12 Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami

Komentar
12 Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami dan Mudah
cara mengurangi mata minus via pixabay.com/jutheanth

Mata minus atau miopia adalah kondisi saat mata tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Tidak hanya orang dewasa saja namun anak-anak sekolah bahkan sudah terkena miopia dan memakai kacamata minus, penyebab mata minus sendiri adalah banyaknya interaksi dengan berbagai macam alat elektronik mulai dari smartphone, laptop, televisi yang efeknya bakal berpengaruh buruk pada kesehatan mata.

Mata minus atau miopia sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena jika sudah terkena miopia dan harus memakai kacamata minus, sebagian dari kita mungkin merasa tidak nyaman atau kurang percaya diri untuk memakai kacamata minus. Tak heran banyak orang yang mencari cara mengurangi mata minus dengan alami, karena cara alami sendiri dipercaya lebih aman, mudah, dan murah.

Cara mengurangi mata minus dengan alami salah satunya dengan menggunakan daun sirih, lalu bagaimana cara mengurangi mata minus dengan daun sirih?

Caranya: ambil dua lembar daun sirih, cuci bersih kemudian tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur. Pagi harinya, lepas daun sirih dan cuci bersih wajah kamu atau bisa juga dengan merendam mata Anda dalam baskom yang sudah terisi air sirih.  Pada saat mata terendam air, cobalah untuk membuka dan menutup mata dengan maksud air sirih masuk ke mata Anda dan lakukan cara ini selama 30 menit setiap hari untuk hasil maksimal. Daun sirih sendiri berkhasiat untuk mengurangi iritasi, membuang kotoran dan mematikan kuman serta jamur pada mata.

Untuk mengurangi mata minus Anda juga harus menghilangkan berbagai kebiasaan buruk seperti, membaca buku dan menggunakan smartphone dalam pencahayaan yang kurang. Hal ini dapat menjadi salah satu cara mengurangi mata minus agar tidak bertambah dan kondisi kesehatan mata dapat terjaga. 

Nah, pada artikel ini kita akan fokus untuk membahas cara mengurangi mata minus secara alami dan mudah. Ingin tahu info lebih lengkapnya? Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami dan Mudah

1. Minum Jus Lidah Buaya

images search from familiasalud.com

Selain sering digunakan sebagai penyubur rambut, lidah buaya juga bisa mengurangi mata minus. Minum jus lidah buaya secara rutin selama 1 minggu dipercaya dapat mengurangi mata minus, kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya sangat berkhasiat bagi kesehatan mata.


2. Rutin Mengonsumsi Wortel

image search from watchfit.com

Wortel memang dikenal sebagai sayur yang baik bagi kesehatan mata karena memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi. Konsumsi wortel secara rutin dapat mengurangi mata minus pada mata, fakta medis mengatakan bahwa minum dua gelas jus wortel dalam satu hari selama satu bulan dapat meningkatkan penglihatan penderita mata minus secara signifikan.


3. Lepas Kacamata Ketika Tidak Diperlukan

image search from groupon.com

Lepaskan kacamata saat tidak diperlukan agar mata tidak ketergantungan, cara ini dapat melatih mata untuk melihat objek yang jauh tanpa kacamata karena saat menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata, dan hal ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak. Selain dapat mengurangi mata minus cara ini juga dapat mengurangi ketergantungan pada kecamata.

4. Menggunakan Lilin

image search from cabellerotrueno.wordpress.com

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan menggunakan lilin ini memang dipercaya oleh kebanyakan orang dapat mengurangi minus pada mata. Namun cara ini harus dilakukan secara rutin dan benar juga jangan berlebihan dalam melakukan terapi lilin ini, berikut ini langkah-langkahnya:

-Nyalakan lilin
-Tatap lilin selama beberapa menit dan usahakan untuk tidak selalu berkedip
-Lakukan kegiatan itu terus menerus sampai air mata keluar dan berhentilah saat air mata sudah keluar.
-Ulangi keesokan harinya.Namun yang perlu diingat adalah jangan berlebihan melakukan terapi lilin ini. Karena tentunya tidak baik juga untuk kesehatan mata kamu. 

5. Mengistirahatkan Mata

image search from pinterest.com/rtl.de

Sama seperti tubuh yang perlu istirahat, mata juga dapat lelah karena aktivitas tinggi didepan komputer atau smartphone. Jika kamu mempunyai aktivitas tinggi didepan komputer usahakan untuk mengistirahatkan mata setiap 25 menit sekali dan mengalihkan pandangan pada objek yang cukup jauh selama beberapa menit.

6. Memfokuskan Penglihatan Menggunakan Telunjuk

image search from hellosehat.com

Cara mengurangi mata minus secara alami selanjutnya adalah menggunakan jari telunjuk. Caranya: tempatkan telunjuk anda 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan anda ke arah telunjuk kemudian alihkan fokus anda ke objek jauh yang berada di belakang telunjuk, kemudian kembalikan fokus anda ke telunjuk. Lakukan ini dengan melirik namun tanpa menggeserkan kepala. Ulangi proses ini hingga 10 kali setiap hari.

7. Senam Mata

image search from Teen.co.id

Nah, senam mata ini merupakan cara mengurangi mata minus yang paling mudah untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun. Caranya: goyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

8. Menjemur Mata di Pagi Hari

image search Astaga.com

Nggak cuma badan, mata pun sesekali butuh berjemur di pagi hari. Caranya kamu cukup menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan Vitamin D juga tercukupi.

9. Mencari Pemandangan Hijau

image search from sportourism.id

Objek berwarna hijau diyakini dapat memberikan ketenangan dan dampak positif bagi mata. Sesekali pergilah mencari objek pegunungan atau pepohonan dalam rangka penyegaran mata, Kegiatan ini sangat baik untuk mata karena selain membuat mata menjadi lebih fokus juga dapat menyegarkan pikiran dan mencegah stres.

10. Menggunakan Obat Tetes Mata dan Mengompres Mata

image search from hellosehat.com

Membersihkan mata secara rutin dengan menggunakan obat tetes mata dapat mengeluarkan debu, kuman, dan bakteri dari mata. Selain itu, kamu bisa merendam mata dengan air hangat, caranya siapkan semangkuk air hangat lalu masukkan mata ke dalamnya dan berkedip-kediplah selama beberapa saat, lakukan cara ini setiap 2 hari sekali untuk mencegah debu masuk ke mata.

Baca Juga :

11. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin A

images search from plus100years.com

Menjaga pola makan dan mengkonsumsi menu-menu yang kaya Vitamin A, agar penglihatan dapat terjaga. Beberapa makanan ini mampu mengembalikan kesehatan mata antara lain seperti wortel, ikan salmon, alpukat, kol, bayam, telur, dan tiram. Selain Vitamin A, makanan yang mengandung betakaroten, omega 3, luthein, lycopene, dan zink. Kandungan zat ini sangat dibutuhkan oleh mata.

12. Memperhatikan Benda-Benda Bergerak

images search from jawapos.com

Mata minus terkadang membuat kepala menjadi pusing, supaya tingkat pusingmu berkurang, coba latih mata untuk memperhatikan benda-benda bergerak. Mengurangi mata minus dapat dilakukan dengan melihat kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya selama beberapa menit. Memang pada awalnya agak memusingkan, tapi cara ini ampuh untuk melatih otot mata.

Demikianlah 12 cara mengurangi mata minus secara alami dan mudah. Jika kamu telaten dan rutin dalam menerapkan cara diatas, bukan tidak mungkin mata minus yang kamu derita akan berkurang dan dapat sembuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Top