga graminone B, berdasarkan penelitian kedua zat tersebut memiliki manfaat yang jauh diluar perkiraan kita selama ini. Imperanene sendiri secara efektif dapat menghambat pembekuan sel darah.

Jadi bagi yang memiliki penyakit terkait dengan serangan jantung bisa mengkonsumsinya secara teratur. Sedangkan graminone B sendiri secara efektif dapat mencegah penyempitan pembuluh aorta dalam jantung. Selain punya manfaat bagi kesehatan jantung berikut ini berapa manfaat lainnya yang terkandung dalam alang-alang.

1. Melancarkan buang air kecil 

Apa khasiat dari akar alang-alang? Terkadang masalah umum seperti buang air kecil tak lancar sering kali dialami masyarakat. Hal ini biasanya menyebabkan rasa sakit pada daerah kemaluan. Cara untuk mengatasinya sangat mudah sekali yaitu cukup menggunakan alang-alang yang dicampur dengan gula batu, kemudian seduh dan dinginkan. Lalu minum secara teratur agar mendapatkan manfaatnya.

2. Mengatasi kencing batu 

Penyakit yang satu ini terjadi karena ada endapan kalsium dalam kandung kemih, hal ini menyebabkan buang air kecil menjadi tak lancar dan juga disertai dengan rasa yang sakit. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu merebus akar alang-alang, daun meniran dan juga kumis kucing, biarkan hingga dingin kemudian minum. 3 bahan tersebut secara berkhasiat dapat menggempur endapan batu dalam kandung kemih, nantinya hancuran dari batu tersebut akan ikut terbawa air seni.

3. Mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi 

Tekanan darah yang tinggi banyak dialami sebagian orang. Penyebab tekanan darah tinggi yaitu endapan lemak dan kolesterol yang menghambat aliran darah. Tapi jangan khawatir karena mengkonsumsi sari alang-alang secara teratur dipercaya mampu mengatasi masalah tersebut. Caranya, siapkan 200 akar alang-alang, tangkue (manisan dibuat dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah, dinginkan, saring ainya lalu minum 2 kali sehari.

4. Obat untuk radang paru-paru 

Paru-paru menjadi salah satu organ vital bagi manusia karena manfaatnya untuk bernapas, namun jangan salah karena bagian organ tubuh tersebut juga sangat rentan mengalami masalah, salah satunya adalah terjadi peradangan, jika sudah seperti ini pasti membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk pengobatan, namun tak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya sendiri menggunakan alang-alang.

5. Mengobati penyakit asma 

Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang organ pernafasan. Sehingga penyakit ini tak jauh berbeda dengan masalah paru-paru. Untuk mengatasi penyakit asma ini, Anda cukup merebus 100 gram akar alang-alang, kemudian tambah 50 gram kencur dan 50 gram sirih. Seduh menggunakan 200 ml air dan biarkan hingga tinggal setengah, lalu saring dan minum secara teratur.

6. Mengobati keputihan 

Masalah seperti keputihan memang umum dialami oleh wanita, namun jangan salah karena penyakit tersebut bisa sangat berbahaya jika dibiarkan secara terus menerus. Jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya menggunakan alang-alang, cukup dengan merebus akar alang-alang, ditambah daun pepaya dan pulasari, minum air rebusannya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

7. Mimisan, hepatitis 

Mimisan adalah istilah untuk keluarnya darah dari lubang hidung. Banyak sekali obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah akar tanaman alang-alang. Caranya cukup mudah sekali. Ambil 200 gram akar alang-alang lalu dicuci, rebus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas. Dinginkan, kemudian saring airnya untuk diminum 3 kali sehari. Ramuan tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis.

8. Prostat 

Masalah prostat ini banyak dialami oleh laki-laki berusia lanjut, diatas 60 tahun. Jika Anda memiliki keluarga yang memiliki kanker prostat, resiko terkena menjadi lebih besar. Karena itu, lakukan langkah pencegahan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Untuk pengobatan tradisional, ambil 500 gram akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Dinginkan airnya untuk diminum 3 kali sehari.

9. Mengobati diare 

Manfaat alang-alang selanjutnya yaitu dipercaya dapat mengobati diare pada anak dan dewasa. Untuk mendapatkan manfaatnya, caranya mudah dipraktekkan. Ambil 250 gram akar alang-alang dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Saring airnya, lali minum air tersebut.

10. Mengobati demam dan kencing berdarah 

Selain bermanfaat sebagai peluruh air seni, khasiat lain dari akar tanaman alang-alang ini untuk kesehatan adalah mengobati demam akibat kencing berdarah. Caranya, 1 sendok makan penuh rimpang alang-alang, rebus dengan beberapa potong tang kwe (daging buah beligu setengah matang yang dibuat manisan kering) dalam dua gelas sampai airnya tinggal separuh. Air rebusan ini diminum sebanyak 2 gelas 1 hari. Air kencing akan normal dan suhu badan akan turun.

11. Mengobati muntah darah 

Selain dapat menghentikan mimisan, akar tanaman alang-alang juga berfungsi sebagai obat untuk muntah darah. Caranya cukup mudah sekali, ambil 60 gram akar tanaman alang-alang lalu dicuci bersih dan dipotong-potong. Rebus akar alang-alang tersebut dengan air hingga tersisa setengah saja. Saring airnya, kemudian diminum 3 kali sehari. Tambahkan sedikit gula batu agar rasanya lebih enak.

Nah, itulah beberapa manfaat dari akar alang-alang untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain masalah kesehatan yang sudah disebutkan diatas, masih banyak lagi masalah kesehatan yang dapat diatasi menggunakan akar alang-alang. Akar alang-alang ini bisa di dapatkan secara mudah dan murah namun kaya akan berbagai manfaat, selamat mencoba di rumah.

Demikian penjelasan tentang manfaat akar alang alang untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.
Top