Keutamaan Puasa Senin Kamis Beserta Niat dan Manfaatnya

Penulis Vernandhea | Ditayangkan 10 May 2019

Keutamaan Puasa Senin Kamis Beserta Niat dan Manfaatnya

images from cdn.pixabay.com

Apa keutamaan puasa senin kamis? Ya, selain mendapat pahala yang besar dari Allah swt, keutamaan puasa senin kamis dibawah ini pasti akan membuat kita lebih semangat dalam menjalankannya. Berikut beberapa keutamaan berpuasa pada hari Senin dan Kamis:

Keutamaan Puasa Senin Kamis Diantaranya:

1.Senin dan kamis adalah hari dimana pintu-pintu surga dibuka pada kedua hari tersebut,seluruh dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim seperti dosa yang tak terampuni oleh Allah SWT akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT,kecuali bagi mereka yang sedang bermusuhan.

2.Senin dan kamis merupakan hari dimana amalan-amalan manusia akan diangkat dan diperiksa di hadapan Allah SWT.

3.Hari kamis merupakan hari dimana kebanyakan perjalanan (safar) Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam dilakukan.

4.Hari Senin merupakan hari dimana Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT.Sejarah telah mencatat bahwa Rasulullah Sholallahu Alaihi wassalam dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah, atau bertepatan dengan tanggal 27 April 571 Masehi.

Puasa senin kamis sendiri sejatinya merupakan bagian dari ibadah umat Muslim.Banyak yang menilai puasa senin kamis ini dianjurkan,karena memiliki pahalanya yang sangat besar. Meskipun puasa ramadhan menjadi puasa yang wajib untuk dilakukan,akan tetapi hikmah puasa sunnah seperti puasa senin kamis akan menjadi penyempurna keimanan seseorang apabila menjalankan puasa sunnah yang Rasulullah anjurkan.

Bagi anda seorang perempuan keutamaan dari puasa senin kamis sangat banyak sekali manfaatnya, dan menjadi salah satu puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah. keutamaan puasa senin kamis bagi perempuan antara lain:

-Memudahkan jalan menuju kesuksesan dan cita-cita
-Membuka aura kecantikan
-Mempermudah datangnya jodoh
-Meningkatkan energi spiritual

Keutamaan puasa senin kamis menurut abu hurairah menerangkan bahwa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi." (HR. Muslim no. 1151)

Selain memiliki keutamaan yang luar biasa saat menjalankan puasa senin kami, manfaat dari puasa itu sendiri memang sangat banyak dan membantu kehidupan manusia dalam beraktivitas sehari-hari. Berikut beberapa manfaat puasa senin kamis:

Baca Juga:

Manfaat dalam Puasa Senin-kamis

1.Membuat Jantung Lebih Sehat

Tahukah anda, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa minimal sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalankan puasa sama sekali. Jadi jika ingin terhindar dari penyakit jantung, puasa senin kamis bisa menjadi solusi untuk kesehatan jantung sekaligus mendapat pahala dari puasa tersebut.

2.Menjaga Daya Ingat Tetap Optimal

Manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan mengakibatkan tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA. Bagi orang yang pelupa puasa senin kamis bisa menjadi solusi untuk meningkatkan daya ingat agar tetap optimal.

3.Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Puasa senin kamis memang dipercaya ampuh untuk mengeluarkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh. Jika racun-racun tersebut sudah keluar, maka Anda akan merasakan tubuh Anda lebih sehat dan bugar.

4.Mempercantik Kaum Wanita Secara Alami

Bagi Anda para wanita yang ingin terlihat selalu tampil cantik dan awet muda, tidak ada salahnya mencoba melakukan puasa senin kamis, karena dengan berpuasa senin kamis sel-sel tubuh akan mengalami reorganisasi atau pergantian secara teratur dan sel-sel dalam tubuh akan mengalami peremajaan.

5.Mengendalikan Hawa Nafsu

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengendalikan hawa nafsu adalah melakukan puasa senin kamis sebab orang yang sering melakukan puasa senin kamis lebih mampu dan mahir mengendalikan hawa nafsu yang selalu bergejolak dalam hati dan pikirannya.

6.Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Walaupun kanker adalah salah satu dari penyakit yang sulit untuk disembuhkan, namun efek buruknya bisa dikurangi dengan puasa. Menurut penelitian orang yang melakukan puasa 8-10 jam dapat mengatasi lemas, gangguan pencernaan dan rasa pegal jelang pengobatan.

7.Gula Darah Lebih Rendah

Jika anda memiliki masalah diabetes dan bingung untuk menjaga gula darah, tidak ada salahnya untuk mencoba puasa senin kamis, sebab puasa senin kamis dapat menjaga kadar gula agar tetap stabil sekaligus mengurangi lemak berbahaya dalam tubuh.

8.Mengoptimalkan Fungsi Usus

Usus menjadi sumber utama masuknya penyakit dalam tubuh oleh karena itu puasa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Disini kami sangat menganjurkan puasa senin kamis karena dapat mempengaruhi mikroba usus komplek pada mereka yang bertubuh gemuk dan membantu mikroba usus untuk mengolah energi lebih banyak dari makanan.

9.Mencegah Penuaan Dini

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi penuaan dini untuk menghindari penuaan dini cobalah untuk berpuasa Senin Kamis. Sebuah penelitian menyatakan, puasa bisa memperlambat proses penuaan sekaligus mencegah potensi munculnya penyakit pada usia lanjut.

10.Membuat Diri Sendiri Menjadi Bahagia

Manfaat dari puasa senin kamis yang jarang disadari adalah dapat membuat diri lebih bahagia. Saat puasa, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang lebih tinggi. Hal inilah yang dapat meningkatkan konsentrasi dan rasa bahagia. Dengan sering berpuasa senin kamis juga akan membuat jiwa lebih tenang, menenangkan pikiran dari rasa stres yang berat dan membuat perasaan jauh lebih nyaman.

Itulah beberapa manfaat dari puasa senin kamis yang dapat kami sampaikan, berikut ini niat puasa senin kamis bagi anda yang ingin menjalankannya:

Niat Puasa Senin-Kamis beserta Artinya

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ يَوْمَ اْلِإثْنَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالىَ

"Nawaitu shouma ghadin yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala.
Artinya:"Aku berniat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala".

Demikian pembahasan lengkap mengenai keutamaan puasa senin kamis beserta niat dan manfaatnya.Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
SHARE ARTIKEL