Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Mudah di Rumah

 17 May 2019  Wahyu Fajar
Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Mudah di Rumah

Image Source: hellosehat.com

Bayi Anda cegukan? Bingung dan panik? Anda tidak perlu khawatir, itu normal, kok. Simak cara mengatasi cegukan bayi berikut ini.

Cegukan pada bayi umumnya memang tidaklah berbahaya, bahkan salah satu tanda dari kondisi normal pada pertumbuhan bayi. Meski demikian, sebaiknya cegukan pada bayi jangan dibiarkan berlarut-larut karena hal itu akan menyebabkan bayi juga tidak nyaman. Meskipun tidak berbahaya, cegukan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Yuk, kenali penyebab dan cara mengatasi cegukan pada bayi.

Sama seperti pada orang dewasa, penyebab cegukan pada bayi adalah karena adanya kontraksi otot secara tidak sadar pada diafragma bayi. Cegukan bisa terjadi pada bayi, termasuk bayi baru lahir. Bagi sebagian orang tua baru, timbulnya cegukan kadang juga dapat menimbulkan kebingungan.

Bagaimana cara mengatasi bayi cegukan? Cegukan pasti bikin bayi nggak nyaman. Untuk itu, Bunda juga perlu tahu cara mengatasi cegukan pada bayi yang benar. Jangan biarkan bayi anda cegukan terus! Berikut informasi tentang tips dan cara mengatasi cegukan pada bayi. Simak artikelnya untuk info lebih lengkapnya di wajibbaca.com berikut ini.

Baca Juga:

Penyebab cegukan pada bayi

Bukan hanya orang dewasa saja yang mengalami cegukan, bayi juga bisa mengalami cegukan di usianya yang masih sangat dini. Cegukan pada dasarnya disebabkan oleh kontraksi diafragma.

Diafragma adalah lembaran besar otot yang berada di bawah paru-paru, dan bersama dengan otot-otot antar tulang iga yang membuat kita dapat bernapas. Kontraksi otot-otot tersebut dapat mengisap udara ke paru-paru, dan masuknya udara dengan cepat membuat epiglottis menutup. Epiglottis merupakan flap jaringan yang terdapat pada tenggorokan. Flap ini yang menutup saat kita menelan untuk mencegah makanan, minuman, atau air liur terhisap ke paru-paru. Penutupan jaringan tenggorokan yang mendadak ini yang menyebabkan terjadinya cegukan.

Cegukan pada bayi mungkin mengkhawatirkan bagi para orangtua. Cegukan bayi pada dasarnya tidak memiliki pengaruh atau efek buruk tertentu pada pernapasan atau kesehatan bayi, dan masih bisa dikatakan normal. Tapi mungkin orang tua juga akan merasa kasihan terhadap bayinya.

Beberapa cara mengatasi bayi cegukan

Bagaimana cara menghilangkan cegukan bayi? Berikut cara mengatasi bayi cegukan yang bisa Anda coba.

1. Berikan ASI dan biarkan bayi bersendawa

Menyusui merupakan salah satu cara mengatasi cegukan bayi Anda yang bisa dibilang efektif. Gerakan menyusui inilah akan membantu diafragma anak Anda menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan. Setelah menyusui, Anda bisa membiarkan bayi bersendawa untuk memberikan ruang bagi udara yang terjebak di dalam perut bayi agar keluar. Nah, udara tersebutlah yang menyebabkan bayi cegukan.

2. Atur posisi bayi

Setelah proses menyusui dan bersendawa, saatnya untuk mengatur posisi bayi agar lebih nyaman. Pegang dan atur posisikan bayi dalam kondisi tegak berdiri, bisa sambil menggendongnya. Selain itu, Anda juga bisa sambil menepuk-nepuk belakang bayi dengan lembut. Hal ini bertujuan untuk membantu gas pada perut bayi untuk naik keluar.

3. Beri sesuatu untuk diisap

Berikan sesuatu untuk dihisap anak Anda, seperti dot, empeng, atau puting ibu. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan bayi. Gerakan mulut dan tipuan sedotan di perut bayi, dipercaya bisa merangsang sendawa dan menghentikan cegukan pada bayi.

4. Bawa bayi ke tempat yang hangat

Untuk mengatasi cegukan bayi selanjutnya adalah bawa bayi ke tempat yang hangat dan lembap. Hindari ruangan ber-AC atau suhu yang agak dingin. Sebab, cegukan pada bayi juga bisa ditimbulkan oleh temperatur ruangan yang tiba-tiba berubah menjadi dingin.

Tips mencegah cegukan pada bayi

Untuk mencegah cegukan pada bayi sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Ketika ingin memberi ASI atau makanan pada bayi, sebaiknya berikan saat bayi tenang, tidak menangis, atau bahkan lapar. Hal ini dilakukan untuk menghindari udara yang masuk bersamaan dengan makanan serta menghindari perut kembung pada bayi.
  • Setelah menyusui, hindarilah aktivitas seperti menggendong bayi dengan gerakan memantul-mantul ke atas dan ke bawah. Ini akan menimbulkan perut bayi menjadi tidak nyaman.
  • Posisikan bayi Anda tetap tegak selama 20 sampai 30 menit setelah makan.
Nah, itulah beberapa cara mengatasi bayi cegukan yang bisa Anda coba di rumah. Walau tidak menghkawatirkan kesehatan buah hati, cegukan menyebabkan bayi merasa tidak nyaman. Anda bisa menerapkan cara diatas untuk menghilangkan cegukan pada bayi Anda.

Demikian penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi bayi cegukan. Semoga bermanfaat.