Mengenal Ciri-ciri Iklim Tropis, Persebarannya, dan Keuntungan Serta Kerugiannya

 17 May 2019  Khoirul Rizky F
Mengenal Ciri-ciri Iklim Tropis, Persebarannya, dan Keuntungan Serta Kerugiannya

Image Source: pixabay.com

Bumi memiliki 4 iklim, yaitu tropis, sub tropis, sedang dan kutub. Adanya perbedaan iklim disebabkan oleh posisi relatif suatu wilayah di bumi terhadap.

Nah, berbicara mengenai iklim, yang akan menjadi poin utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai beberapa ciri iklim tropis.

Iklim tropis adalah iklim yang terletak di antara garis khatulistiwa yang ciri khasnya yaitu selalu mendapat sinar matahari sepanjang tahun.

Atau juga bisa disebut iklim tropis adalah iklim yang terjadi pada daerah yang berada pada 23,5° lintang utara hingga 23,5° lintang selatan.

Wilayah yang memiliki iklim tropis hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan saja. Selain itu, wilayah yang tergolong beriklim tropis dapat dibedakan menjadi dua daerah.

Pertama yaitu daerah tropis kering seperti savanna kering, stepa, dan padang pasir. Sedangkan untuk yang kedua yaitu daerah tropis lembab seperti hutan tropis, savanna lembab, dan daerah-daerah yang memiliki angin musim.

Lalu apa saja ciri ciri iklim tropis? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak pembahasan mengenai beberapa ciri ciri dari iklim tropis di bawah ini.

Baca Juga:

Ciri-ciri Iklim Tropis

Mengenal Ciri-ciri Iklim Tropis, Persebarannya, dan Keuntungan Serta Kerugiannya

Image Source: pixabay.com

1. Suhu Udara

Iklim tropis memiliki suhu rata-rata yang tergolong tinggi. Pasalnya, matahari berada dalam posisi vertikal. Tetapi biasanya, suhu udara di wilayah yang beriklim tropis cenderung normal. Pergantian suhunya tidak begitu ekstrem. Suhu udara rata-rata iklim tropis yaitu 20 sampai dengan 30°C. Amplitudo suhu rata-rata setiap tahunannya relatif kecil. Di wilayah yang masuk khatulistiwa amplitudonya mencapai 1 sampai 5°C.

2. Tekanan Udara

Wilayah yang memiliki iklim tropis biasanya mempunyai tekanan udara yang cenderung rendah. Kalaupun ada perubahan, perbedaan perubahannya cukup beraturan.

3. Curah Hujan

Iklim tropis memiliki data curah hujan yang lebih lama dan tinggi dibandingkan dengan iklim lain per tahunnya. Tingginya angka curah hujan inilah yang membuat tanah di wilayah beriklim tropis tergolong subur. Sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.

4. Peredaran Matahari

Ciri ciri iklim tropis adalah peredaran mataharinya yang vertikal. Iklim tropis menyebabkan suatu wilayah mendapatkan sinar matahari yang cukup sepanjang tahunnya. Akibat dari adanya pergerakan peredaran matahari, wilayah yang beriklim tropis memilki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Berbeda dengan iklim lainnya yang biasanya mempunyai musim dingin. Penguapan air laut di wilayah beriklim tropis juga tinggi. Jadi wajar saja jika wilayah tersebut memiliki banyak awan.

5. Tanaman

Wilayah beriklim tropis kering biasanya mempunyai banyak savana. Sedangkan wilayah beriklim tropis basah menyebabkan suatu wilayah ditumbuhi banyak tanaman hijau yang lebat. Dan juga wilayah ini mampu mempengaruhi perubahan iklim yang sangat signifikan.

Daftar Negara yang Beriklim Tropis

Mengenal Ciri-ciri Iklim Tropis, Persebarannya, dan Keuntungan Serta Kerugiannya
Image Source: pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada umumnya wilayah dengan iklim tropis adalah wilayah yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Berikut ini diantaranya;

Benua Asia; Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Timor Leste, Thailand, dan India.

Benua Amerika Selatan; Meksiko, Venezuela, Suriname, Brazil, dan Argentina.

Benua Afrika; Afrika Selatan, Ghana, Mesir, dan Utopia,

Benua Australia; Beberapa wilayah Australia di bagian utara saja.

Keuntungan dan Kerugian Wilayah Beriklim Tropis

Mengenal Ciri-ciri Iklim Tropis, Persebarannya, dan Keuntungan Serta Kerugiannya
Image Source: pixabay.com

1. Keuntungan

  • Memiliki tanah yang sangat subur.
  • Kaya akan flora dan fauna.
  • Memiliki curah hujan yang sangat tinggi.
  • Masyarakat dapat dengan mudah mengelola perkebunan, pertenakan, dan pertanian.
  • Mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun.
  • Temperatur yang tidak terlalu tinggi atau rendah.

2. Kerugian

  • Rawan akan bencana alam.
  • Sering terjadi kebakaran hutan saat musim kemarau.
  • Saat musim hujan dapat terjadi bencana banjir, sedangkan saat musim kering dapat terjadi kekeringan.

Demikian penjelasan diatas tentang beberapa ciri ciri iklim tropis dan penjelasannya. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR