5 Laut Terdalam di Indonesia dan Potensinya

 11 May 2019  Khoirul Rizky F
5 Laut Terdalam di Indonesia dan Potensinya

Image Source: idntimes.com

Indonesia merupakan negara kepulauan, kita bisa membuktikannya dengan banyaknya pantai yang ada di Indonesia. Dan sebagai negara kepulauan tentunya bukan merupakan hal yang mengherankan lagi apabila di Indonesia terdapat bermacam-macam lautan.

Selain itu, Indonesia sebagai negara bahari dan kepulauan tentunya memiliki banyak laut dengan kedalaman laut yang berbeda-beda. Mulai dari kedalaman laut yang dangkal dan ada juga yang dalam.

Nah, apakah anda sudah tahu nama laut terdalam di indonesia? Laut terdalam di indonesia adalah?Jika belum tahu anda bisa simak artikel ini. Karena pada kali ini kita akan membahas mengenai 5 laut terdalam di indonesia.

Daripada anda semakin penasaran mengenai lautan mana saja yang paling terdalam di Indonesia, langsung saja simak ini dia 5 lautan terdalam yang ada di indonesia bro!

Baca Juga:

Berikut Ini 5 Laut Terdalam di Indonesia

5 Laut Terdalam di Indonesia dan Potensinya
Image Source: travel.tribunnews.com

1. Laut Sulawesi

Ini merupakan pilihan pertama bila berbicara mengenai lautan terluas yang ada di Indonesia. Yaap, Laut Sulawesi ini banyak menyita perhatian karena memang anda akan menemukan sebuah laut dengan kondisinya yang cukup unik.

Sesuai dengan namanya, laut ini memang terletak di sekitaran Pulau Sulawesi, tepatnya terletak di sebelah barat Samudera Pasifik dan dibatasi oleh Kepulauan Sulu. Perlu untuk diketahui pula kalau laut ini merupakan jenis laut yang mempunyai bentuk basin besar.

Memanjang hingga 420 mil atau setara dengan 675 km dengan ara utara ke selatan. Kemudian untuk kedalamannya sendiri bisa mencapai 6,2 km. Tak heran bukan apabila Lautan Sulawesi layak untuk menjadi salah satu laut paling terdalam di indonesia!

2. Laut Flores

Berikutnya bila berbicara mengenai laut terdalam yang ada di Indonesia, jangan lupa dengan kawasan Flores yaa. Karena memang setelah Laut Sulawesi, kawasan yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini memiliki lautan yang sangat dalam.

Saking luasnya dari lautan ini, lokasinya pun juga berada di sekitaran Pulau Sulawesi, teapatnya di sebelah utara dari Pulau Sulawesi ini. Laut Flores sendiri menjadi salah satu laut paling dalam di Indonesia karena memiliki titik terdalam yang bisa mencapai 5,1 km.

3. Laut Arafura

Biasa juga dikenal sebagai Laut Arafuru, lautan ini memang memiliki kedalaman yang cukup ekstrem. Lokasinya pun terletak di ujung wilayah Indonesia, yakni bagian tenggara. Lautan ini pun juga diapit oleh Benua Australia dan juga Pulau Papua.

Laut ini pun juga menjadi tempat pertempuran yang cukup fenomenal, tepat terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 antara Indonesia dengan Belanda. Tak heran apabila lautan ini pun tidak begitu asing di kuping masyarakat.

Di sebelah barat Laut Arafura atau Arafuru ini lo bisa menemukan berbagai laut lain yaitu Laut Banda dan juga Laut Timur. Mengenai kedalaman yang dimiliki oleh Laut Arafura sendiri bisa mencapai 3,6 km. Bayangkan saja apabila lo dilepas bebas di sana bro.

4. Laut Sawu

Laut yang masih terletak di bagian timur Indonesia ini juga menjadi salah satu laut terdalam loh. Laut Sawu merupakan lautan yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kedalamannya pun bisa mencapai 3,4 km. Tak heran kan apabila laut ini patut mendapatkan predikat tersebut.

Selain dari kedalamannya, Laut Sawu juga terkenal dengan pulau-pulau kecil dan juga menarik di sekitarannya. Beberapa pulau-pulau tersebut ialah Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Timor, Pulau Rote dan juga Pulau Flores.

Sehingga ketika lo berada di pulau-pulau itu, maka posisi lo sudah jauh dari Laut Sawu bro. Semakin bangga bukan sebagai orang Indonesia? Negara yang penuh dengan kekayaan alam ini tentunya bisa menjadi salah satu negara dengan alam yang paling indah di dunia.

5. Laut Timor

Laut yang posisinya terletak di perbatasan antara Indonesia, Timor Leste dan juga Teritorial Utara dari Australia ini memang merupakan salah satu lautan terdalam yang ada di Indonesia. Lautan yang merupakan perpanjangan dari Samudera Hindia ini juga biasanya disebut Mar Timor.

Laut yang memiliki luas hingga 480 km2 atau 300 mil ini juga memiliki palung laut atau jurang laut. Titik terdalam dari laut ini berada di Palung Timor yang memilki kedalaman yang bisa mencapai 3,3 km atau sekitar 10.800 kaki. Laut Timor sendiri juga terkenal sebagai laut yang ekstrim.

Mengapa? Karena laut ini merupakan laut yang menjadi tempat utama terjadinya badai tropis dan topan. Dan tentunya ini juga merupakan aset yang sangat berharga untuk keindahan alam yang ada di Indonesia.

Demikian penjelasan diatas tentang informasi laut terdalam di wilayah indonesia. Dan juga semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

KOMENTAR