7 Daerah Penghasil Batu Bara Terkenal dan Terbesar di Indonesia

Komentar
7 Daerah Penghasil Batu Bara Terkenal dan Terbesar di Indonesia
Image Source: pixabay.com

Negara Republik Indonesia memang harus diakui kalau memiliki banyak sekali kekayaan sumber daya alam yang benar-benar melimpah. Salah satunya sumber daya alam tersebut adalah batu bara.

Dan juga tahukah anda bahwa Indonesia memiliki pengaruh yang cukup besar di pasar batu bara internasional. Batubara dari daerah penghasil batubara di Indonesia digunakan banyak negara untuk kebutuhan industri dunia dan bahkan digunakan sebagai bahan bakar penghasil energi lainnya.

Berbicara mengenai daerah penghasil batubara di Indonesia, oleh karena itu pada kesempatan kali kita akan membahas mengenai beberapa daftar daerah penghasil batu bara di Indonesia yang sangat terkenal.

Sedangkan itu, untuk daerah penghasil batubara yang terkenal di indonesia selama ini ada di Kalimantan. Tapi bukan hanya di Kalimantan saja daerah penghasil batu yang bisa terbakar tersebut.

Batu bara telah tersebar luas di kepulauan Indonesia baik dari Sabang sampai Merauke. Dan masih ada banyak lagi daerah penghasil batubara terkenal dan terbesar di Indonesia.

Lalu daerah mana saja penghasil batu bara di Indonesia tersebut? Nah daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak berikut ini sedikit informasi mengenai beberapa daerah penghasil batu bara di indonesia.

Baca Juga:

Daftar Daerah Penghasil Batubara di Indonesia

batu bara
Image Source: saferkidsandhomes.com

1. Aceh Barat

Daerah Indonesia pertama yang merupakan penghasil batubara terbesar yaitu Aceh Barat. Daerah ini sudah lama dikenal sebagai pemasok batubara dunia dengan kualitas terbaik. Meulaboh merupakan daerah di Aceh Barat yang merupakan penghasil batubara terbesar di wilayah ini. Hanya saja, saat ini beredar kabar bahwa kawasan ini akan ditutup.

2. Sawahlunto, Sumatera Barat

Daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia selanjutnya terdapat di Sawahlunto, Sumatera Barat. Pertambangan di daerah ini sudah terkenal sejak abad ke 19 lalu atau tepatnya dimulai pada tahun 1860-an yang mana saat itu, Indonesia masih berada di bawah naungan kolonial Belanda.

Pertambangan pertama di Sawahlunto dikenal dengan nama tambang Ombilin. Sampai saat ini, pertambangan ini adalah yang paling tua di Indonesia. Kualitas batubara yang dihasilkan pertambangan ini tak perlu diragukan karena sudah terbukti.

3. Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Pindah ke Sumatera Selatan, lebih tepatnya di Tanjung Enim, anda juga bisa menemukan daerah pertambangan batubara terbesar di Indonesia. Letak tepat dari wilayah pertambangan ini adalah Bukit Asam. Saat ini, pertambangan ini bisa menghasilkan antara 1.500 hingga 1.700 ton batu bara per jamnya yang kalau dijumlahkan seharinya bisa mencapai 400 ton.

Kapasitas yang besar tersebut karena didukung dengan adanya kereta loader yang dapat menampung hingga 2.800 kubik batubara per jam. Pertambangan ini telah beroperasi sejak tahun 1919 lalu di bawah pemerintahan kolonial Belanda. Namun, sejak tahun 1950, pengoperasiannya pindah ke tangan pemerintah Indonesia.

4. Sorong, Papua

Pindah ke ujung Indonesia, tepatnya di wilayah Sorong, Anda juga bisa menemukan pertambangan besar batubara yang terkenal. Daerah penghasil batubara ini sudah menggunakan teknik maju yakni blanding untuk mendapatkan batubara sejak beberapa lama. Sampai saat ini, batubara dari Sorong memiliki kualitas yang sangat terkenal di dunia.

5. Kota Baru

Kota Baru yang berada di Pulau Laut, Kalimantan Selatan juga merupakan tempat penghasil batubara terbesar di Indinesia. Hasil batubara yang dari pertambangan ini juga memiliki kualitas yang tak kalah dari tempat lainnya dan diekspor ke banyak negara di luar negeri seperti Jepang, China dan Amerika Serikat.

6. Sungai Berau

Sungai Berau yang beradai di daerah Samarinda, Kalimantan Timur juga merupakan salah satu tempat penghasil batubara terbaik di Indonesia. Batubara yang dihasilkan tempat ini juga memiliki kualitas mumpuni sehingga bisa diekspor ke berbagai negara di dunia seperti Jepang, China, Singapura dan Amerika Serikat.

7. Lahat

Kembali ke Sumatera Selatan, daerah Lahat juga dikenal sebagai salah satu penghasil batubara terbesar di Indonesia. wilayah tersebut antara lain, Desa Tanjung Baru, Kebur Telatang, Muara Maung, Merapi, Sirah Pulau, Gunung Kembang, Prabumenang, Banjarsari dan Arahan dengan kualitas yang tidak kalah dari tempat lainnya.

Demikian penjelasan diatas tentang beberapa nama daerah penghasil batu bara di indonesia. Semoga bermanfaat!
Top