7 Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Cocok Untuk Diet

 17 May 2019  Wahyu Fajar
7 Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Cocok Untuk Diet

Image source: hellosehat.com

Apa saja makanan yang mengandung karbohidrat tinggi? Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi utama yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena tubuh kita memperoleh energi untuk beraktivitas dengan cara membakar karbohidrat yang kita dapatkan dari makanan yang kita makan. Makanan yang mengandung karbohidrat biasanya ada kaitannya dengan kenaikkan berat badan.

Meski sebagian besar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi energi, sisanya akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak. Tidak semua makanan yang mengandung karbohidrat itu dapat membuat berat badan Anda naik, lho! Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat ini dijamin tidak akan bikin berat badan Anda naik.

Makanan tinggi karbohidrat yang kaya akan serat juga berperan memperlancar sistem pencernaan serta buang air menjadi lebih lancar. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat seperti gula dan nasi. Gula dan nasi termasuk dalam sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang alami dan baik untuk kesehatan serta sumber energi.

Beberapa makanan tersebut memang merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Namun, tahukah Anda bahwa buah juga punya kandungan karbohidrat yang tinggi juga.

Nah, pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan memberikan apa sajakah makanan yang mengandung karbohidrat dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini merupakan makanan sumber karbohidrat dengan serat tinggi yang dapat Anda konsumsi mulai sekarang.

Baca Juga:

Makanan yang mengandung sumber karbohidrat dengan serat tinggi

Apa saja makanan mengandung karbohidrat? Berikut ini merupakan makanan sumber karbohidrat dengan serat tinggi yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Kentang

Tahukah Anda, ternyata kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang tinggi. Mungkin Anda sering memakan kentang sebagai lauk, tetapi sebenarnya kentang juga bisa dijadikan makanan utama Anda terutama bagi yang sedang diet. Kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), sehingga bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Lebih baik lagi jika Anda memakan kentang bersama dengan kulitnya, karena di dalam kulit kentang terkandung banyak serat yang bermanfaat untuk Anda. Selain itu, kentang juga kaya akan vitamin C dan kalium.

Namun, jangan menggoreng kentang karena ini akan menambah asupan lemak Anda, dan hanya akan menambah berat badan.

2. Beras merah

Seperti kentang, beras merah juga mengandung serat yang tinggi, lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Jika Anda tidak bisa lepas dari nasi, mungkin Anda bisa mencoba nasi merah saat sedang diet. Selain digunakan untuk menurunkan berat badan, nasi merah juga bisa menjadi makanan untuk para penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah dapat membantu Anda mengontrol gula darah menjadi lebih baik.

3. Pasta gandum

Pasta gandum mengandung lebih banyak serat daripada pasta putih. Kandungan serat pasta gandum bisa mencapai dua sampai tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pasta putih. Jadi, jika Anda sedang menurunkan berat badan, lebih baik untuk memilih pasta gandum daripada pasta putih. Kandungan serat yang lebih banyak dalam pasta gandum dapat membantu Anda kenyang lebih lama.

4. Roti gandum

Selain pasta gandum, roti gandum juga mengandung serat yang lebih tinggi daripada roti putih. Sehingga roti gandum ini lebih direkomendasikan untuk Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Roti gandum mengandung serat mencapai 7 gram, sedangkan roti putih hanya mengandung serat sebanyak 2,7 gram dalam 100 gram roti.

5. Oatmeal

Makanan yang mengandung karbohidrat selanjutnya adalah oatmeal. Oatmeal bisa menjadi menu makanan Anda saat Anda sedang diet. Serat dalam oatmeal dapat membantu Anda kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah Anda. Tapi, biasanya banyak orang memakan oatmeal ditambah makanan lain. Maka, berhati-hatilah karena kadang makanan yang Anda tambahkan ke dalam oatmeal ini justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri.

6. Quinoa

Mungkin banyak yang belum tahu tentang makanan ini. Namun, quinoa punya manfaat yang sangat banyak. Quinoa mengandung serat tinggi, selain itu juga mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain. Quinoa bisa menjadi pilihan pengganti sumber karbohidrat bagi Anda yang sedang dalam penurunan berat badan.

7. Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa membantu Anda saat sedang diet. Buah-buahan mengandung gula alami yang akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Memilih buah-buahan yang kaya serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Contohnya seperti raspberry, pir, apel, dan pisang. Selain kandungan seratnya, buah-buahan juga banyak mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C dan kalium.

Nah, itulah tadi beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan tentunya sangat baik untuk tubuh. Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ini, Anda juga perlu memenuhi nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Demikian penjelasan tentang makanan apa yang mengandung karbohidrat tinggi. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR