Youtuber Korea Masuk Islam, Kisah Curhatnya yang Sering Dengar Shalawat

Penulis Penulis | Ditayangkan 01 Apr 2019

Youtuber Korea Masuk Islam, Kisah Curhatnya yang Sering Dengar Shalawat
Sumber gambar okezone

Hanya dalam waktu dua jam saja berada di masjid, Muhammad Zon (Ujung Oppa) memutuskan mau masuk Islam saat itu juga. 

Semua urusan yang melibatkan agama didalamnya pasti tidak semudah membalikan tangan untuk menyelesaikannya, seperti halnya seorang youtuber asal Korea bernama Hwang Woo Joon yang viral dan terkenal dengan sebutan Ujung Oppa.

Youtuber yang pasih dalam berbahasa indonesia ini ternyata lulusan S1 jurusan penerjemah bahasa melayu dan indonesia, ia pun juga mengajar bahasa indonesia di Korea.

15 tahun lebih waktu ia habiskan untuk pulang pergi Korea ke Indonesia, Awalnya, ia melakukan hal itu untuk urusan pekerjaan di bidang pendidikan, tapi kini ia justru memiliki banyak teman, bahkan fans. Akun Youtube Ujung Oppa telah memiliki 1,2 juta subscribers yang didominasi oleh orang Indonesia.

"Tinggal di Indonesia, saya udah biasa menonton, mendengar, dan ketemu orang muslim. Islam jadi nggak asing. Misalkan mendengar adzan, salawat, dan sering mencoba makanan halal di Indonesia dan Korea. Dulu Ujung Oppa nggak tahu sama sekali (soal Islam) dan nggak berminat," tuturnya dalam video yang diunggah di akun Youtube Ujung Oppa.

Youtuber Korea Masuk Islam, Kisah Curhatnya yang Sering Dengar Shalawat
Sumber gambar channel youtube ujungoppa

Ia juga sering bertemu dengan grup musik Sabyan Gambus untuk kebutuhan konten Youtube. Oppa mengaku senang mendengar dan menyanyikan salawat. Hatinya merasa tenang setiap kali mendengar salawat.

Hingga akhirnya keputusannya untuk menjadi mualaf adalah karena sahabatnya di Korea. Suatu ketika, ia mengajak temannya Muhammad Zon (nama baru setelah menjadi muallaf) untuk meliput kegiatan di masjid saat Idul Fitri.

Hal yang membuatnya merinding, hanya dalam waktu dua jam saja berada di masjid, Muhammad Zon memutuskan mau masuk Islam saat itu juga. Ujung Oppa sempat bertanya beberapa kali untuk meyakinkannya, tapi ternyata ia telah yakin.

Muhammad Zon kemudian menikah dengan wanita bercadar asal Indonesia yang tinggal di Korea. Ia dipecat dari tempat kerjanya karena tidak mau minum alkohol dan makan babi.

Youtuber Korea Masuk Islam, Kisah Curhatnya yang Sering Dengar Shalawat
Sumber gambar channel youtube ujungoppa

Perjuangannya sangat keras menurut Ujung Oppa, dan ia melihat Zon tetap bahagia. Dari sanalah ia bertambah yakin untuk memeluk agama Islam dan belajar lebih dalam lagi.

"Ujung Oppa juga ingin bahagia. Apa ya rahasianya dari mereka, bisa bahagia. Benar-benar bikin Ujung Oppa kepo. Tanpa paksaan, Ujung Oppa memutuskan untuk menjadi muslim. Dan kita sekarang brother. 

Untuk ke depan, Ujung Oppa akan bertemu ustad dan belajar pelan-pelan tentang agama Islam, akan membuktikan bahwa pilihan Oppa benar," ungkapnya.

Di akhir video, Ujung Oppa meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia untuk belajar agama Islam lebih baik lagi. Video itu kini telah ditonton hampir satu juta orang.
SHARE ARTIKEL