Daftar 7 Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia

 11 May 2019  Khoirul Rizky F
Daftar 7 Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia

Image Source: zonankri.com

Halo sobat, tahukah anda bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan potensi sumberdaya alamnya yang sangat melimpah. Khususnya sebagai penghasil sumberdaya mineral dan batubara.

Berbicara mengenai sumber daya alam, sebenarnya banyak yang bisa kita bahas. Salah satunya yaitu pembahasan mengenai beberapa daerah penghasil nikel di Indonesia terpopuler.

Nah, oleh karena itu yang akan menjadi poin penting pembahasan kali ini yaitu daftar daerah penghasil nikel di Indonesia. Dan juga yang akan secara lengkap dibahas pada artikel.

Dalam dunia pertambangan Indonesia memanglah dikenal sebagai salah satu negara yang kaya dengan kandungan mineral yang siap diangkat kapan saja.

Berbagai macam bahan tambang tersebar di Indonesia dari sabang sampai merauke banyak kita temukan tambang-tambang yang mengeksploitasi sumberdaya alam Indonesia, salah satunya yaitu nikel ini.

Nikel menjadi salah satu sumber daya alam (SDA) yang sangat banyak tersedia di Indonesia. Sedangkan itu, untuk daerah penghasil nikel di indonesia banyak dijumpai di wilayah timur.

Lalu daerah mana penghasil nikel di Indonesia? Nah, daripada penasaran langsung saja silahkan anda simak berikut ini beberapa daerah penghasil nikel di indonesia.

Baca Juga:

Daftar Daerah Penghasil Nikel di Indonesia

Daftar 7 Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia

Image Source: blogs.uajy.ac.id

1. Luwu Timur - Sulawesi Selatan

Salah satu tempat yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini terkenal akan penghasil nikel. Sebelumnya Luwu Timur adalah hasil dari permekaran Luwu yang sebelumnya masih bersatu. Di Luwu Timur bisa dengan mudah menemukan pertambangan nikel di Nuha dan Malili.

2. Sorowako - Sulawesi Selatan

Sama seperti Luwu Timur, Sorowako juga menjadi tempat penghasil nikel yang berada di Sulawesi Selatan. Sorowako terkenal dengan keindahan alam yang mempesona namun juga ketersediaan nikel yang cukup tinggi di Sulawesi Selatan. Di kota ini juga terdapat sebuah perusahaan tambang nikel paling besar di dunia. Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih selama 12 jam menggunakan bis dari Makassar menuju kota Sorowako.

3. Kolaka - Sulawesi Tenggara

Tidak hanya di Sulawesi Selatan saja, di Provinsi Sulawesi Tenggara juga terdapat daerah penghasil nikel, tepatnya di Kolaka. Kolaka cukup terkenal sebagai daerah penghasil nikel dan mempunyai cadangan nikel terbanyak di Sulawesi Tenggara. Pertambangan nikel di Kolaka bisa ditemukan di Pomala dan Latambaga.

4. Morowali - Sulawesi Tengah

Morowali menjadi satu–satunya tempat di Sulawesi Tengah yang memiliki ketersediaan nikel terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika Morowali banyak diperebutkan oleh perusahaan pertambangan besar. Tidak hanya investor dalam negeri, investor dari berbagai negara pun tertarik untuk menginvestasikan saham mereka di sini. Pertambangan nikel khususnya di Morowali ini bisa dijumpai di Petasia Timur, Petasia, Bungku Pesisir, Bungku Timur, Bahadopi, dan Menui Kepulauan.

5. Halmahera Timur - Maluku Utara

Pertambangan nikel tidak hanya terdapat di pulau Sulawesi saja, tetapi juga di Kepulauan Maluku tepatnya di Halmahera Timur. Bukanlah hal yang asing jika pertambangan nikel menjadi sumber perekonomian utama bagi Kepulauan Maluku. Pertambangan nikel bisa ditemukan di Maba dan Wasile. Kedua tempat tersebut menjadi tempat penghasil nikel terbesar di Maluku.

6. Pulau Ternate, Pulau Obi, dan Pulau Gebe - Maluku Utara

Ketiga pulau yang berada di Maluku Utara menjadi pulau yang menghasilkan nikel terbesar dan sudah diekspor ke beberapa negara di Asia. Negara – negara tersebut antara lain Korea, Jepang, Tiongkok, Filiphina dan lain sebagainya. Kegiatan ekspor tersebut sudah pasti meningkatkan perekonomian di Kepulauan Maluku.

7. Pulau Gag - Papua Barat

Tidak hanya dikenal sebagai penghasil emas saja, Papua juga menyimpan sejuta hasil tambang di dalamnya, salah satunya nikel. Tempat penghasil nikel di Papua tepatnya berada di Pulau Gag. Pulau Gag sendiri tergolong ke dalam gugusan pulau yang ada di Raja Ampat. Selain memiliki keindahan alam yang mempesona, pulau Gag juga menyimpang kandungan nikel di dalamnya. Maka tidak heran jika banyak investor asing yang tertarik untuk melakukan bisnis nikel di pulau tersebut.

Demikian penjelasan diatas tentang beberapa daerah penghasil sda nikel di indonesia. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR