10 Cara Menghilangkan Kulit Belang Secara Alami

 30 May 2019  Wahyu Fajar
10 Cara Menghilangkan Kulit Belang Secara Alami

Cara menghilangkan kulit belang via okaydoc.com

Pernahkah Anda mengalami kulit belang? Pastinya sebagian orang ada juga yang pernah mengalami kulit belang ini. Kulit belang akan sangat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri. Bagaimana cara mengatasi kulit belang? Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara menghilangkan kulit belang di wajah maupun di tangan.

Kulit belang adalah tampilan kulit yang tidak rata dari warna kulit asli. Biasanya orang mengalami kulit belang kulitnya akan berwarna lebih terang atau lebih gelap dari aslinya. Biasanya orang yang sering terpapar panas sinar matahari pasti memiliki warna belang yang lebih gelap dari kulit aslinya.

Wajah, tangan, dan kaki adalah bagian tubuh yang sering terpapar sinar UV matahari. Itu sebabnya, bagian tersebut cenderung lebih gelap dibandingkan bagian tubuh yang lain. Nah, kabar baiknya kulit belang akibat paparan sinar UV matahari sebenarnya bisa dikembalikan ke warna normal.

Karena kulit yang belang juga sangat mengganggu penampilan, pasti Anda tidak mau kan dianggap jorok. Tidak perlu khawatir dengan warna kulit belang, sebenarnya ada kok cara yang mudah dan alami untuk menghilangkan warna kulit belang karena terkena atau terpapar sinar matahari.

Penasaran bagaimana cara untuk menghilangkan kulit belang ini? Cara menghilangkan kulit belang sebenarnya tidak harus pergi ke salon atau klinik kecantikan. Wajibbaca.com akan membagikan beberapa cara menghilangkan kulit belang dengan cepat dan alami. Simak ulasannya dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Kulit Belang Secara Alami di Rumah

Bagaimana cara menghilangkan kulit belang di wajah? Bagaimana cara menghilangkan kulit belang di tangan? Selain pergi ke salon atau klinik kecantikan, Anda bisa menghilangkan belang di tengah atau di wajah dengan menggunakan cara yang alami. Berikut ini 7 cara menghilangkan kulit belang yang alami di rumah.

1. Kulit jeruk

Ketika Anda makan buah jeruk sebaiknya jangan buang kulitnya. Kulit jeruk dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan belang. Cara menghilangkan kulit belang menggunakan kulit jeruk harus mengeringkan dan menghaluskannya terlebih dahulu menjadi bubuk.

Setelah kulit jeruk menjadi bubuk, campurlah 2 sendok teh bubuk kulit jeruk, 2 sendok teh madu, dan 1 sendok teh brown sugar. Jika sudah tercampur, balurkan campuran tersebut ke seluruh bagian kulit yang belang selama 15 menit lalu bilas.

Lakukan cara ini dengan rutin sampai kulit belang Anda hilang. Cara ini tidak hanya menghilangkan kulit belang tetapi juga menutrisi kulit karena kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.

2. Air lemon

Lemon masih termasuk kelompok jeruk yang juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan kulit belang. Caranya sangat mudah, pertama campurkan 2 sendok makan air perasan lemon dan 1 sendok makan gula. Lalu aduk rata bahan-bahan tersebut kemudian campur dengan 2 sendok makan madu. Jika sudah balurlah bahan tersebut pada kulit yang belang sambil dipijat secara halus lalu bilas samai bersih.

3. Lidah buaya

Kulit yang terpapar sinar matahari akan membuat warnanya menjadi lebih gelap dari kulit asli. Sehingga menjadikan kulit terlihat gelap atau belang. Tak perlu khawatir, Anda bisa menghilangkan belang gelap di kulit tersebut dengan lidah buaya.

Lidah buaya merupakan bahan alami yang bisa memutihkan bagian belang tersebut. Selain itu, penggunaan lidah buaya juga bisa membantu kulit tetap lembap. Cara menghilangkan kulit belang menggunakan lidah buaya yaitu hanya mengoleskan gel lidah buaya dan minyak almond ke bagian kulit belang. Kemudian tunggu selama 15-20 menit lalu bilas sampai bersih.

4. Pasta mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin A untuk membantu memperbaiki warna kulit belang. Ada dua cara di dalam menggunakan mentimun untuk mengatasi kulit belang.

Cara pertama adalah dengan mencampurkan mentimun yang sudah diblender dengan 2 sendok makan gel lidah buaya hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini sebagai masker saat pagi dan malam hari pada bagian kulit yang belang.

Selain itu, cara kedua adalah dengan mencampurkan 4 sendok makan pasta mentimun, 2 sendok teh tepung dan 2 sendok teh air lemon. Lalu campur dan gunakan sebagai masker selama 20 menit. Jika sudah bilas dengan air dingin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Masker madu

Bahan-bahan alami sangat baik digunakan sebagai cara menghilangkan kulit belang. Misalnya seperti bahan-bahan yang mengandung madu, sirup lemon, dan glesorin. Bahan-bahan tersebut dipercaya bisa menjadi masker untuk menghilangkan kulit belang.

Baca Juga:

6. Lulur kunyit

Kunyit merupakan rempah yang banyak digunakan karena punya banyak manfaat terutama untuk kecantikan kulit. Tidak hanya bisa menghaluskan kulit saja, kunyit juga dapat menghilangkan belang.

Cara menghilangkan kulit belang ini adalah dengan mengolah kunyit menjadi lulur kunyit terlebih dahulu. Caranya parut kunyit terlebih dahulu, lalu campur dengan sedikit air. Kemudian diamkan hingga mengendap lalu ambil sari kunyit tersebut. Jika sudah campur dengan tepung beras hingga rata. Kemudian oleskan lulur kunyit ini ke bagian kulit yang belang secara merata. Tunggu hingga lulur mengering sambil dipijat kemudian bilas dengan air hangat.

7. Scrub bengkoang

Bengkoang sudah lama dikenal manfaatnya yang bisa mencerahkan dan memutihkan kulit. Sehingga, bengkoang juga dipercaya bisa digunakan untuk cara mengatasi kulit belang.

Cara menggunakan bengkoang untuk menghilangkan belang di kulit adalah dengan membuatnya menjadi scrub. Caranya, Pertama parut bengkoang sampai halus. Jika sudah campur menggunakan yoghurt plain dan garam.

Setelah itu, gosokkan scrub bengkoang ini secara perlahan ke bagian kulit tubuh yang gelap akibat paparan sinar matahari. Lalu, diamkan selama beberapa menit kemudian bilaslah. Penggunaan scrub rumahan yang murah ini tidak hanya bisa menghilangkan belang saja tetapi juga bisa menyegarkan kulit.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghilangkan kulit belang yang bisa Anda coba di rumah menggunakan bahan alami. Apabila setelah menggunakan cara di atas Anda mengalami masalah kulit lainnya sebaiknya hentikan terlebih dahulu. Kemudian konsultasikan kepada dokter.

Demikian penjelasan tentang cara menghilangkan kulit belang dengan alami di rumah. Semoga bermanfaat.